7 Aplikasi Edit Foto Siang Jadi Malam, 1 Menit

administrator Juli 5, 2023

Hai, Sahabat Warta Bangil! Apakah Anda suka berfoto di siang hari, tetapi ingin membuatnya terlihat seperti diambil di malam hari? Atau mungkin Anda ingin menciptakan suasana yang berbeda dengan mengubah warna langit, cahaya, dan bayangan pada foto Anda? Jika ya, maka Anda perlu tahu 7 aplikasi edit foto siang jadi malam yang bisa Anda gunakan di smartphone atau komputer Anda. Aplikasi-aplikasi ini akan membantu Anda mengubah foto siang hari menjadi foto malam hari dengan mudah dan cepat. Anda juga bisa menambahkan efek-efek menarik seperti bintang, bulan, atau lampu-lampu kota untuk membuat foto Anda semakin dramatis dan artistik.

Mengapa Anda perlu mengedit foto siang jadi malam? Ada beberapa alasan yang mungkin membuat Anda ingin melakukan hal ini. Pertama, mungkin Anda tidak punya kesempatan untuk berfoto di malam hari karena cuaca, keamanan, atau keterbatasan waktu. Padahal, foto malam hari bisa memberikan kesan yang berbeda dari foto siang hari. Foto malam hari bisa lebih gelap, misterius, romantis, atau bahkan menakutkan. Kedua, mungkin Anda ingin mencoba gaya fotografi yang berbeda dengan mengubah pencahayaan dan warna pada foto Anda. Dengan mengedit foto siang jadi malam, Anda bisa menciptakan suasana yang sesuai dengan tema atau cerita yang ingin Anda sampaikan. Ketiga, mungkin Anda ingin meningkatkan kualitas dan estetika foto Anda dengan menambahkan elemen-elemen yang tidak ada di siang hari. Misalnya, Anda bisa menambahkan bintang-bintang yang bersinar di langit, bulan yang penuh atau separuh, atau lampu-lampu kota yang berkelap-kelip.

Bagaimana cara mengedit foto siang jadi malam? Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mengubah foto siang hari menjadi foto malam hari. Langkah-langkah ini bisa berbeda-beda tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan, tetapi secara umum meliputi hal-hal berikut:

  • Memilih foto siang hari yang ingin Anda edit. Pastikan foto tersebut memiliki resolusi yang cukup tinggi dan tidak buram atau gelap.
  • Mengatur tingkat kecerahan, kontras, saturasi, dan warna pada foto. Tujuannya adalah untuk membuat foto menjadi lebih gelap dan dingin. Anda bisa mengurangi kecerahan dan kontras, menurunkan saturasi warna, atau mengubah warna menjadi biru atau ungu.
  • Menghapus elemen-elemen yang tidak sesuai dengan suasana malam hari. Misalnya, Anda bisa menghapus matahari, awan putih, atau benda-benda terang lainnya.
  • Menambahkan elemen-elemen yang sesuai dengan suasana malam hari. Misalnya, Anda bisa menambahkan bintang-bintang, bulan, lampu-lampu kota, atau bayangan-bayangan.
  • Menyimpan hasil editan Anda dalam format yang sesuai. Biasanya, format JPEG atau PNG adalah pilihan yang baik untuk menyimpan foto.

Apa saja aplikasi edit foto siang jadi malam yang bisa Anda gunakan? Ada banyak aplikasi edit foto siang jadi malam yang tersedia di pasaran, baik untuk smartphone maupun komputer. Berikut adalah 7 aplikasi edit foto siang jadi malam yang populer dan mudah digunakan:

7 Aplikasi Edit Foto Siang Jadi Malam

  1. Photoshop. Photoshop adalah aplikasi edit foto profesional yang sangat lengkap dan canggih. Anda bisa melakukan banyak hal dengan Photoshop, termasuk mengedit foto siang jadi malam. Anda bisa menggunakan fitur-fitur seperti Curves, Levels, Color Balance, Gradient Map, dan lain-lain untuk mengubah foto siang hari menjadi foto malam hari. Anda juga bisa menggunakan layer, mask, brush, dan filter untuk menambahkan atau menghapus elemen-elemen pada foto. Photoshop tersedia untuk komputer Windows dan Mac, tetapi membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi dan biaya yang tidak murah. Anda bisa mendownload Photoshop di sini.
  2. Lightroom. Lightroom adalah aplikasi edit foto yang lebih sederhana dan ringan dari Photoshop, tetapi tetap memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap dan powerful. Anda bisa menggunakan Lightroom untuk mengedit foto siang jadi malam dengan mudah dan cepat. Anda bisa menggunakan fitur-fitur seperti Exposure, Contrast, Temperature, Tint, Highlights, Shadows, dan lain-lain untuk mengubah foto siang hari menjadi foto malam hari. Anda juga bisa menggunakan preset atau filter yang sudah tersedia atau yang Anda buat sendiri untuk mengubah foto dengan satu klik saja. Lightroom tersedia untuk komputer Windows dan Mac, serta smartphone Android dan iOS. Anda bisa mendownload Lightroom di sini.
  3. Snapseed. Snapseed adalah aplikasi edit foto yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone. Snapseed memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan untuk mengedit foto siang jadi malam. Anda bisa menggunakan fitur-fitur seperti Tune Image, White Balance, Curves, HDR Scape, Vintage, Noir, dan lain-lain untuk mengubah foto siang hari menjadi foto malam hari. Anda juga bisa menggunakan tool seperti Healing, Brush, Selective, dan Lens Blur untuk menambahkan atau menghapus elemen-elemen pada foto. Snapseed tersedia secara gratis untuk smartphone Android dan iOS. Anda bisa mendownload Snapseed di sini atau sini.
  4. PicsArt. PicsArt adalah aplikasi edit foto yang sangat kreatif dan menyenangkan. PicsArt memiliki fitur-fitur yang unik dan menarik untuk mengedit foto siang jadi malam. Anda bisa menggunakan fitur-fitur seperti Effects, Stickers, Cutout, Draw, Collage, Magic, dan lain-lain untuk mengubah foto siang hari menjadi foto malam hari. Anda juga bisa menggunakan tool seperti Crop, Rotate, Adjust, Clone, Shape Mask, dan Text untuk menambahkan atau menghapus elemen-elemen pada foto. PicsArt tersedia secara gratis untuk smartphone Android dan iOS, tetapi ada beberapa fitur yang membutuhkan langganan berbayar. Anda bisa mendownload PicsArt di sini atau sini.
  5. VSCO. VSCO adalah aplikasi edit foto yang sangat elegan dan minimalis. VSCO memiliki fitur-fitur yang cukup sederhana tetapi berkualitas untuk mengedit foto siang jadi malam. Anda bisa menggunakan fitur-fitur seperti Exposure, Contrast, Temperature, Tint, Grain, Fade, dan lain-lain untuk mengubah foto siang hari menjadi foto malam hari. Anda juga bisa menggunakan preset atau filter yang sudah tersedia atau yang Anda beli secara terpisah untuk mengubah foto dengan satu klik saja. VSCO tersedia secara gratis untuk smartphone Android dan iOS, tetapi ada beberapa fitur yang membutuhkan langganan berbayar. Anda bisa mendownload VSCO di sini atau sini.
  6. Afterlight. Afterlight adalah aplikasi edit foto yang sangat simpel dan intuitif. Afterlight memiliki fitur-fitur yang cukup standar tetapi efektif untuk mengedit foto siang jadi malam. Anda bisa menggunakan fitur-fitur seperti Brightness, Contrast, Saturation, Temperature, Highlights, Shadows, dan lain-lain untuk mengubah foto siang hari menjadi foto malam hari. Anda juga bisa menggunakan filter yang sudah tersedia atau yang Anda beli secara terpisah untuk mengubah foto dengan satu klik saja. Afterlight tersedia secara gratis untuk smartphone Android dan iOS, tetapi ada beberapa fitur yang membutuhkan pembelian dalam aplikasi. Anda bisa mendownload Afterlight di sini atau sini.
  7. Darkroom. Darkroom adalah aplikasi edit foto yang sangat modern dan elegan. Darkroom memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap dan canggih untuk mengedit foto siang jadi malam. Anda bisa menggunakan fitur-fitur seperti Curves, Color, Tone, Grain, Vignette, dan lain-lain untuk mengubah foto siang hari menjadi foto malam hari. Anda juga bisa menggunakan preset atau filter yang sudah tersedia atau yang Anda buat sendiri untuk mengubah foto dengan satu klik saja. Darkroom tersedia secara gratis untuk smartphone iOS, tetapi ada beberapa fitur yang membutuhkan langganan berbayar. Anda bisa mendownload Darkroom di sini.
Baca Juga  Cara Download Scribd Menggunakan Scribd Downloader di Android Gratis

Alternatif Aplikasi Edit Foto Siang Jadi Malam

Selain 7 aplikasi edit foto siang jadi malam di atas, ada juga beberapa aplikasi lain yang bisa Anda coba sebagai alternatif. Berikut adalah beberapa aplikasi alternatif edit foto siang jadi malam yang juga populer dan mudah digunakan:

  • Polarr. Polarr adalah aplikasi edit foto yang sangat profesional dan powerful. Polarr memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap dan canggih untuk mengedit foto siang jadi malam. Anda bisa menggunakan fitur-fitur seperti HSL, Curves, Color Balance, Gradient, Overlay, LUT, dan lain-lain untuk mengubah foto siang hari menjadi foto malam hari. Anda juga bisa menggunakan preset atau filter yang sudah tersedia atau yang Anda buat sendiri untuk mengubah foto dengan satu klik saja. Polarr tersedia secara gratis untuk smartphone Android dan iOS, serta komputer Windows dan Mac, tetapi ada beberapa fitur yang membutuhkan langganan berbayar. Anda bisa mendownload Polarr di sini, sini, atau sini.
  • Pixlr. Pixlr adalah aplikasi edit foto yang sangat praktis dan mudah digunakan. Pixlr memiliki fitur-fitur yang cukup standar tetapi efektif untuk mengedit foto siang jadi malam. Anda bisa menggunakan fitur-fitur seperti Brightness, Contrast, Color, Temperature, Tint, dan lain-lain untuk mengubah foto siang hari menjadi foto malam hari. Anda juga bisa menggunakan filter yang sudah tersedia atau yang Anda beli secara terpisah untuk mengubah foto dengan satu klik saja. Pixlr tersedia secara gratis untuk smartphone Android dan iOS, serta komputer Windows dan Mac, tetapi ada beberapa fitur yang membutuhkan pembelian dalam aplikasi. Anda bisa mendownload Pixlr di sini, sini, atau sini.
  • Prisma. Prisma adalah aplikasi edit foto yang sangat unik dan artistik. Prisma memiliki fitur-fitur yang sangat kreatif dan menarik untuk mengedit foto siang jadi malam. Anda bisa menggunakan filter-filter yang berdasarkan gaya lukisan atau seni terkenal untuk mengubah foto siang hari menjadi foto malam hari. Anda juga bisa menyesuaikan intensitas dan parameter filter untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan selera Anda. Prisma tersedia secara gratis untuk smartphone Android dan iOS, tetapi ada beberapa fitur yang membutuhkan langganan berbayar. Anda bisa mendownload Prisma di sini atau sini.
Baca Juga  ROM Modification For Lenovo A316i Fast and Smooth And Work 100%

Tanya Jawab Seputar Edit Foto Siang Jadi Malam

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan seputar edit foto siang jadi malam:

  1. Apakah mengedit foto siang jadi malam bisa merusak kualitas foto? Tidak, asalkan Anda mengedit foto siang jadi malam dengan cara yang benar dan menggunakan aplikasi yang berkualitas. Anda harus memperhatikan resolusi, format, dan ukuran foto yang Anda edit. Anda juga harus mengatur parameter-parameter seperti kecerahan, kontras, saturasi, dan warna dengan hati-hati agar tidak membuat foto menjadi terlalu gelap, buram, atau tidak realistis.
  2. Apakah mengedit foto siang jadi malam bisa melanggar hak cipta? Tidak, asalkan Anda mengedit foto siang jadi malam dengan tujuan yang baik dan tidak mengklaim foto tersebut sebagai milik Anda sendiri. Anda harus menghormati hak cipta dari fotografer atau pemilik foto asli yang Anda edit. Anda juga harus mencantumkan sumber atau kredit foto asli jika Anda ingin membagikan atau mempublikasikan hasil editan Anda.
  3. Apakah mengedit foto siang jadi malam bisa meningkatkan engagement di media sosial? Ya, asalkan Anda mengedit foto siang jadi malam dengan cara yang kreatif dan menarik. Anda bisa membuat foto siang hari menjadi foto malam hari yang memiliki suasana, tema, atau cerita yang berbeda dari foto aslinya. Anda juga bisa menambahkan elemen-elemen yang menambah nilai estetika atau artistik pada foto Anda. Dengan begitu, Anda bisa menarik perhatian dan minat dari pengikut atau audiens Anda di media sosial.

Alternatif Edit Foto malam jadi siang lebih cerah dan menawan

Kesimpulan

Mengedit foto siang jadi malam adalah salah satu cara untuk membuat foto Anda menjadi lebih menarik dan berbeda dari biasanya. Anda bisa mengubah foto siang hari menjadi foto malam hari dengan menggunakan aplikasi edit foto yang tersedia di smartphone atau komputer Anda. Ada banyak aplikasi edit foto siang jadi malam yang bisa Anda pilih, baik yang gratis maupun berbayar, baik yang sederhana maupun canggih. Anda harus memilih aplikasi edit foto siang jadi malam yang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan selera Anda. Anda juga harus mengedit foto siang jadi malam dengan cara yang benar dan bertanggung jawab agar tidak merusak kualitas, melanggar hak cipta, atau mengecewakan audiens Anda.

Baca Juga  Cara Flash Ulang X-BO V5 Android Dengan SpFlash Tools Dijamin Work 100%

Demikian artikel tentang 7 aplikasi edit foto siang jadi malam dalam bahasa Indonesia yang saya buat dengan bantuan Bing. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis.

Read Also: EDIT FOTO DENGAN LIGHTROOM

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait