20 website jurnal internasional gratis sinta 2 dan Sinta 1

administrator Februari 28, 2024

Hai, Sahabat Tekno! Apakah Anda seorang peneliti, mahasiswa, dosen, atau praktisi yang sedang mencari referensi ilmiah untuk keperluan penelitian, tugas, atau publikasi Anda? Jika ya, maka Anda pasti membutuhkan website jurnal internasional yang bisa Anda akses secara gratis dan mudah. Website jurnal internasional adalah website yang menyediakan artikel-artikel ilmiah yang ditulis oleh para peneliti dari berbagai negara dan bidang ilmu. Website jurnal internasional bisa menjadi sumber informasi yang valid, terkini, dan berkualitas untuk mendukung kegiatan akademik dan profesional Anda.

Namun, tidak semua website jurnal internasional bisa Anda akses secara gratis dan mudah. Beberapa website jurnal internasional membutuhkan biaya berlangganan atau registrasi untuk bisa mengunduh artikel-artikel yang ada di dalamnya. Beberapa website jurnal internasional juga tidak memiliki reputasi yang baik atau tidak terakreditasi oleh lembaga yang berwenang. Oleh karena itu, Anda perlu selektif dan berhati-hati dalam memilih website jurnal internasional yang bisa Anda gunakan sebagai referensi Anda.

Salah satu cara untuk memilih website jurnal internasional yang berkualitas dan terpercaya adalah dengan melihat status akreditasinya di SINTA (Science and Technology Index). SINTA adalah sistem yang dikembangkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia untuk mengukur kinerja penelitian dan publikasi ilmiah di Indonesia. SINTA memberikan peringkat kepada jurnal-jurnal ilmiah yang ada di Indonesia maupun di luar negeri berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, seperti jumlah sitasi, indeks hirarki, dan faktor dampak. SINTA memiliki enam tingkatan peringkat, yaitu SINTA 1, SINTA 2, SINTA 3, SINTA 4, SINTA 5, dan SINTA 6. Semakin rendah tingkatan peringkat, semakin tinggi kualitas dan reputasi jurnal tersebut.

Cara mengakses website jurnal internasional gratis sinta 2 adalah dengan menggunakan mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo. Anda bisa mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan topik atau bidang ilmu yang Anda cari, lalu tambahkan kata “sinta 2” di belakangnya. Misalnya, jika Anda mencari jurnal internasional tentang pendidikan, Anda bisa mengetikkan “jurnal internasional pendidikan sinta 2”. Anda akan mendapatkan daftar website jurnal internasional yang terakreditasi sinta 2 dan bisa Anda akses secara gratis. Anda bisa memilih website jurnal internasional yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda, lalu mengunduh artikel-artikel yang ada di dalamnya.

Cara mengakses website jurnal internasional gratis sinta 2 ini sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka mesin pencari yang Anda sukai, seperti Google, Bing, atau Yahoo.
  2. Ketikkan kata kunci yang sesuai dengan topik atau bidang ilmu yang Anda cari, lalu tambahkan kata “sinta 2” di belakangnya. Contoh: “jurnal internasional pendidikan sinta 2”. Tekan tombol enter atau klik tombol search.
  3. Lihat daftar website jurnal internasional yang muncul di halaman hasil pencarian. Anda bisa melihat judul, abstrak, dan detail jurnal yang tersedia di setiap website. Anda juga bisa melihat status akreditasi sinta 2 yang ditandai dengan logo sinta 2 di sebelah kanan judul jurnal.
  4. Pilih website jurnal internasional yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. Klik judul atau link website jurnal internasional tersebut untuk mengunjungi website tersebut.
  5. Di website jurnal internasional yang Anda pilih, Anda bisa melihat daftar artikel-artikel ilmiah yang ada di dalamnya. Anda bisa mencari artikel-artikel yang relevan dengan topik atau bidang ilmu yang Anda cari dengan menggunakan fitur search, filter, atau browse yang ada di website tersebut.
  6. Setelah Anda menemukan artikel-artikel yang Anda inginkan, Anda bisa mengunduhnya dengan klik tombol download, pdf, atau sejenisnya yang ada di website tersebut. Anda juga bisa membaca artikel-artikel tersebut secara online dengan klik tombol view, read, atau sejenisnya yang ada di website tersebut.

20 Website Jurnal Internasional Gratis SINTA 2 yang Bisa Anda Akses

Untuk memudahkan Anda dalam mencari website jurnal internasional gratis sinta 2 yang sesuai dengan topik atau bidang ilmu yang Anda cari, saya telah merangkum 20 website jurnal internasional gratis sinta 2 yang bisa Anda akses. Berikut adalah daftar 20 website jurnal internasional gratis sinta 2 tersebut, beserta link dan deskripsi singkatnya:

  1. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang teknik elektro dan ilmu komputer, seperti sistem kontrol, robotika, telekomunikasi, jaringan, kecerdasan buatan, dan lain-lain.
  2. Indonesian Journal of Science and Technology: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang sains dan teknologi, seperti fisika, kimia, biologi, matematika, rekayasa, energi, lingkungan, dan lain-lain.
  3. Indonesian Journal of Applied Linguistics: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang linguistik terapan, seperti pengajaran bahasa, penerjemahan, sosiolinguistik, psikolinguistik, pragmatik, dan lain-lain.
  4. Indonesian Journal of Chemistry: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang kimia, seperti kimia organik, kimia anorganik, kimia analitik, kimia fisik, kimia bio, kimia material, dan lain-lain.
  5. Indonesian Journal of Biotechnology: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang bioteknologi, seperti bioteknologi pertanian, bioteknologi kesehatan, bioteknologi industri, bioteknologi lingkungan, dan lain-lain.
  6. Indonesian Journal of Pharmacy: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang farmasi, seperti farmakologi, farmakokinetik, farmasetika, farmasi klinis, farmasi komunitas, farmasi industri, dan lain-lain.
  7. Indonesian Journal of Geography: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang geografi, seperti geomorfologi, hidrologi, klimatologi, oseanografi, kartografi, geografi manusia, geografi regional, dan lain-lain.
  8. Indonesian Journal of Agricultural Science: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang ilmu pertanian, seperti agronomi, hortikultura, tanah, pestisida, irigasi, mekanisasi, sosial ekonomi, dan lain-lain.
  9. Indonesian Journal of Animal and Veterinary Sciences: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang ilmu hewan dan kedokteran hewan, seperti nutrisi, reproduksi, genetika, kesehatan, penyakit, farmakologi, imunologi, dan lain-lain.
  10. Indonesian Journal of Tropical and Infectious Disease: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang penyakit tropis dan infeksi, seperti malaria, demam berdarah, tuberkulosis, HIV/AIDS, hepatitis, leptospirosis, dan lain-lain.
  11. Indonesian Journal of Marine Science and Technology: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang ilmu dan teknologi kelautan, seperti biologi laut, oseanografi, perikanan, akuakultur, pesisir, kelautan, dan lain-lain.
  12. Indonesian Journal of Forestry Research: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang penelitian kehutanan, seperti silvikultur, ekologi, konservasi, manajemen, sosial ekonomi, dan lain-lain.
  13. Indonesian Journal of Dental Research: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang penelitian kedokteran gigi, seperti periodontologi, ortodonti, endodonti, prostodonti, konservasi, oral biologi, oral patologi, dan lain-lain.
  14. Indonesian Journal of Mathematics and Computer Science: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang matematika dan ilmu komputer, seperti aljabar, analisis, geometri, logika, statistik, algoritma, pemrograman, grafika, keamanan, dan lain-lain.
  15. Indonesian Journal of Physics and Nuclear Applications: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang fisika dan aplikasi nuklir, seperti mekanika, termodinamika, elektromagnetik, optik, partikel, atom, molekul, reaktor, radiasi, medis, dan lain-lain.
  16. Indonesian Journal of Islamic-based Social Sciences: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang ilmu sosial berbasis Islam, seperti ekonomi, politik, hukum, pendidikan, psikologi, sosiologi, antropologi, komunikasi, dan lain-lain.
  17. Indonesian Journal of History Education: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang pendidikan sejarah, seperti kurikulum, metode, media, evaluasi, sejarah lokal, sejarah nasional, sejarah dunia, dan lain-lain.
  18. Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang pengajaran bahasa Inggris dan linguistik terapan, seperti desain pembelajaran, strategi pembelajaran, penilaian pembelajaran, analisis kebutuhan, analisis kesalahan, analisis wacana, dan lain-lain.
  19. Indonesian Journal of Arts and Humanities: Jurnal internasional yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah di bidang seni dan humaniora, seperti sastra, filsafat, sejarah, budaya, agama, etika, estetika, dan lain-lain.
Baca Juga  Lomba mural lingkungan dengan tema Beat Plastic Pollution untuk siswa SMPN 1 Pandaan

Tanya Jawab Seputar Cara Mengakses Website Jurnal Internasional Gratis SINTA 2

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar cara mengakses website jurnal internasional gratis sinta 2, beserta jawabannya:

    1. Apakah website jurnal internasional gratis sinta 2 ini berbahasa Indonesia atau bahasa asing?

Jawaban: Website jurnal internasional gratis sinta 2 ini bisa berbahasa Indonesia atau bahasa asing, tergantung pada jurnal yang ada di dalamnya. Beberapa jurnal internasional yang terakreditasi sinta 2 adalah jurnal yang berasal dari Indonesia, sehingga berbahasa Indonesia. Beberapa jurnal internasional yang terakreditasi sinta 2 adalah jurnal yang berasal dari luar negeri, sehingga berbahasa asing, seperti Inggris, Prancis, Jerman, atau lainnya. Anda bisa melihat bahasa yang digunakan oleh jurnal tersebut di detail jurnal yang ada di website jurnal internasional tersebut.

  1. Apakah website jurnal internasional gratis sinta 2 ini terpercaya dan berkualitas?

Jawaban: Website jurnal internasional gratis sinta 2 ini terpercaya dan berkualitas, karena sudah terakreditasi oleh SINTA dengan tingkatan peringkat yang tinggi. SINTA adalah sistem yang dikembangkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia untuk mengukur kinerja penelitian dan publikasi ilmiah di Indonesia. SINTA memberikan peringkat kepada jurnal-jurnal ilmiah yang ada di Indonesia maupun di luar negeri berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, seperti jumlah sitasi, indeks hirarki, dan faktor dampak. SINTA memiliki enam tingkatan peringkat, yaitu SINTA 1, SINTA 2, SINTA 3, SINTA 4, SINTA 5, dan SINTA 6. Semakin rendah tingkatan peringkat, semakin tinggi kualitas dan reputasi jurnal tersebut. Jadi, website jurnal internasional gratis sinta 2 ini sudah terjamin kualitas dan kepercayaannya.

2. Apakah website jurnal internasional gratis sinta 2 ini selalu bisa diakses secara gratis?

Jawaban: Website jurnal internasional gratis sinta 2 ini selalu bisa diakses secara gratis, asalkan Anda memiliki koneksi internet dan akun google. Anda tidak perlu membayar biaya berlangganan atau registrasi untuk bisa mengunduh artikel-artikel yang ada di website jurnal internasional gratis sinta 2 ini. Namun, Anda perlu memperhatikan bahwa website jurnal internasional gratis sinta 2 ini bisa berubah-ubah status akreditasinya sesuai dengan penilaian SINTA. Jika website jurnal internasional gratis sinta 2 ini naik tingkatan peringkatnya menjadi sinta 1, maka website tersebut bisa menjadi website jurnal internasional berbayar. Jika website jurnal internasional gratis sinta 2 ini turun tingkatan peringkatnya menjadi sinta 3 atau lebih rendah, maka website tersebut bisa menjadi website jurnal internasional yang tidak terpercaya atau berkualitas. Oleh karena itu, Anda perlu selalu memeriksa status akreditasi website jurnal internasional gratis sinta 2 ini sebelum Anda mengaksesnya.

Baca Juga  cara daftar identitas kependudukan digital, Panduan dan langkah-langkahnya

Itulah 20 website jurnal internasional gratis sinta 2 yang bisa Anda akses. Semoga daftar ini bisa membantu Anda dalam mencari referensi ilmiah untuk keperluan penelitian, tugas, atau publikasi Anda. Ingat, Anda bisa mengakses website jurnal internasional gratis sinta 2 ini dengan mudah dan praktis dengan menggunakan mesin pencari dan akun google Anda. Anda juga perlu selalu memeriksa status akreditasi website jurnal internasional gratis sinta 2 ini sebelum Anda mengaksesnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait