tata cara sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar beserta niat

administrator Juni 25, 2023

Sholat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim lima kali sehari. Namun, terkadang ada situasi dan kondisi yang membuat kita tidak bisa melaksanakan sholat pada waktu yang ditentukan, seperti saat bepergian jauh atau sakit. Untuk itu, Allah SWT memberikan keringanan kepada umat-Nya untuk menjamak dan mengqashar sholat.

Jamak artinya menggabungkan dua waktu sholat dalam satu waktu, misalnya sholat dzuhur dan ashar di waktu dzuhur atau di waktu ashar. Qashar artinya memendekkan sholat empat rakaat menjadi dua rakaat, misalnya sholat dzuhur dan ashar menjadi dua rakaat saja. Jamak dan qashar biasanya dilakukan bersamaan oleh orang yang sedang bepergian atau musafir.

Namun, tidak semua orang tahu bagaimana tata cara sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar yang benar. Padahal, sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar adalah salah satu jenis sholat jamak yang paling sering dilakukan oleh musafir. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap dan mudah tentang tata cara sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar beserta syarat dan niatnya.

Tata Cara Sholat Jamak Taqdim Dzuhur dan Ashar

Tata cara sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar adalah sebagai berikut:

  1. Bersuci dari hadas besar atau kecil. Sebelum melakukan sholat, kita harus membersihkan diri dari hadas besar atau kecil dengan cara berwudhu atau mandi junub. Pastikan anggota wudhu atau mandi junub kita bersih dan suci dari najis.
  2. Mengumandangkan azan dan iqamah. Setelah bersuci, kita harus mengumandangkan azan dan iqamah untuk menandakan masuknya waktu sholat. Azan dan iqamah bisa dilakukan sendiri atau bersama-sama dengan orang lain. Jika tidak ada orang lain, cukup mengumandangkan iqamah saja.
  3. Berniat sholat jamak taqdim dzuhur. Setelah iqamah, kita harus berniat sholat jamak taqdim dzuhur dengan mengucapkan dalam hati: Ushollii fardlozh zhuhri arba’a raka’aatin majmuu’an ma’al ashri adaa-an lillaahi ta’aalaa. Artinya: Aku sengaja sholat fardu dzuhur 4 rakaat yang dijamak dengan ashar, fardu karena Allah Ta’aala.
  4. Melaksanakan sholat dzuhur empat rakaat. Setelah berniat, kita harus melaksanakan sholat dzuhur empat rakaat seperti biasa dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya pada setiap rakaat. Pada rakaat kedua dan keempat, kita harus duduk tasyahud akhir dengan membaca doa tasyahud akhir.
  5. Mengucapkan salam dua kali. Setelah sholat dzuhur selesai, kita harus mengucapkan salam dua kali dengan menghadap kanan dan kiri. Dengan demikian, sholat dzuhur kita telah selesai.
  6. Mengumandangkan iqamah lagi. Setelah sholat dzuhur selesai, kita harus mengumandangkan iqamah lagi untuk menandakan masuknya sholat ashar. Iqamah bisa dilakukan sendiri atau bersama-sama dengan orang lain.
  7. Berniat sholat jamak taqdim ashar. Setelah iqamah, kita harus berniat sholat jamak taqdim ashar dengan mengucapkan dalam hati: Ushollii fardlozh ashri arba’a raka’aatin majmuu’an ma’al dzuhri adaa-an lillaahi ta’aalaa. Artinya: Aku berniat sholat ashar 4 rakaat dijama’ dengan dzuhur, fardhu karena Allah Ta’aala.
  8. Melaksanakan sholat ashar empat rakaat. Setelah berniat, kita harus melaksanakan sholat ashar empat rakaat seperti biasa dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya pada setiap rakaat. Pada rakaat kedua dan keempat, kita harus duduk tasyahud akhir dengan membaca doa tasyahud akhir.
  9. Mengucapkan salam dua kali. Setelah sholat ashar selesai, kita harus mengucapkan salam dua kali dengan menghadap kanan dan kiri. Dengan demikian, sholat ashar kita telah selesai dan juga sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar kita telah selesai.
Baca Juga  Cara perkembangbiakan hewan untuk menjaga kelestarian spesiesnya

Alternatif Sholat Jamak Taqdim Dzuhur dan Ashar

Selain sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar, ada juga alternatif cara lain yang bisa dilakukan oleh musafir untuk meringankan kewajiban sholatnya. Alternatif cara tersebut adalah:

  • Sholat jamak taqdim maghrib dan isya. Sholat jamak taqdim maghrib dan isya adalah cara menggabungkan sholat maghrib dan isya di waktu maghrib. Caranya hampir sama dengan sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar, hanya saja niatnya berbeda. Niat sholat jamak taqdim maghrib adalah: Ushollii fardlozh maghribi tsalaatsa raka’aatin majmuu’an ma’al isyaa’i adaa-an lillaahi ta’aalaa. Artinya: Aku sengaja sholat fardu maghrib 3 rakaat yang dijamak dengan isya, fardu karena Allah Ta’aala. Niat sholat jamak taqdim isya adalah: Ushollii fardlozh isyaa’i arba’a raka’aatin majmuu’an ma’al maghribi adaa-an lillaahi ta’aalaa. Artinya: Aku berniat sholat isya 4 rakaat dijama’ dengan maghrib, fardhu karena Allah Ta’aala.
  • Sholat jamak takhir dzuhur dan ashar. Sholat jamak takhir dzuhur dan ashar adalah cara menggabungkan sholat dzuhur dan ashar di waktu ashar. Caranya hampir sama dengan sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar, hanya saja niatnya berbeda. Niat sholat jamak takhir dzuhur adalah: Ushollii fardlozh zhuhri arba’a raka’aatin majmuu’an ma’al ashri qodha-an lillaahi ta’aalaa. Artinya: Aku sengaja sholat fardu dzuhur 4 rakaat yang dijamak dengan ashar, fardu karena Allah Ta’aala. Niat sholat jamak takhir ashar adalah: Ushollii fardlozh ashri arba’a raka’aatin majmuu’an ma’al dzuhri adaa-an lillaahi ta’aalaa. Artinya: Aku berniat sholat ashar 4 rakaat dijama’ dengan dzuhur, fardhu karena Allah Ta’aala.
  • Sholat jamak takhir maghrib dan isya. Sholat jamak takhir maghrib dan isya adalah cara menggabungkan sholat maghrib dan isya di waktu isya. Caranya hampir sama dengan sholat jamak taqdim maghrib dan isya, hanya saja niatnya berbeda. Niat sholat jamak takhir maghrib adalah: Ushollii fardlozh maghribi tsalaatsa raka’aatin majmuu’an ma’al isyaa’i qodha-an lillaahi ta’aalaa. Artinya: Aku sengaja sholat fardu maghrib 3 rakaat yang dijamak dengan isya, fardu karena Allah Ta’aala. Niat sholat jamak takhir isya adalah: Ushollii fardlozh isyaa’i arba’a raka’aatin majmuu’an ma’al maghribi adaa-an lillaahi ta’aalaa. Artinya: Aku berniat sholat isya 4 rakaat dijama’ dengan maghrib, fardhu karena Allah Ta’aala.
Baca Juga  apa itu meja yang digunakan untuk membuat patung dan dapat digerakkan dengan cara diputar disebut?

Tanya Jawab Seputar Sholat Jamak Taqdim Dzuhur dan Ashar

Setelah membaca artikel ini, Anda mungkin masih memiliki beberapa pertanyaan seputar sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh para pembaca dan jawabannya:

  1. Apakah sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar boleh dilakukan oleh orang yang tidak musafir?
    Jawab: Sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar tidak boleh dilakukan oleh orang yang tidak musafir, kecuali ada udzur syar’i yang menghalangi untuk melaksanakan sholat pada waktu yang ditentukan, seperti sakit, hujan lebat, atau khawatir diserang musuh.
  2. Apakah sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar harus dilakukan secara berjamaah?
    Jawab: Sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar tidak harus dilakukan secara berjamaah, tetapi lebih utama jika dilakukan secara berjamaah. Jika tidak ada orang lain yang bisa diajak berjamaah, maka boleh melakukan sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar secara sendirian.
  3. Apakah sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar harus dilakukan di tempat yang sama?
    Jawab: Sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar tidak harus dilakukan di tempat yang sama, tetapi lebih utama jika dilakukan di tempat yang sama. Jika ada keperluan untuk pindah tempat antara sholat dzuhur dan ashar, maka boleh melakukan sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar di tempat yang berbeda.

Kesimpulan

Sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar adalah cara menggabungkan sholat dzuhur dan ashar di waktu dzuhur dengan niat khusus. Sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar adalah salah satu keringanan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat-Nya yang sedang bepergian atau musafir. Sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar memiliki syarat dan tata cara yang harus dipenuhi agar sah dan diterima oleh Allah SWT.

Baca Juga  cara menggunakan classpoint untuk pembelajaran interaktif

Di artikel ini, Warta Bangil telah menjelaskan secara lengkap dan mudah tentang tata cara sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar beserta syarat dan niatnya. Kami juga telah memberikan alternatif cara lain yang bisa dilakukan oleh musafir untuk meringankan kewajiban sholatnya. Kami juga telah memberikan tanya jawab seputar sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar dengan mudah dan benar.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait