cara membaca Lafal atau Bacaan Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir Arab

administrator Agustus 7, 2023

Hai, Sahabat Warta Bangil! Apakah kamu pernah mendengar atau mengucapkan kalimat barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir? Apakah kamu tahu apa arti dan makna kalimat ini? Apakah kamu tahu kapan dan bagaimana cara mengucapkan kalimat ini?

Jika kamu penasaran dengan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, maka kamu berada di tempat yang tepat. Di artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir arab. Ya, kamu tidak salah baca. Kami akan menjelaskan arti, makna, kapan, dan bagaimana cara mengucapkan kalimat ini dalam bahasa arab.

Barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir arab adalah salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat Islam. Doa ini biasanya diucapkan kepada pasangan pengantin baru yang baru saja menikah. Doa ini berisikan permohonan agar Allah SWT memberikan berkah, rahmat, dan kebaikan kepada pasangan pengantin baru tersebut.

Doa ini sangat penting dan bermanfaat bagi pasangan pengantin baru karena pernikahan adalah salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW yang sangat mulia dan agung. Pernikahan adalah awal dari pembentukan keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Pernikahan juga adalah sarana untuk menjaga kehormatan dan kesucian diri dari perbuatan dosa dan maksiat.

Namun, sebelum kami memberikan informasi lebih lanjut tentang barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir arab, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Pertama, kamu harus mengetahui lafal atau bacaan doa ini dalam bahasa arab. Kedua, kamu harus mengetahui arti atau terjemahan doa ini dalam bahasa Indonesia. Ketiga, kamu harus mengetahui makna atau penjelasan doa ini secara mendalam.

Jika kamu sudah siap untuk mengetahui hal-hal di atas, berikut adalah informasi tentang barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir arab yang bisa kamu simak:

Lafal atau Bacaan Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir Arab

Lafal atau bacaan barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir arab adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Sesi Refleksi Eksplorasi Konsep _Pembekalan CPP Alternatif Jawaban

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Berikut adalah tulisan latin dari lafal atau bacaan doa tersebut:

Baarokallohu laka wabaarokoa ‘alaika wajama’a bainakumaa fii khoir

Arti atau Terjemahan Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir Arab

Arti atau terjemahan barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir arab adalah sebagai berikut:

“Semoga Allah memberkahi engkau, dan memberkahi atasmu, dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Makna atau Penjelasan Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir Arab

Makna atau penjelasan barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir arab adalah sebagai berikut:

  • “Semoga Allah memberkahi engkau” berarti semoga Allah SWT memberikan kebaikan, kesejahteraan, dan kemuliaan kepada pengantin laki-laki. Kebaikan bisa berupa rezeki, kesehatan, ilmu, atau amal. Kesejahteraan bisa berupa ketenangan, kebahagiaan, atau keselamatan. Kemuliaan bisa berupa kehormatan, ketaatan, atau kecintaan.
  • “Dan memberkahi atasmu” berarti semoga Allah SWT memberikan kebaikan, kesejahteraan, dan kemuliaan kepada pengantin perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa pengantin perempuan adalah bagian dari pengantin laki-laki yang harus dihormati, dicintai, dan dibahagiakan.
  • “Dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan” berarti semoga Allah SWT menjadikan pernikahan kalian sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya dan melakukan hal-hal yang baik. Kebaikan bisa berupa ibadah, dakwah, atau sedekah. Hal ini menunjukkan bahwa pernikahan kalian bukan hanya untuk memenuhi hawa nafsu atau kebutuhan dunia, tetapi juga untuk mencari ridha Allah SWT dan akhirat.

3 Cara Mengucapkan Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir Arab

Berikut adalah 3 cara mengucapkan barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir arab yang bisa kamu coba:

  1. Cara mengucapkan barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir arab dengan menghafal lafal atau bacaannya:
    •  Pelajari lafal atau bacaan doa ini dengan baik dan benar.
    
    •  Ulangi lafal atau bacaan doa ini beberapa kali sampai kamu hafal dan lancar.
    
    •  Ucapkan lafal atau bacaan doa ini dengan suara yang jelas dan lantang saat bertemu dengan pasangan pengantin baru.
    
    •  Ucapkan lafal atau bacaan doa ini dengan penuh rasa hormat dan ikhlas kepada pasangan pengantin baru.
    
    
  2. Cara mengucapkan barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir arab dengan memahami arti atau terjemahannya:
    •  Pahami arti atau terjemahan doa ini dengan baik dan benar.
    
    •  Renungkan makna atau penjelasan doa ini dengan baik dan benar.
    
    •  Ucapkan arti atau terjemahan doa ini dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar saat bertemu dengan pasangan pengantin baru.
    
    •  Ucapkan arti atau terjemahan doa ini dengan penuh rasa hormat dan ikhlas kepada pasangan pengantin baru.
    
    
  3. Cara mengucapkan barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir arab dengan menulisnya di kartu ucapan:
    •  Siapkan kartu ucapan yang cantik dan menarik.
    
    •  Tulis lafal atau bacaan doa ini dengan huruf arab yang baik dan benar di kartu ucapan.
    
    •  Tulis juga arti atau terjemahan doa ini dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar di kartu ucapan.
    
    •  Berikan kartu ucapan tersebut kepada pasangan pengantin baru sebagai tanda ucapan selamat dan doa.
    
    

Tanya Jawab Terkait Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir Arab

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang yang ingin mencoba mengucapkan barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir arab, beserta jawabannya:

Apakah boleh mengucapkan doa ini dalam bahasa selain arab?
Jawabannya adalah ya, boleh mengucapkan doa ini dalam bahasa selain arab, asalkan kamu mengerti makna dan tujuan doa ini. Bahasa arab adalah bahasa yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya, sehingga memiliki keutamaan dan keindahan tersendiri. Namun, bukan berarti bahasa lain tidak bisa digunakan untuk berdoa kepada Allah SWT. Allah SWT Maha Mendengar dan Maha Mengetahui apa yang ada di hati dan pikiran hamba-Nya, baik dalam bahasa arab maupun bahasa lain. Yang penting adalah niat, kesungguhan, dan keikhlasan kamu dalam berdoa

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait