Cara Mudah Membuat Essai Untuk Beasiswa Pendidikan Indonesia

administrator Mei 4, 2023

Buat kalian yang mau daftar beasiswa, mungkin menulis esai beasiswa bisa menjadi PR yang cukup menantang. Menulis esai beasiswa tidak banyak mengetikkan kata-kata kertas. Kamu harus membuat perencanaan yang matang dan mempertimbangkan setiap detail agar esaimu dapat menarik perhatian dan mengantarkanmu menjadi penerima beasiswa tersebut.

Nah, jangan khawatir! Aku punya beberapa tips dan trik yang bisa membantumu menulis aplikasi beasiswa yang efektif dan meyakinkan. Terutama untuk membuat esai Glow And Lovely Bintang Beasiswa! Sebelumnya, kenalan dulu nih. Aku Bela Juliana penerima Glow and Lovely bintang beasiswa tahun 2022. Tulisan ini akan memuat beberapa tips menulis esai Glow dan Lovely Bintang Beasiswa ala aku. Kalau kalian cewek-cewek yang minat untuk daftar beasiswa ini, so this page is made for you!. Simak tips-tips nya dari bawah ini.

Secara umum, ada 5 hal yang bisa jadi acuan dalam menulis esai beasiswa yaitu:

  • Pahami instruksinya
  • Mulai dengan hook
  • Jadilah spesifik
  • Buktikan Anda layak
  • Jujur

Pahami instruksinya

Anda perlu memahami betul perintah/pertanyaan yang ditanyakan dan batas kata yang diperbolehkan. Ini mungkin terlihat sangat sederhana tetapi Anda benar-benar harus memperhatikan apa yang ingin Anda ketahui dari Anda. (pengalaman/cita-cita/rencana)

Perhatikan kata tanya/perintahnya (jelaskan/ceritakan/kapan/bagaimana mengapa)

Contohnya, kalau diminta ceritakan pengalaman ya ceritakan secara runtut dari pengalaman terlama ke pengalaman paling baru. Begitu pula kalau diminta ceritakan rencana, ceritakan dari rencana paling dekat sampai rencana paling jauh. Pastikan esaimu menjawab pertanyaan yang ditanyakan.

Batas kata juga perlu diperhatikan. Biasanya akan ada batasan kata dalam menulis esai (mis. maksimal 300 kata). Saranku maksimalkan jumlah kata yang diperbolehkan dalam esai. Misal, perintahnya maksimal 300 kata, ya minimal buat esaimu sekitar 295-300 kata. Karena ada batasan kata, artinya kamu harus menuliskan esai mu sebaik mungkin dengan jumlah kata yang diperbolehkan. Pastikan gaada mengulang informasi. Usahakan pengalaman yang kamu tuliskan melalui setiap pertanyaan yang berbeda, karena pertanyaannya juga beda kan…

Baca Juga  katak berkembang biak dengan cara

Catatan: Di web resmi kelas bebagi cerah, tertulis bahwa beasiswa ini ditujukan yang “Memiliki gagasan tinggi untuk berkontribusi di masyarakat. Jadi, ini adalah deskripsi penting yang harus ada di esai milikmu.

Mulai dengan hook

“HOOK” ​​atau bisa disebut “pancingan” yang menarik perhatian dan membuat mereka tertarik untuk membaca lebih lanjut. Awali esai buatanmu dengan hook, jangan dengan template basic seperti “Nama saya Bela saya adalah anak ke pertama dari 3 bersaudara ibu saya adalah seorang… kami tinggal di… ” menurutku ini kurang berkesan dan jatuhnya jadi mengulang informasi ya. Kan di awal udah ada form registrasi yang berisikan nama dan alamatmu. Jadi, jangan menulis ulang dalam esai. Ini malah akan makan kata yang harusnya bisa kamu tuliskan hal penting yang seharusnya ada di esai mu.

Ada beberapa jenis hook yang bisa kamu pakai:

– Personal anecdote: menggunakan kisah pribadi atau pengalaman yang relevan dengan pertanyaan.

“Saat masih kecil, saya sering mendapat uang saku dari orang tua saya untuk membeli buku-buku cerita. Dari situlah, saya belajar betapa pentingnya pendidikan dalam meningkatkan kualitas hidup. Saya menyadari betapa pentingnya…”

– Odds: kutipan atau pernyataan dari tokoh atau sumber terkenal

“Lailah Gifty berkata bahwa ‘Pendidikan adalah proses seumur hidup, dan kesempatan untuk belajar tak pernah terbatas’ Saya coba meyakini hal ini, namun bagi perempuan di daerah saya pendidikan bukanlah proses seumur hidup….”

– Statistik atau fakta: menggunakan data atau fakta terkini yang menarik perhatian

“Menurut survei terbaru dari kemendikbud, hanya 35% mahasiswa yang lulus tepat waktu dari program sarjana. Saya sangat menyayangkan hal ini karena jika saya memberikan kesempatan yang sama saya akan….”

–Supposition/Pengandaian: bayangan kemungkinan yang terjadi jika kamu x dan dampaknya

“Andaikan aku diberikan kesempatan untuk mengejar mimpiku tanpa harus membebankan biaya pendidikan. Aku mungkin telah…”

Baca Juga  kalkulator kesehatan mental link google form melalui aplikasi kemenkes

Cara terbaik untuk menulis hook adalah dengan mempertimbangkan topik atau tema/pertanyaan, serta kepribadian dan pengalaman pribadi Anda. Nah, beberapa Hook diatas yang saya tuliskan hanya contoh ya supaya kamu punya bayangan untuk menulis esai mu. Silahkan kamu bisa explore lagi hook yang kira-kira relevan dengan pengalaman dan ceritamu. BTW, saya pribadi paling sering pakai hook jenis personal anecdote dan pengandaian.

Jadikan spesifik

Terkait sama tip pertama, pastikan esai mu menjawab pertanyaan yang ditanyakan. Disaat menjelaskan mimpimu, pengalamanmu, rencanamu, jangan hanya menuliskan hal umum seperti “saya sering mengikuti lomba”, “saya aktif di banyak kepanitiaan sekolah”

Kamu harus lebih spesifik dengan apa yang ingin kamu ceritakan. Contohnya. “Saya aktif mengikuti kepanitiaan saat SMA, selama tiga tahun berturut-turut saya menjadi panitia class meeting. Puncaknya saat saya kelas 12, saya terpilih menjadi Koordinator classmeeting mewakili OSIS…” See… dengan “be spesific” bobot dari pengalaman yang kamu tuliskan akan lebih baik daripada cuma di mention aja.

Nah, terkait keharusan kamu membuktikan bahwa kamu memiliki gagasan untuk berkontribusi di masyarakat ini penting ya… apa lagi hal ini tertulis secara resmi di web kelas berbagi cerah. Saranku buat buatlah gagasan yang realistis, jangan maruk banget. Misal, kamu mau menuntaskan kemiskinan dari seluruh indonesia. Ini mustahil untuk dilakukan dan tim seleksi esai juga tidak akan percaya dengan gagasan ini. jadi buatlah gagasan yang skalanya realistis, dan ga harus banget se-Indonesia gitu.

Gagasan ini juga harus spesifik. Bagaimana Anda mewujudkannya, bagaimana mekanismenya di masa depan, siapa yang akan terkena dampak dll. Ini perlu dipikirkan.

Buktikan Anda layak

Terkait poin yang sama sebelumnya. Cara untuk memastikan bahwa Anda layak ini ya dengan memenuhi kriteria yang dicari beasiswa tersebut. Dalam menulis esai, kamu harus kuatin point yang di highlight GAL yaitu:

– Gagasan untuk berkontribusi pada masyarakat

– Berprestasi, buktikan kalau kamu berprestasi akademik maupun non akademik, Ceritakan pengalaman berharga dengan baik oleh esai mu dan upload sertifikat lomba terbaik yang kamu punya.

Baca Juga  cara melakukan pengisian drh pppk guru

– Punya motivasi tinggi untuk kuliah, terkait rencanamu yang udah ada bahkan sebelumnya kuliah kamu tau mau ngapain aja, ikut lomba atau program apa aja, masuk organisasi apa dll.

– Finansial tidak stabil, beasiswa ini dikhususkan untuk perempuan yang dari keluarga terbatas finansial jadi kamu harus buktikan itu dengan upload surat dan dokumen yang diminta. Kamu juga bisa menyelipkan di esaimu cerita tentang seberapa butuhnya kamu dengan dana pendidikan yang bisa mendukung kamu saat kuliah nanti.

– Masuk PTN, untuk ini kamu belajar SNBT dengan rajin supaya bisa masuk PTN impianmu. Kamu harus bisa lulus di PTN sebelum pengumpulan link konfirmasi PTN. Banyakin doa juga ya.

Saranku setelah selesai menulis esainya dikembalikan dulu kepada teman atau guru untuk membaca dan kasih saran/kritik ke esaimu.

Jujur

Saya tidak punya banyak untuk mengatakan tentang hal ini. Tapi tolong jangan bohong pas bikin esai milikmu. merusak apa yang benar-benar kamu lewati, dan kamu alami. Karena apa yang Anda tuliskan dalam esai ini akan berdampak ke tahap seleksi selanjutnya.

Menyalak! sekian tips dan trik dari aku. semoga membantu kalian guls semangat ya buat esainya! Jangan lupa banyak berdoa dan semangat juga belajar SNBT. Kalo kalian kesulitan merasa please don’t give up!, karena kesulitan dan kendala apapun yang kalian hadapi saat daftar beasiswa ini akan worth it sama apa yang akan kalian dapatkan nanti kalau lolos. percayalah kepadaku!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait