Tutorial Mendeley Cara Memasukkan Kutipan ke Word pada Mendeley

administrator Juni 6, 2023

Cara Memasukkan Kutipan ke Word pada Mendeley: Memasukkan Kutipan ke Word

Cara kelima yang harus kamu lakukan untuk bisa memasukkan kutipan ke Word pada Mendeley adalah memasukkan kutipan ke Word. Kutipan adalah cara untuk mengakui sumber informasi yang kamu gunakan dalam penulisan ilmiah. Dengan memasukkan kutipan, kamu bisa menghindari plagiarisme dan menunjukkan kredibilitas penulisanmu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Word yang sedang kamu kerjakan.
  2. Letakkan kursor di tempat yang ingin kamu masukkan kutipan.
  3. Klik tab “Mendeley” di menu Word, lalu klik “Insert Citation”.
  4. Akan muncul jendela pencarian referensi. Kamu bisa mengetikkan kata kunci untuk mencari referensi yang sesuai, misalnya judul, pengarang, atau tahun terbit.
  5. Pilih referensi yang ingin kamu kutip dari hasil pencarian, lalu klik “OK”.
  6. Kutipan akan otomatis terbentuk sesuai dengan gaya sitasi yang kamu pilih.

Selesai! Sekarang kamu sudah berhasil memasukkan kutipan ke Word menggunakan Mendeley. Kamu bisa mengulangi langkah-langkah tersebut untuk memasukkan kutipan lainnya. Kamu juga bisa mengedit kutipan jika perlu, misalnya menambahkan halaman, nomor bab, atau komentar.

Cara Memasukkan Kutipan ke Word pada Mendeley: Membuat Daftar Pustaka di Word

Cara keenam yang harus kamu lakukan untuk bisa memasukkan kutipan ke Word pada Mendeley adalah membuat daftar pustaka di Word. Daftar pustaka adalah daftar sumber informasi yang kamu kutip dalam penulisan ilmiah. Dengan membuat daftar pustaka, kamu bisa memberikan informasi lengkap tentang sumber-sumber yang kamu gunakan dan memudahkan pembaca untuk menemukannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Word yang sedang kamu kerjakan.
  2. Letakkan kursor di tempat yang ingin kamu membuat daftar pustaka, biasanya di akhir dokumen.
  3. Klik tab “Mendeley” di menu Word, lalu klik “Insert Bibliography”.
  4. Daftar pustaka akan otomatis terbentuk sesuai dengan gaya sitasi yang kamu pilih.
  5. Daftar pustaka akan otomatis terupdate setiap kali kamu menambahkan atau menghapus kutipan.
Baca Juga  7 cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan secara offline dan online

Selesai! Sekarang kamu sudah berhasil membuat daftar pustaka di Word menggunakan Mendeley. Kamu bisa mengedit daftar pustaka jika perlu, misalnya mengubah urutan, format, atau gaya sitasi.

Cara Memasukkan Kutipan ke Word pada Mendeley: Mengubah Gaya Sitasi di Word

Cara ketujuh yang harus kamu lakukan untuk bisa memasukkan kutipan ke Word pada Mendeley adalah mengubah gaya sitasi di Word. Gaya sitasi adalah aturan penulisan kutipan dan daftar pustaka yang berbeda-beda sesuai dengan standar ilmiah yang digunakan. Ada banyak gaya sitasi yang bisa kamu pilih, seperti APA, MLA, Harvard, Chicago, dan lain-lain. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Word yang sedang kamu kerjakan.
  2. Klik tab “Mendeley” di menu Word, lalu klik “Style”.
  3. Akan muncul daftar gaya sitasi yang tersedia. Kamu bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  4. Jika gaya sitasi yang kamu inginkan tidak ada di daftar, kamu bisa klik “More Styles” untuk mencari gaya sitasi lainnya.
  5. Kamu juga bisa mengunduh gaya sitasi dari situs resmi Mendeley di https://www.mendeley.com/citation-styles/ lalu impor ke aplikasi Mendeley.

Selesai! Sekarang kamu sudah berhasil mengubah gaya sitasi di Word menggunakan Mendeley. Kamu bisa mengubah gaya sitasi kapan saja sesuai dengan kebutuhanmu. Kutipan dan daftar pustaka akan otomatis menyesuaikan dengan gaya sitasi yang kamu pilih.

Cara Memasukkan Kutipan ke Word pada Mendeley: Mengelola Kutipan dan Daftar Pustaka di Word

Cara kedelapan yang harus kamu lakukan untuk bisa memasukkan kutipan ke Word pada Mendeley adalah mengelola kutipan dan daftar pustaka di Word. Setelah kamu berhasil memasukkan kutipan dan daftar pustaka menggunakan Mendeley, kamu mungkin perlu melakukan beberapa pengaturan atau perubahan sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  • Menghapus kutipan: Jika kamu ingin menghapus kutipan yang sudah kamu masukkan, kamu bisa menghapusnya seperti menghapus teks biasa. Namun, pastikan kamu juga menghapus referensi yang terkait dengan kutipan tersebut dari perpustakaan Mendeley.
  • Mengedit kutipan: Jika kamu ingin mengedit kutipan yang sudah kamu masukkan, misalnya menambahkan halaman, nomor bab, atau komentar, kamu bisa klik kanan pada kutipan tersebut, lalu pilih “Edit Citation”. Akan muncul jendela edit kutipan yang memungkinkan kamu melakukan perubahan.
  • Mengganti gaya sitasi: Jika kamu ingin mengganti gaya sitasi yang sudah kamu pilih, misalnya dari APA ke MLA, kamu bisa klik tab “Mendeley” di menu Word, lalu klik “Style”. Akan muncul daftar gaya sitasi yang tersedia. Kamu bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Mengupdate daftar pustaka: Jika kamu menambahkan atau menghapus kutipan, daftar pustaka akan otomatis terupdate sesuai dengan perubahan yang terjadi. Namun, jika kamu ingin memastikan bahwa daftar pustaka sudah terupdate dengan benar, kamu bisa klik tab “Mendeley” di menu Word, lalu klik “Refresh”.
Baca Juga  Refleksi model 4C: Connection, challenge, concept, change, Calon Pengajar Praktik

Selesai! Sekarang kamu sudah berhasil mengelola kutipan dan daftar pustaka di Word menggunakan Mendeley. Kamu bisa melakukan pengaturan atau perubahan kapan saja sesuai dengan kebutuhanmu. Kutipan dan daftar pustaka akan otomatis menyesuaikan dengan pengaturan atau perubahan yang kamu lakukan.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait