Contoh Jurnal MOOC PPPK 2023, Siap Download dan Tulis?

administrator Agustus 5, 2023

Hai, Sahabat Warta Bangil! Apakah kalian sedang mencari contoh jurnal MOOC PPPK 2023? Jika ya, maka kalian berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan memberikan kalian contoh jurnal MOOC PPPK 2023 yang bisa kalian gunakan sebagai referensi. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan informasi tentang cara membuat dan mengupload jurnal MOOC PPPK 2023 dengan mudah dan cepat. Penasaran? Yuk, kita simak bersama!

Contoh jurnal MOOC PPPK 2023

Jurnal MOOC PPPK 2023 adalah salah satu tugas yang harus diselesaikan oleh peserta MOOC PPPK 2023. MOOC PPPK 2023 adalah singkatan dari Massive Open Online Course Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja 2023. Ini adalah program pembelajaran online yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja ASN dan PPPK.

Jurnal MOOC PPPK 2023 adalah rangkuman atau resume dari materi-materi yang dipelajari oleh peserta MOOC PPPK 2023. Materi-materi tersebut terdiri dari tiga agenda, yaitu:

  • Agenda 1: Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Bela Negara, Analisis Isu Kontemporer, dan Kesiapsiagaan Bela Negara.
  • Agenda 2: Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.
  • Agenda 3: Pengembangan Karir ASN dan PPPK.

Berikut adalah contoh jurnal MOOC PPPK 2023 untuk agenda 1:

Jurnal MOOC PPPK 2023 Agenda 1

Nama: Budi Santoso
NIP: 1234567890
Instansi: Dinas Pendidikan Kota XXXX
Jabatan: Guru SD
Materi: Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Bela Negara, Analisis Isu Kontemporer, dan Kesiapsiagaan Bela Negara

Rangkuman:

Materi pertama yang saya pelajari adalah tentang wawasan kebangsaan dan nilai-nilai bela negara. Wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungannya dalam mencapai tujuan nasional. Nilai-nilai bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh Pancasila dan UUD 1945 dalam menjaga kedaulatan negara. Ada empat nilai bela negara, yaitu cinta tanah air, rela berkorban, memiliki kemampuan dasar bela negara, dan memiliki kesadaran hukum.

Baca Juga  Cara Membuat Paragraf Baru di Google Form Dijamin Work 100%

Materi kedua yang saya pelajari adalah tentang analisis isu kontemporer. Isu kontemporer adalah permasalahan atau fenomena yang sedang terjadi di masyarakat dan berdampak pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Ada beberapa isu kontemporer yang perlu dianalisis secara kritis dan solutif, seperti radikalisme, intoleransi, korupsi, narkoba, bencana alam, pandemi Covid-19, dan perubahan iklim. Untuk menganalisis isu kontemporer, kita perlu menggunakan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) atau metode lainnya.

Materi ketiga yang saya pelajari adalah tentang kesiapsiagaan bela negara. Kesiapsiagaan bela negara adalah kesiapan warga negara untuk menghadapi segala bentuk ancaman terhadap kedaulatan negara. Ada beberapa aspek kesiapsiagaan bela negara, yaitu aspek fisik, mental, sosial, spiritual, intelektual, dan profesional. Untuk meningkatkan kesiapsiagaan bela negara, kita perlu melakukan beberapa hal, seperti menjaga kesehatan tubuh dan jiwa, mengikuti organisasi kemasyarakatan atau kepramukaan, mengikuti pelatihan dasar bela negara atau wajib militer, dan mengembangkan kompetensi sesuai bidang kerja.

Refleksi:

Materi-materi yang saya pelajari sangat bermanfaat dan relevan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai ASN dan PPPK. Saya merasa lebih mengenal dan mencintai tanah air saya, serta lebih siap untuk membela negara dari segala ancaman. Saya juga lebih kritis dan solutif dalam menghadapi isu-isu kontemporer yang mempengaruhi kehidupan berbangsa dan bernegara. Saya berharap materi-materi ini bisa saya terapkan dalam keseharian saya, baik di tempat kerja maupun di masyarakat.

Saran:

Saya menyarankan agar materi-materi ini bisa disampaikan dengan lebih menarik dan interaktif, misalnya dengan menggunakan media audiovisual, game, atau simulasi. Saya juga menyarankan agar ada evaluasi atau tes untuk mengukur pemahaman dan penerapan materi-materi ini oleh peserta MOOC PPPK 2023. Selain itu, saya menyarankan agar ada forum diskusi atau tanya jawab untuk memperdalam dan memperluas wawasan peserta MOOC PPPK 2023.

Baca Juga  Sesi Refleksi Ruang Kolaborasi_Pembekalan CPP

Contoh Jurnal MOOC PPPK 2023

5 Cara Membuat Jurnal MOOC PPPK 2023

Berikut adalah 5 cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat jurnal MOOC PPPK 2023:

  1. Pilih agenda dan materi yang ingin kalian buat jurnalnya. Pastikan kalian sudah mempelajari dan memahami materi-materi tersebut dengan baik.
  2. Buat rangkuman atau resume dari materi-materi yang kalian pilih. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan EYD. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber referensi yang kalian gunakan.
  3. Buat refleksi dari materi-materi yang kalian rangkum. Tuliskan apa yang kalian rasakan, pikirkan, dan pelajari dari materi-materi tersebut. Juga tuliskan bagaimana kalian bisa menerapkan materi-materi tersebut dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari.
  4. Buat saran dari materi-materi yang kalian rangkum. Tuliskan apa yang kalian harapkan atau usulkan untuk perbaikan atau pengembangan materi-materi tersebut. Juga tuliskan apa yang kalian butuhkan atau inginkan untuk mendukung proses pembelajaran kalian.
  5. Format jurnal kalian sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Gunakan font Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5, margin 2 cm, dan halaman A4. Jangan lupa untuk mencantumkan identitas diri kalian, seperti nama, NIP, instansi, jabatan, dan materi yang kalian buat jurnalnya.

Tanya Jawab Terkait Jurnal MOOC PPPK 2023

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban terkait jurnal MOOC PPPK 2023:

  • Q: Apa tujuan dari membuat jurnal MOOC PPPK 2023?
    A: Tujuan dari membuat jurnal MOOC PPPK 2023 adalah untuk mengukur tingkat pemahaman, penerapan, dan evaluasi peserta terhadap materi-materi yang dipelajari dalam program MOOC PPPK 2023. Jurnal juga bisa menjadi bukti bahwa peserta telah mengikuti program MOOC PPPK 2023 dengan baik.
  • Q: Bagaimana cara mengupload jurnal MOOC PPPK 2023?
    A: Cara mengupload jurnal MOOC PPPK 2023 adalah sebagai berikut:
    • Simpan jurnal kalian dalam format PDF dengan nama file sesuai dengan format berikut: NIP_Nama_Judul Materi_Agenda.pdf. Contoh: 1234567890_Budi Santoso_Wawasan Kebangsaan_Agenda 1.pdf.
    • Buka laman swajar-pppkpintar.lan.go.id dan login dengan akun kalian.• Pilih menu Tugas pada bagian atas halaman.• Pilih agenda dan materi yang sesuai

    • Selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, lanjutkan dengan cara berikut:

    • Klik tombol Submit pada bagian bawah halaman.

    • Tunggu konfirmasi bahwa jurnal kalian telah berhasil diupload.

    • Ulangi langkah-langkah di atas untuk agenda dan materi lainnya yang ingin kalian buat jurnalnya.

    • Pastikan kalian mengupload jurnal kalian sebelum batas waktu yang ditentukan.

    • Selamat, kalian telah menyelesaikan tugas jurnal MOOC PPPK 2023!

Baca Juga  Program Kali Bersih (Prokasih): Menghidupkan Kembali Kebersihan Kali Bersama di SMPN 1 Pandaan

Sukses selalu menyertai kalian

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait