cara mengatasi akun ini tidak diizinkan untuk menggunakan whatsapp karena spam

administrator Agustus 19, 2023

Halo, Sahabat Warta Bangil. Apakah Anda pernah mengalami masalah dengan akun WhatsApp Anda? Apakah Anda pernah melihat pesan berikut saat membuka WhatsApp: “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam”? Jika ya, maka Anda tidak sendirian. Banyak pengguna WhatsApp yang mengeluhkan hal yang sama. Mereka merasa bingung dan kesal karena tidak bisa mengakses layanan chat atau telepon WhatsApp. Apa sebenarnya yang terjadi?

Pesan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” adalah tanda bahwa akun WhatsApp Anda diblokir oleh pihak WhatsApp. Pemblokiran akun ini terjadi karena Anda diduga telah melanggar ketentuan layanan WhatsApp, misalnya aktivitas akun Anda melibatkan spam, penipuan, atau membahayakan keamanan pengguna WhatsApp lainnya. Spam adalah pengiriman pesan secara massal atau berulang-ulang kepada orang-orang yang tidak Anda kenal atau yang tidak ingin menerima pesan dari Anda. Penipuan adalah usaha untuk menipu atau mengelabui orang lain dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau akses ke informasi pribadi mereka. Membahayakan keamanan pengguna WhatsApp adalah tindakan yang dapat merusak, mengganggu, atau mengancam fungsi, kinerja, atau kestabilan WhatsApp atau perangkat pengguna lainnya.

WhatsApp sangat serius dalam menjaga keamanan dan kenyamanan penggunanya. Oleh karena itu, WhatsApp memiliki hak untuk memblokir akun yang melanggar ketentuan layanannya. Pemblokiran akun ini bertujuan untuk mencegah penyebaran spam, penipuan, dan aktivitas berbahaya lainnya di platform WhatsApp. Pemblokiran akun ini juga merupakan bentuk perlindungan bagi pengguna WhatsApp yang mungkin menjadi korban dari akun-akun bermasalah tersebut.

Namun, bagaimana jika Anda merasa tidak bersalah dan tidak melakukan pelanggaran apapun? Bagaimana jika pemblokiran akun ini terjadi karena kesalahan teknis atau kesalahpahaman? Apakah ada cara untuk mengatasi masalah ini dan mengembalikan akun WhatsApp Anda? Jawabannya adalah ya, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam”. Berikut ini adalah 5 cara yang dapat Anda coba:

• Minta tinjauan: Cara pertama yang dapat Anda coba adalah dengan meminta tinjauan dari pihak WhatsApp. Ketika pesan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” muncul di layar aplikasi WhatsApp, Anda akan melihat opsi “Minta Tinjauan”. Ketuk opsi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh WhatsApp. Anda akan diminta untuk memberikan alasan mengapa Anda merasa akun Anda tidak seharusnya diblokir. Jelaskan dengan jelas dan sopan bahwa Anda tidak melakukan pelanggaran apapun dan minta agar akun Anda ditinjau ulang. Proses tinjauan ini biasanya membutuhkan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada kasusnya.

Baca Juga  Cara Mengganti Password Wifi CBN Lewat HP dan Laptop

• Hubungi layanan pelanggan: Cara kedua yang dapat Anda coba adalah dengan menghubungi layanan pelanggan WhatsApp. Anda dapat mengirim email ke alamat support@whatsapp.com dengan subjek “Akun saya diblokir”. Dalam email tersebut, sertakan nomor telepon Anda dengan format internasional (+62 untuk Indonesia), tangkapan layar pesan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam”, dan penjelasan singkat tentang masalah yang Anda alami. Mintalah bantuan dari pihak WhatsApp untuk menyelesaikan masalah ini dan mengembalikan akun Anda. Layanan pelanggan WhatsApp biasanya akan merespons email Anda dalam waktu 24 jam.

• Hapus dan instal ulang aplikasi: Cara ketiga yang dapat Anda coba adalah dengan menghapus dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp di ponsel atau komputer Anda. Cara ini mungkin dapat membantu jika masalahnya disebabkan oleh kesalahan teknis atau bug pada aplikasi. Namun, sebelum melakukan cara ini, pastikan bahwa Anda telah membackup data dan riwayat chat Anda di Google Drive atau iCloud agar tidak hilang saat menghapus aplikasi. Setelah itu, hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel atau komputer Anda dan instal ulang dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau App Store. Kemudian, buka aplikasi WhatsApp dan masukkan nomor telepon Anda untuk mengaktifkan akun Anda kembali. Lihat apakah pesan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” masih muncul atau tidak.

• Ganti nomor telepon: Cara keempat yang dapat Anda coba adalah dengan mengganti nomor telepon Anda yang terkait dengan akun WhatsApp Anda. Cara ini mungkin dapat membantu jika masalahnya disebabkan oleh nomor telepon Anda yang terblokir atau terdaftar sebagai spam oleh pihak WhatsApp. Namun, sebelum melakukan cara ini, pastikan bahwa Anda telah memberitahu kontak-kontak Anda tentang perubahan nomor telepon Anda agar mereka tidak kehilangan kontak dengan Anda. Setelah itu, ganti kartu SIM Anda dengan kartu SIM baru yang memiliki nomor telepon baru. Kemudian, buka aplikasi WhatsApp dan ketuk opsi “Ganti Nomor” di menu pengaturan. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh WhatsApp untuk mengganti nomor telepon Anda. Lihat apakah pesan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” masih muncul atau tidak.

Baca Juga  Cara Edit Foto Malam Jadi Siang lebih cerah dan menawan

• Buat akun baru: Cara kelima dan terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan membuat akun WhatsApp baru. Cara ini mungkin dapat membantu jika masalahnya disebabkan oleh akun WhatsApp Anda yang terblokir secara permanen oleh pihak WhatsApp. Namun, sebelum melakukan cara ini, pastikan bahwa Anda telah menyalin atau menyimpan data dan riwayat chat Anda yang penting karena cara ini akan menghapus semua data dan riwayat chat Anda dari akun lama Anda. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp dan ketuk opsi “Hapus Akun” di menu pengaturan. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh WhatsApp untuk menghapus akun Anda. Kemudian, buka aplikasi WhatsApp dan masukkan nomor telepon baru untuk membuat akun baru. Lihat apakah pesan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” masih muncul atau tidak.

Langkah-langkah mengatasi akun ini tidak diizinkan untuk menggunakan whatsapp karena spam

Untuk mengatasi akun ini tidak diizinkan untuk menggunakan whatsapp karena spam, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

• Pilih salah satu cara yang telah disebutkan di atas sesuai dengan kondisi dan preferensi Anda.

• Ikuti petunjuk yang diberikan oleh WhatsApp atau website resmi WhatsApp untuk melakukan cara tersebut.

• Periksa apakah pesan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” masih muncul atau tidak di layar aplikasi WhatsApp.

• Jika pesan tersebut masih muncul, coba cara lain yang belum Anda coba atau ulangi cara yang sudah Anda coba dengan lebih teliti.

Baca Juga  Cara mendapatkan uang dari facebook dengan upload video reels Mudah dan Cepat

• Jika pesan tersebut tidak muncul lagi, berarti masalahnya sudah teratasi dan Anda dapat menggunakan WhatsApp kembali seperti biasa.

Tanya jawab seputar akun ini tidak diizinkan untuk menggunakan whatsapp karena spam

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan seputar akun ini tidak diizinkan untuk menggunakan whatsapp karena spam:

• Apa penyebab utama akun saya diblokir oleh WhatsApp?

• Penyebab utama akun Anda diblokir oleh WhatsApp adalah karena Anda diduga telah melanggar ketentuan layanan WhatsApp, misalnya aktivitas akun Anda melibatkan spam, penipuan, atau membahayakan keamanan pengguna WhatsApp lainnya.

• Bagaimana cara mencegah akun saya diblokir oleh WhatsApp?

• Cara mencegah akun Anda diblokir oleh WhatsApp adalah dengan mengikuti ketentuan layanan WhatsApp dengan baik dan benar, misalnya tidak mengirim pesan secara massal atau berulang-ulang kepada orang-orang yang tidak Anda kenal atau yang tidak ingin menerima pesan dari Anda, tidak menipu atau mengelabui orang lain dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau akses ke informasi pribadi mereka, dan tidak merusak, mengganggu, atau mengancam fungsi, kinerja, atau kestabilan WhatsApp atau perangkat pengguna lainnya.

• Apakah ada dampak negatif dari pemblokiran akun saya oleh WhatsApp?

• Ya, ada dampak negatif dari pemblokiran akun Anda oleh WhatsApp, misalnya Anda tidak dapat mengakses layanan

chat atau percakapan WhatsApp dengan teman-teman, keluarga, atau kolega Anda, Anda tidak dapat mengirim atau menerima pesan, foto, video, atau dokumen dari mereka, Anda tidak dapat melakukan panggilan suara atau video dengan mereka, dan Anda tidak dapat mengakses data dan riwayat chat Anda yang tersimpan di akun Anda

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait