10 aplikasi penghitung jarak lari dan kalori

administrator Juni 25, 2023

Berlari adalah salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Selain membakar kalori, berlari juga dapat meningkatkan stamina, kekuatan otot, dan keseimbangan. Namun, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari berlari, Anda perlu mengetahui seberapa jauh dan seberapa cepat Anda berlari. Untuk itu, Anda membutuhkan aplikasi penghitung jarak lari dan kalori yang akurat dan mudah digunakan.

Aplikasi penghitung jarak lari dan kalori adalah aplikasi yang dapat mengukur jarak, kecepatan, waktu, dan kalori yang Anda habiskan saat berlari. Aplikasi ini biasanya menggunakan GPS atau sensor gerak untuk melacak pergerakan Anda. Aplikasi ini juga dapat memberikan informasi lain seperti rute lari, statistik harian, mingguan, atau bulanan, serta tantangan dan motivasi untuk meningkatkan performa lari Anda.

Di Google Play Store, ada banyak sekali aplikasi penghitung jarak lari dan kalori yang bisa Anda pilih. Namun, tidak semua aplikasi memiliki fitur dan kualitas yang sama. Oleh karena itu, kami telah merangkum 10 aplikasi penghitung jarak lari dan kalori terbaik di Android yang bisa Anda coba. Berikut daftar aplikasinya:

10 Aplikasi Penghitung Jarak Lari dan Kalori Terbaik di Android

  1. Adidas Running App. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi lari paling populer di dunia. Aplikasi ini dapat mengukur jarak, kecepatan, waktu, kalori, denyut jantung, dan tingkat VO2max Anda saat berlari. Aplikasi ini juga menyediakan fitur komunitas, tantangan, pelatih virtual, dan integrasi dengan perangkat wearable seperti jam tangan pintar atau smartband.https://surgatekno.com/aplikasi/pengukur-jarak-lari/
  2. Nike Run Club. Aplikasi ini merupakan saingan dari Adidas Running App. Aplikasi ini juga dapat mengukur jarak, kecepatan, waktu, kalori, denyut jantung, dan tingkat VO2max Anda saat berlari. Aplikasi ini juga menyediakan fitur komunitas, tantangan, pelatih virtual, dan integrasi dengan perangkat wearable seperti jam tangan pintar atau smartband.
  3. Strava. Aplikasi ini merupakan aplikasi lari yang multifungsi. Selain untuk berlari, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk bersepeda, hiking, yoga, dan olahraga lainnya. Aplikasi ini dapat mengukur jarak, kecepatan, waktu, kalori, denyut jantung, elevasi, dan power output Anda saat berolahraga. Aplikasi ini juga menyediakan fitur komunitas, tantangan, analisis data, dan integrasi dengan perangkat wearable seperti jam tangan pintar atau smartband.
  4. Relive. Aplikasi ini merupakan aplikasi lari yang unik. Selain mengukur jarak, kecepatan, waktu, kalori, denyut jantung, dan elevasi Anda saat berlari, aplikasi ini juga dapat membuat video rute lari Anda yang bisa Anda bagikan di media sosial. Aplikasi ini juga menyediakan fitur komunitas, tantangan, dan integrasi dengan perangkat wearable seperti jam tangan pintar atau smartband.
  5. Running App – Leap Fitness Group. Aplikasi ini merupakan aplikasi lari yang cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Aplikasi ini memuat program latihan untuk menurunkan berat badan yang bersumber dari para praktisi kebugaran. Aplikasi ini dapat mengukur jarak, kecepatan, waktu, kalori, dan denyut jantung Anda saat berlari. Aplikasi ini juga menyediakan fitur komunitas, tantangan, pelatih virtual, dan tips kesehatan.
  6. Map My Run by Under Armour. Aplikasi ini merupakan aplikasi lari yang dapat membantu Anda menemukan rute lari terbaik di sekitar Anda. Aplikasi ini dapat mengukur jarak, kecepatan, waktu, kalori, denyut jantung, dan elevasi Anda saat berlari. Aplikasi ini juga menyediakan fitur komunitas, tantangan, pelatih virtual, dan integrasi dengan perangkat wearable seperti jam tangan pintar atau smartband.
  7. Runmaster. Aplikasi ini merupakan aplikasi lari yang sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini dapat mengukur jarak, kecepatan, waktu, kalori, dan denyut jantung Anda saat berlari. Aplikasi ini juga menyediakan fitur komunitas, tantangan, dan tips kesehatan.
  8. PumaTrac. Aplikasi ini merupakan aplikasi lari yang dikembangkan oleh brand olahraga ternama Puma. Aplikasi ini dapat mengukur jarak, kecepatan, waktu, kalori, dan denyut jantung Anda saat berlari. Aplikasi ini juga menyediakan fitur komunitas, tantangan, pelatih virtual, dan musik untuk menemani lari Anda.
  9. Running & Jogging. Aplikasi ini merupakan aplikasi lari yang simpel dan ringan. Aplikasi ini dapat mengukur jarak, kecepatan, waktu, kalori, dan denyut jantung Anda saat berlari. Aplikasi ini juga menyediakan fitur komunitas, tantangan, dan tips kesehatan.
  10. Running App – GPS Run Tracker. Aplikasi ini merupakan aplikasi lari yang praktis dan efisien. Aplikasi ini dapat mengukur jarak, kecepatan, waktu, kalori, dan rute Anda saat berlari. Aplikasi ini juga menyediakan fitur komunitas, tantangan, pelatih virtual, dan musik untuk menemani lari Anda.
Baca Juga  fineasy aplikasi apa, reviews, manfaat dan cara penggunaan

Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Penghitung Jarak Lari dan Kalori

Setelah mengetahui 10 aplikasi penghitung jarak lari dan kalori terbaik di Android, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut. Berikut adalah langkah-langkah umum yang bisa Anda ikuti:

  1. Download dan instal aplikasi yang Anda pilih dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi dan buat akun dengan menggunakan email, nomor telepon, atau media sosial.
  3. Atur profil Anda dengan mengisi data seperti nama, usia, berat badan, tinggi badan, dan tujuan lari Anda.
  4. Pilih mode lari yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya lari bebas, lari interval, lari pelatihan, atau lari tantangan.
  5. Mulai berlari dan tekan tombol start pada aplikasi. Pastikan Anda membawa HP Anda dan mengaktifkan GPS atau sensor gerak.
  6. Saat berlari, aplikasi akan memberikan informasi seperti jarak, kecepatan, waktu, kalori, denyut jantung, dan rute lari Anda secara real-time. Anda juga bisa mendengarkan musik atau instruksi suara dari aplikasi.
  7. Setelah selesai berlari, tekan tombol stop pada aplikasi. Aplikasi akan menampilkan statistik lari Anda secara lengkap dan detail. Anda juga bisa melihat riwayat lari Anda dan membandingkannya dengan lari sebelumnya.
  8. Bagikan hasil lari Anda ke media sosial atau komunitas dalam aplikasi. Anda juga bisa memberikan atau menerima dukungan dan motivasi dari sesama pengguna aplikasi.

Alternatif Aplikasi Penghitung Jarak Lari dan Kalori

Jika Anda merasa kurang puas dengan 10 aplikasi penghitung jarak lari dan kalori terbaik di Android yang telah kami rekomendasikan di atas, Anda bisa mencoba beberapa alternatif aplikasi lain yang juga memiliki fitur dan kualitas yang baik. Berikut adalah beberapa alternatif aplikasi yang bisa Anda coba:

  • ASICS Runkeeper – Run Tracker. Aplikasi ini merupakan aplikasi lari yang populer di kalangan pelari pemula maupun profesional. Aplikasi ini dapat mengukur jarak, kecepatan, waktu, kalori, denyut jantung, dan elevasi Anda saat berlari. Aplikasi ini juga menyediakan fitur komunitas, tantangan, pelatih virtual, dan integrasi dengan perangkat wearable seperti jam tangan pintar atau smartband.
  • Google Fit: Activity Tracking. Aplikasi ini merupakan aplikasi lari yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini dapat mengukur jarak, kecepatan, waktu, kalori, denyut jantung, dan tingkat aktivitas Anda saat berlari. Aplikasi ini juga menyediakan fitur komunitas, tantangan, analisis data, dan integrasi dengan perangkat wearable seperti jam tangan pintar atau smartband.
  • FITAPP: Easy Run Tracker App. Aplikasi ini merupakan aplikasi lari yang mudah dan praktis. Aplikasi ini dapat mengukur jarak, kecepatan, waktu, kalori, denyut jantung, dan rute Anda saat berlari. Aplikasi ini juga menyediakan fitur komunitas, tantangan, dan tips kesehatan.
Baca Juga  cara mendapatkan poin di imeme dan tukar poin dengan hadiah

Tanya Jawab Seputar Aplikasi Penghitung Jarak Lari dan Kalori

Setelah membaca artikel ini, Anda mungkin masih memiliki beberapa pertanyaan seputar aplikasi penghitung jarak lari dan kalori. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh para pembaca dan jawabannya:

  1. Apakah aplikasi penghitung jarak lari dan kalori bisa digunakan tanpa internet?
    Jawab: Sebagian besar aplikasi penghitung jarak lari dan kalori bisa digunakan tanpa internet. Namun, Anda tetap perlu mengaktifkan GPS atau sensor gerak pada HP Anda agar aplikasi bisa melacak pergerakan Anda. Selain itu, Anda juga perlu terhubung ke internet jika ingin mengakses fitur komunitas, tantangan, atau analisis data.
  2. Apakah aplikasi penghitung jarak lari dan kalori akurat?
    Jawab: Akurasi aplikasi penghitung jarak lari dan kalori tergantung pada beberapa faktor seperti kualitas GPS atau sensor gerak pada HP Anda, kualitas sinyal internet Anda, dan kualitas algoritma aplikasi itu sendiri. Umumnya, aplikasi penghitung jarak lari dan kalori memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi. Namun, Anda tetap perlu memeriksa hasilnya dengan menggunakan alat ukur lain seperti jam tangan pintar atau smartband.
  3. Apakah aplikasi penghitung jarak lari dan kalori bisa membantu menurunkan berat badan?
    Jawab: Aplikasi penghitung jarak lari dan kalori bisa membantu menurunkan berat badan jika digunakan secara rutin dan disertai dengan pola makan yang sehat dan seimbang. Aplikasi ini dapat memberikan informasi seberapa banyak kalori yang Anda bakar saat berlari. Selain itu,

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait