Cara membuat surat untuk kakak osis mpls yang baik dan benar

administrator Juli 13, 2023

Hai, Sahabat Warta Bangil! Apakah kamu seorang siswa baru yang akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolahmu? Jika iya, maka kamu pasti perlu menyiapkan beberapa hal, salah satunya adalah surat untuk kakak osis mpls. Surat ini adalah salah satu syarat yang harus kamu penuhi sebelum mengikuti MPLS. Surat ini berisi perkenalan diri, motivasi, dan harapan kamu terhadap MPLS.

Namun, bagaimana sih cara membuat surat untuk kakak osis mpls yang baik dan benar? Apa saja yang harus kamu tulis di dalamnya? Bagaimana format dan strukturnya? Apa saja tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk membuat surat ini? Jangan khawatir, karena di artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat surat untuk kakak osis mpls yang menarik dan memikat hati kakak osis. Simak terus ya!

Surat untuk kakak osis mpls adalah surat yang ditujukan kepada senior atau kakak kelas yang menjadi panitia atau pembina MPLS. Surat ini bertujuan untuk memperkenalkan diri, menunjukkan minat dan antusiasme, serta menyampaikan harapan dan tujuan kamu terhadap MPLS. Surat ini juga bisa menjadi media untuk menunjukkan kepribadian, bakat, dan potensi kamu sebagai siswa baru.

Surat untuk kakak osis mpls sangat penting karena bisa menjadi penilaian awal bagi kakak osis tentang kamu. Surat ini juga bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk menarik perhatian dan simpati kakak osis. Surat ini juga bisa menjadi sarana untuk mengenal lebih dekat dengan kakak osis dan teman-teman seangkatan kamu. Oleh karena itu, kamu harus membuat surat ini dengan sebaik-baiknya.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat surat untuk kakak osis mpls, antara lain:

  • Pilihlah media yang sesuai. Kamu bisa membuat surat ini dengan menggunakan kertas, komputer, atau handphone. Sesuaikan dengan ketentuan yang diberikan oleh sekolah atau panitia MPLS. Pastikan media yang kamu gunakan mudah dibaca dan tidak rusak.
  • Gunakan bahasa yang sopan, santun, dan sesuai EYD. Kamu harus menghormati kakak osis sebagai penerima suratmu. Gunakan kata-kata yang baik dan tidak menyinggung. Perhatikan juga tata bahasa, ejaan, dan tanda baca yang benar.
  • Tulislah identitas diri dengan lengkap. Kamu harus mencantumkan nama lengkap, kelas, nomor absen, asal sekolah, alamat, nomor telepon, dan email (jika ada). Jangan lupa juga untuk menulis nama sekolahmu dan tanggal pembuatan surat.
  • Buatlah salam pembuka yang hangat. Kamu bisa menggunakan kata-kata seperti “Assalamualaikum wr. wb.”, “Salam sejahtera”, “Halo”, atau “Hai”. Sertakan juga nama panggilan atau julukan kakak osis yang kamu tuju. Misalnya, “Hai Kak Rani” atau “Halo Kak Andi”.
  • Perkenalkan diri dengan singkat dan menarik. Kamu bisa menulis tentang latar belakang, hobi, cita-cita, prestasi, atau hal-hal unik tentang dirimu. Jangan terlalu panjang atau membosankan. Cukup 3-5 kalimat saja.
  • Tulislah motivasi dan harapan kamu terhadap MPLS. Kamu bisa menulis tentang alasan kamu mengikuti MPLS, apa yang kamu harapkan dari MPLS, apa yang kamu ingin pelajari dari MPLS, atau apa yang kamu ingin berikan kepada MPLS. Jangan terlalu umum atau klise. Buatlah spesifik dan personal.
  • Buatlah penutup yang sopan dan ramah. Kamu bisa menggunakan kata-kata seperti “Terima kasih”, “Sekian”, “Wassalamualaikum wr. wb.”, atau “Salam hangat”. Sertakan juga nama lengkap dan tanda tangan kamu.

Langkah-langkah Membuat Surat untuk Kakak Osis MPLS

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti dalam membuat surat untuk kakak osis mpls:

  1. Pilih media yang sesuai dan siapkan alat tulis yang dibutuhkan.
  2. Tulis identitas diri, nama sekolah, dan tanggal pembuatan surat di bagian atas kertas atau dokumen.
  3. Tulis salam pembuka dan nama panggilan kakak osis di bagian awal surat.
  4. Perkenalkan diri dengan singkat dan menarik di paragraf pertama.
  5. Tulis motivasi dan harapan kamu terhadap MPLS di paragraf kedua.
  6. Tulis penutup yang sopan dan ramah di bagian akhir surat.
  7. Tambahkan nama lengkap dan tanda tangan di bawah penutup.
  8. Periksa kembali suratmu dan pastikan tidak ada kesalahan atau kekurangan.
  9. Kirimkan suratmu sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh sekolah atau panitia MPLS.
Baca Juga  Perbedaan desentralisasi vertikal dan horizontal beserta Contoh dan penjelasannya

Tanya Jawab Terkait Surat untuk Kakak Osis MPLS

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait surat untuk kakak osis mpls beserta jawabannya:

Apakah boleh menulis surat untuk kakak osis mpls dengan bahasa daerah atau bahasa asing?

Jawab: Tidak boleh. Kamu harus menulis surat untuk kakak osis mpls dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini karena bahasa Indonesia adalah bahasa resmi dan nasional yang dipahami oleh semua orang di Indonesia. Jika kamu menggunakan bahasa daerah atau bahasa asing, maka kakak osis mungkin tidak mengerti maksud dan isi suratmu. Hal ini bisa berdampak negatif pada penilaian kakak osis terhadapmu.

Apakah boleh menulis surat untuk kakak osis mpls dengan gaya tulisan yang bebas atau kreatif?

Jawab: Boleh, asalkan tidak melanggar kaidah EYD dan tidak menyimpang dari tujuan surat. Kamu bisa menulis surat untuk kakak osis mpls dengan gaya tulisan yang sesuai dengan kepribadian, minat, atau bakatmu. Misalnya, kamu bisa menulis dengan gaya humoris, romantis, inspiratif, atau informatif. Kamu juga bisa menambahkan unsur-unsur kreatif seperti kutipan, puisi, lagu, gambar, atau emoji. Namun, jangan berlebihan atau tidak relevan. Pastikan gaya tulisanmu tetap sopan, santun, dan sesuai dengan konteks MPLS.

Apakah boleh menulis surat untuk kakak osis mpls dengan panjang lebih dari satu halaman?

Jawab: Tidak boleh. Kamu harus menulis surat untuk kakak osis mpls dengan panjang maksimal satu halaman saja. Hal ini karena surat ini bukanlah sebuah esai, laporan, atau makalah yang membutuhkan banyak penjelasan atau detail. Surat ini hanya berisi perkenalan diri, motivasi, dan harapan kamu terhadap MPLS. Jika kamu menulis terlalu panjang, maka kakak osis mungkin akan bosan atau malas membaca suratmu. Hal ini bisa mengurangi kesan positif yang ingin kamu bangun melalui suratmu.

Baca Juga  cara membuat kuesioner di google form lewat hp android dan iphone

Kesimpulan Terkait Surat untuk Kakak Osis MPLS

Surat untuk kakak osis mpls adalah surat yang ditujukan kepada senior atau kakak kelas yang menjadi panitia atau pembina MPLS. Surat ini bertujuan untuk memperkenalkan diri, menunjukkan minat dan antusiasme, serta menyampaikan harapan dan tujuan kamu terhadap MPLS. Surat ini juga bisa menjadi media untuk menunjukkan kepribadian, bakat, dan potensi kamu sebagai siswa baru.

Dalam membuat surat untuk kakak osis mpls, kamu harus memperhatikan beberapa hal, antara lain: media, bahasa, identitas diri, salam pembuka, perkenalan diri, motivasi dan harapan, penutup, nama lengkap dan tanda tangan. Kamu juga harus mengikuti langkah-langkah yang sudah kami jelaskan di atas. Kamu juga bisa melihat beberapa contoh surat untuk kakak osis mpls di internet atau di buku-buku panduan MPLS.

Demikianlah artikel kami tentang cara membuat surat untuk kakak osis mpls. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam menyiapkan suratmu. Jangan lupa untuk selalu bersemangat dan berusaha yang terbaik dalam mengikuti MPLS. Selamat berjuang dan sukses ya!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait