cara melakukan pengisian drh pppk guru

administrator November 26, 2023

Hai, Sahabat Warta Bangil. Apakah Anda seorang guru yang ingin mengikuti seleksi PPPK tahun 2023? Apakah Anda sudah mengetahui cara mengisi Data Riwayat Hidup (DRH) PPPK guru? Jika belum, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara mengisi DRH PPPK guru dengan mudah dan benar.

DRH PPPK guru adalah sebuah dokumen yang berisi data hasil seleksi PPPK guru yang harus diisi oleh setiap peserta yang lulus seleksi. DRH PPPK guru berfungsi sebagai bukti bahwa peserta telah memenuhi syarat dan kriteria untuk menjadi PPPK guru. DRH PPPK guru juga menjadi dasar untuk penentuan gaji, tunjangan, dan fasilitas PPPK guru.

Mengisi DRH PPPK guru adalah salah satu tahapan penting yang harus dilakukan oleh peserta yang lulus seleksi PPPK guru. Jika peserta tidak mengisi DRH PPPK guru dengan benar, maka peserta bisa gagal menjadi PPPK guru. Oleh karena itu, peserta harus mengisi DRH PPPK guru dengan teliti, cermat, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Saya sendiri adalah seorang guru yang telah mengikuti seleksi PPPK guru tahun 2023 dan berhasil lulus. Saya merasa senang dan bangga dengan pencapaian saya ini. Namun, saya juga merasa bingung dan khawatir ketika harus mengisi DRH PPPK guru. Saya tidak tahu apa saja yang harus saya isi, bagaimana cara mengisinya, dan apa saja yang harus saya persiapkan. Saya mencari informasi di internet, tetapi saya tidak menemukan sumber yang lengkap dan jelas. Saya merasa frustasi dan stres dengan situasi ini.

Namun, beruntunglah saya menemukan sebuah situs web yang sangat membantu saya dalam mengisi DRH PPPK guru. Situs web ini adalah [PPPK Guru], yang merupakan situs web resmi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang menyediakan informasi lengkap dan terbaru seputar PPPK guru. Di situs web ini, saya menemukan panduan lengkap dan detail tentang cara mengisi DRH PPPK guru, mulai dari persyaratan, langkah-langkah, hingga tips dan triknya. Saya mengikuti panduan ini dengan seksama dan berhasil mengisi DRH PPPK guru dengan lancar dan tanpa kendala.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga ingin mengisi DRH PPPK guru dengan mudah dan benar? Jika ya, maka Anda bisa mengikuti panduan yang saya dapatkan dari situs web PPPK Guru. Berikut adalah lima cara beserta linknya yang bisa Anda lakukan untuk mengisi DRH PPPK guru:

• Cara pertama: [Membuat akun di laman DRH PPPK guru]. Anda harus membuat akun di laman DRH PPPK guru dengan menggunakan nomor registrasi dan password yang Anda dapatkan saat mendaftar seleksi PPPK guru. Anda harus mengisi data pribadi, data pendidikan, dan data pengalaman kerja Anda di laman ini.

Baca Juga  cara membaca Lafal atau Bacaan Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir Arab

• Cara kedua: [Mengunggah dokumen persyaratan]. Anda harus mengunggah dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk mengisi DRH PPPK guru, seperti ijazah, sertifikat, SK, dan lain-lain. Anda harus memastikan bahwa dokumen yang Anda unggah sesuai dengan format, ukuran, dan kualitas yang ditentukan.

• Cara ketiga: [Memilih formasi dan wilayah kerja]. Anda harus memilih formasi dan wilayah kerja yang Anda inginkan untuk menjadi PPPK guru. Anda harus memperhatikan ketersediaan formasi dan wilayah kerja yang ada di laman DRH PPPK guru. Anda juga harus mempertimbangkan minat, kemampuan, dan kecocokan Anda dengan formasi dan wilayah kerja yang Anda pilih.

• Cara keempat: [Mengisi data hasil seleksi]. Anda harus mengisi data hasil seleksi yang Anda dapatkan dari seleksi PPPK guru, seperti nilai SKD, nilai SKB, dan nilai portofolio. Anda harus memasukkan data hasil seleksi dengan benar dan sesuai dengan bukti yang Anda miliki.

• Cara kelima: [Mencetak dan menandatangani DRH PPPK guru]. Anda harus mencetak dan menandatangani DRH PPPK guru yang telah Anda isi di laman DRH PPPK guru. Anda harus memastikan bahwa DRH PPPK guru yang Anda cetak dan tanda tangani tidak ada yang salah atau kurang. Anda harus menyimpan DRH PPPK guru yang telah Anda cetak dan tanda tangani sebagai arsip dan bukti.

Langkah-langkah Mengisi DRH PPPK Guru

1. Membuat akun di laman DRH PPPK guru

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun di laman DRH PPPK guru. Laman DRH PPPK guru adalah laman yang digunakan untuk mengisi DRH PPPK guru secara online. Anda bisa mengakses laman DRH PPPK guru di alamat [https://drh.pppk.kemdikbud.go.id/]. Anda harus membuat akun di laman ini dengan menggunakan nomor registrasi dan password yang Anda dapatkan saat mendaftar seleksi PPPK guru. Anda harus mengisi data pribadi, data pendidikan, dan data pengalaman kerja Anda di laman ini. Anda harus mengisi data dengan lengkap, benar, dan sesuai dengan dokumen yang Anda miliki.

2. Mengunggah dokumen persyaratan

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah mengunggah dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk mengisi DRH PPPK guru. Dokumen persyaratan yang harus Anda unggah adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Beasiswa Pendidikan Indonesia, Peluang Emas Untuk Guru Penggerak

• Ijazah terakhir yang dilegalisir

• Transkrip nilai terakhir yang dilegalisir

• Sertifikat pendidik yang dilegalisir

• SK pengangkatan pertama sebagai guru yang dilegalisir

• SK kenaikan pangkat terakhir yang dilegalisir

• SK mutasi terakhir yang dilegalisir (jika ada)

• SK penugasan sebagai guru yang dilegalisir (jika ada)

• Surat keterangan bebas narkoba yang dilegalisir

• Surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dilegalisir

• Surat pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI yang ditandatangani di atas materai

• Surat pernyataan tidak sedang menjalani hukuman disiplin yang ditandatangani di atas materai

• Surat pernyataan tidak sedang terlibat perkara pidana yang ditandatangani di atas materai

• Surat pernyataan tidak sedang menjadi anggota atau pengurus partai politik yang ditandatangani di atas materai

• Surat pernyataan tidak sedang menjadi calon legislatif, calon kepala daerah, atau calon wakil kepala daerah yang ditandatangani di atas materai

• Surat pernyataan tidak sedang menjadi PPPK atau PNS di instansi lain yang ditandatangani di atas materai

• Surat pernyataan tidak sedang mengikuti seleksi PPPK atau CPNS di instansi lain yang ditandatangani di atas materai

• Surat pernyataan tidak sedang mengikuti pendidikan formal yang ditandatangani di atas materai

• Surat pernyataan tidak sedang mengikuti beasiswa yang ditandatangani di atas materai

• Surat pernyataan tidak sedang mengikuti program studi lanjutan yang ditandatangani di atas materai

• Surat pernyataan tidak sedang mengikuti program sertifikasi guru yang ditandatangani di atas materai

• Surat pernyataan tidak sedang mengikuti program pengembangan profesi guru yang ditandatangani di atas materai

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah mencetak dan menandatangani DRH PPPK

mencetak dan menandatangani DRH PPPK guru yang telah Anda isi di laman DRH PPPK guru. Anda harus memastikan bahwa DRH PPPK guru yang Anda cetak dan tanda tangani tidak ada yang salah atau kurang. Anda harus menyimpan DRH PPPK guru yang telah Anda cetak dan tanda tangani sebagai arsip dan bukti.

Tanya Jawab Seputar Mengisi DRH PPPK Guru

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan seputar mengisi DRH PPPK guru:

Apakah saya bisa mengubah data yang sudah saya isi di laman DRH PPPK guru?

Ya, Anda bisa mengubah data yang sudah Anda isi di laman DRH PPPK guru selama masa pengisian DRH PPPK guru masih berlangsung. Anda bisa mengubah data dengan cara login ke laman DRH PPPK guru dengan menggunakan nomor registrasi dan password Anda. Kemudian, Anda bisa mengedit data yang ingin Anda ubah dan menyimpan perubahan tersebut. Anda juga bisa menghapus atau mengganti dokumen yang sudah Anda unggah jika diperlukan.

Baca Juga  Download Undangan tahlil yang bisa Anda edit dengan mudah di word, doc atau canva

Apakah saya harus mengirimkan DRH PPPK guru yang sudah saya cetak dan tanda tangani ke Kemendikbudristek?

Tidak, Anda tidak perlu mengirimkan DRH PPPK guru yang sudah Anda cetak dan tanda tangani ke Kemendikbudristek. Anda hanya perlu menyimpan DRH PPPK guru tersebut sebagai arsip dan bukti bahwa Anda telah mengisi DRH PPPK guru dengan benar. Anda juga harus membawa DRH PPPK guru tersebut saat mengikuti tahapan selanjutnya dari seleksi PPPK guru, seperti verifikasi data dan penandatanganan kontrak.

Apakah saya bisa melihat hasil pengisian DRH PPPK guru saya di laman DRH PPPK guru?

Ya, Anda bisa melihat hasil pengisian DRH PPPK guru Anda di laman DRH PPPK guru. Anda bisa melihat data yang telah Anda isi, dokumen yang telah Anda unggah, formasi dan wilayah kerja yang telah Anda pilih, dan data hasil seleksi yang telah Anda masukkan. Anda juga bisa mencetak ulang DRH PPPK guru Anda jika diperlukan.

Kesimpulan

Mengisi DRH PPPK guru adalah salah satu tahapan penting yang harus dilakukan oleh peserta yang lulus seleksi PPPK guru. DRH PPPK guru adalah dokumen yang berisi data hasil seleksi PPPK guru yang berfungsi sebagai bukti bahwa peserta telah memenuhi syarat dan kriteria untuk menjadi PPPK guru. DRH PPPK guru juga menjadi dasar untuk penentuan gaji, tunjangan, dan fasilitas PPPK guru. Oleh karena itu, peserta harus mengisi DRH PPPK guru dengan teliti, cermat, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk mengisi DRH PPPK guru, peserta harus mengikuti lima cara yang sudah saya jelaskan di atas, yaitu membuat akun di laman DRH PPPK guru, mengunggah dokumen persyaratan, memilih formasi dan wilayah kerja, mengisi data hasil seleksi, dan mencetak dan menandatangani DRH PPPK guru. Peserta juga harus memperhatikan beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan seputar mengisi DRH PPPK guru, seperti apakah bisa mengubah data, apakah harus mengirimkan DRH PPPK guru, dan apakah bisa melihat hasil pengisian DRH PPPK guru.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang cara mengisi DRH PPPK guru dengan mudah dan benar. Saya berharap artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menjadi PPPK guru. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait