Cara menentukan arah kiblat online dengan google maps

administrator Juni 13, 2023

Salat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang telah baligh dan berakal. Salat harus dilakukan dengan menghadap ke arah kiblat, yaitu arah yang paling dekat dengan Ka’bah di Mekkah. Namun, bagaimana jika kita tidak tahu arah kiblat di tempat yang kita berada? Apakah ada cara menentukan arah kiblat online dengan google maps?

Tentu saja ada. Google Maps adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu kita untuk menemukan arah kiblat secara online tanpa aplikasi lain. Google Maps adalah aplikasi peta digital yang dapat menampilkan lokasi dan arah di seluruh dunia. Dengan menggunakan Google Maps, kita dapat mengetahui arah kiblat dengan mudah dan cepat.

Cara menentukan arah kiblat online dengan google maps memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Tidak perlu mengunduh atau memasang aplikasi khusus untuk menentukan arah kiblat.
  • Tidak perlu membawa kompas atau alat penunjuk arah lainnya.
  • Tidak perlu khawatir tentang pergeseran arah kiblat yang terjadi pada tanggal tertentu.
  • Tidak perlu khawatir tentang akurasi arah kiblat yang dipengaruhi oleh gangguan magnetik atau benda logam.
  • Tidak perlu khawatir tentang zona waktu atau lokasi yang berbeda-beda.

Cara menentukan arah kiblat online dengan google maps dapat membantu kita untuk melaksanakan salat dengan tepat dan khusyuk. Kita tidak perlu bingung lagi tentang arah kiblat yang benar atau tidak. Kita juga tidak perlu repot-repot mencari petunjuk arah kiblat di tempat yang kita berada.

Langkah-langkah Cara Menentukan Arah Kiblat Online dengan Google Maps

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengetahui cara menentukan arah kiblat online dengan google maps:

  1. Buka aplikasi Google Maps di ponsel atau perangkat lain yang kamu gunakan.
  2. Ketik “Ka’bah, Mekkah, Arab Saudi” di kolom pencarian, lalu tekan Enter.
  3. Pilih Ka’bah, Mekkah, Arab Saudi dari hasil pencarian.
  4. Ubah tampilan peta Google Maps menjadi mode Satelit dengan cara klik ikon kotak dengan tulisan Satelit di kiri bawah.
  5. Klik kanan persis di atas Ka’bah (bukan di Masjidil Haram), pilih opsi Ukur Jarak.
  6. Cari posisi yang akan ditentukan arah kiblatnya. Untuk mengetahui posisi saat ini, kamu bisa klik ikon lokasi di kanan bawah.
  7. Pastikan lokasi sudah tepat dengan tempat kamu berada saat ini.
  8. Google Maps akan segera menampilkan garis arah kiblat dari Ka’bah ke posisi kamu saat ini. Garis tersebut akan menunjukkan sudut derajat dari utara ke arah kiblat.
  9. Arahkan ponsel atau perangkat lain yang kamu gunakan sesuai dengan garis arah kiblat tersebut. Kamu bisa menggunakan jarum kompas yang ada di kanan atas untuk membantu kamu mengatur arah.
  10. Ketika arahmu sudah tepat, maka kamu sudah berhasil menemukan arah kiblat dengan menggunakan Google Maps.
Baca Juga  tips dan trik tentang cara edit foto siang jadi malam di android dengan canva

Alternatif Cara Menentukan Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi

Selain Google Maps, ada beberapa situs web lain yang juga menyediakan fitur pencarian arah kiblat online tanpa aplikasi, antara lain:

  • Qibla Finder: Situs web ini menyediakan fitur pencarian arah kiblat online dengan menggunakan teknologi augmented reality. Kamu bisa mengunjungi situs web ini dengan alamat https://qiblafinder.withgoogle.com dan mengizinkan situs web ini untuk menggunakan kamera dan lokasi ponsel atau perangkat lain yang kamu gunakan. Kemudian, kamu bisa melihat arah kiblat dengan menggunakan tanda panah khayal yang ada di layar ponsel atau perangkat lain yang kamu gunakan.
  • IslamicFinder: Situs web ini menyediakan fitur pencarian arah kiblat online dengan menggunakan Google Maps. Kamu bisa mengunjungi situs web ini dengan alamat https://www.islamicfinder.org/world/indonesia/1642911/jakarta/qibla-direction/ dan memasukkan nama kota atau lokasi yang kamu inginkan. Kemudian, kamu bisa melihat arah kiblat dengan menggunakan tanda panah merah yang ada di peta.
  • HalalTrip: Situs web ini menyediakan fitur pencarian arah kiblat online dengan menggunakan teknologi augmented reality. Kamu bisa mengunjungi situs web ini dengan alamat https://www.halaltrip.com/prayertimes/qibla-direction-finder/ dan mengizinkan situs web ini untuk menggunakan kamera dan lokasi ponsel atau perangkat lain yang kamu gunakan. Kemudian, kamu bisa melihat arah kiblat dengan menggunakan tanda panah hijau yang ada di layar ponsel atau perangkat lain yang kamu gunakan.

Tanya Jawab Terkait Cara Menentukan Arah Kiblat Online dengan Google Maps

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan dan jawaban terkait cara menentukan arah kiblat online dengan google maps:

Apakah cara menentukan arah kiblat online dengan google maps akurat?

Cara menentukan arah kiblat online dengan google maps dapat dikatakan akurat asalkan ponsel atau perangkat lain yang kamu gunakan memiliki sensor yang baik dan terhubung dengan internet yang stabil. Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa kamu memberikan izin akses kepada Google Maps untuk menggunakan lokasi ponsel atau perangkat lain yang kamu gunakan.

Baca Juga  Cara Mengatasi Masalah ads.txt Earning at Risk Pada Blog Custom Domain 2018 Dijamin Work 100%

Apakah cara menentukan arah kiblat online dengan google maps bisa digunakan di luar negeri?

Cara menentukan arah kiblat online dengan google maps bisa digunakan di luar negeri asalkan ponsel atau perangkat lain yang kamu gunakan terhubung dengan internet dan memiliki sinyal GPS yang baik. Kamu juga perlu memastikan bahwa Google Maps mendukung bahasa dan zona waktu negara yang kamu kunjungi.

Apakah cara menentukan arah kiblat online dengan google maps bisa digunakan di dalam ruangan?

Cara menentukan arah kiblat online dengan google maps bisa digunakan di dalam ruangan asalkan ponsel atau perangkat lain yang kamu gunakan memiliki sensor yang baik dan terhubung dengan internet yang stabil. Kamu juga perlu memastikan bahwa tidak ada gangguan magnetik atau benda-benda logam di sekitar ponsel atau perangkat lain yang kamu gunakan.

Kesimpulan Terkait Cara Menentukan Arah Kiblat Online dengan Google Maps

Cara menentukan arah kiblat online dengan google maps adalah salah satu cara praktis untuk menemukan arah kiblat di mana saja dan kapan saja. Kamu tidak perlu mengunduh atau memasang aplikasi khusus untuk menentukan arah kiblat. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Google Maps dan mengikuti langkah-langkahnya.

Cara menentukan arah kiblat online dengan google maps memiliki beberapa keuntungan, seperti tidak memerlukan kompas, biaya, pembaruan, atau pengaturan tambahan. Cara menentukan arah kiblat online dengan google maps juga dapat membantu kamu untuk melaksanakan salat dengan tepat dan khusyuk.

Cara menentukan arah kiblat online dengan google maps dapat dikatakan akurat asalkan ponsel atau perangkat lain yang kamu gunakan memiliki sensor yang baik dan terhubung dengan internet yang stabil. Kamu juga perlu memberikan izin akses kepada Google Maps untuk menggunakan lokasi ponsel atau perangkat lain yang kamu gunakan.

Baca Juga  cara menutup akun fb sementara dan permanen melalui hp

Demikianlah artikel blog tentang cara menentukan arah kiblat online dengan google maps . Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk menemukan arah kiblat dengan mudah dan cepat. Jika kamu memiliki pertanyaan atau saran terkait cara menentukan arah kiblat online dengan google maps, silakan Ikuti Warta Bangil. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait