Dibuka Pendaftaran Beasiswa Catatan Pena, Tips Lolos Beasiswa

administrator Juni 7, 2023

Wartabangil.com | Beasiswa Catatan Pena adalah program beasiswa yang ditawarkan kepada para siswa yang memiliki minat dan bakat di bidang menulis. Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung pengembangan kemampuan menulis dan literasi di kalangan anak muda.

Beasiswa ini diselenggarakan oleh sebuah yayasan yang berkomitmen untuk mendorong dan mempromosikan budaya literasi di masyarakat. Yayasan ini menyadari pentingnya kemampuan menulis sebagai alat komunikasi yang efektif dan sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan, pemikiran, dan cerita kepada orang lain.

Untuk dapat mengikuti program Beasiswa Catatan Pena, para siswa harus memenuhi beberapa persyaratan. Pertama, mereka harus aktif sebagai siswa di sebuah sekolah atau perguruan tinggi. Kedua, mereka harus memiliki minat dan bakat di bidang menulis, seperti menulis cerita fiksi, puisi, artikel, atau esai. Ketiga, mereka harus memiliki motivasi yang kuat untuk mengembangkan kemampuan menulis mereka.

Tujuan Beasiswa Pendidikan Indonesia Catatan Pena X Ruang Edukasi 2023 untuk membantu pelajar yang ada di Indonesia yang memiliki cita-cita tetapi terhalang oleh dana pendidikan agar siswa, mahasiswa serta gap year dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi dan meningkatkan peluang kerja dimasa depan.

Beasiswa Pendidikan Indonesia Catatan Pena X Ruang Edukasi 2023 membuka 2 kategori  yaitu

Kategori Beasiswa Prestasi

Kategori Beasiswa Sosial (Kurang Mampu)

Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia
  • Siswa/Siswi SMA/SMK/Sederajat, Mahasiswa aktif D1-S2 dan Gapyear
  • Melampirkan transkrip nilai
  • Melampirkan surat keterangan tidak mampu untuk kategori beaiswa sosial
  • Melampirkan sertifikat prestasi akademik atau non akademik
  • Benefit yang didapatkan pada Beasiswa Pendidikan Indonesia Catatan Pena X Ruang Edikasi 2023
Baca Juga  kalkulator kesehatan mental link google form melalui aplikasi kemenkes

Biaya Pendidikan

Beasiswa Sosial

  1. Pelajar Rp 500.000,-/Semester
  2. Mahasiswa Rp. 750.000,-/Semester

Beasiswa Prestasi

  1. Pelajar Rp 500.000,-/Semester
  2. Mahasiswa Rp. 750.000,-/Semester
  3. Mengikuti Webinar Eksklusif Senilai Rp. 2.000.000/ orang berjudul How to Get a Full Scholarship dari ruang edukasi
  4. Mendapatkan Sertifikat Scholarship
  5. Mendapatkan Merchandise Eksklusif

 

Tahapan Seleksi Beasiswa Pendidikan Indonesia Catatan Pena X 

Proses seleksi penerima beasiswa dilakukan melalui tahap-tahap yang ketat. Para calon siswa akan diminta untuk mengirimkan contoh tulisan mereka kepada panitia seleksi. Tulisan-tulisan ini akan dinilai berdasarkan kualitas, kreativitas, dan potensi pengembangan. Selain itu, para calon siswa juga akan mengikuti wawancara sebagai bagian dari proses seleksi.

Setelah melalui proses seleksi, para penerima beasiswa akan mendapatkan manfaat yang beragam. Mereka akan mendapatkan bimbingan dan pembinaan dari para penulis profesional yang berpengalaman. Mereka juga akan mendapatkan kesempatan untuk mempublikasikan karya-karya mereka dalam bentuk buku, majalah, atau media online. Selain itu, para penerima beasiswa juga akan diajak untuk mengikuti berbagai workshop menulis, seminar, dan kegiatan literasi lainnya.

  • Tanggal 10 April – 12 Juli 2023 Pendaftaran dimulai www.catatanpena.org
  • Tanggal 10 April – 12 Juli 2023 Membagikan poster beasiswa sesuai dengan syarat yang berlaku
  • Tanggal 10 April – 12 Juli 2023 Pengisian Essay dengan menulis jawaban terbaik dari pertanyaan yang ada dengan mengikuti ketentuan-ketentuan
  • Tanggal 21 Juli 2023 Pengumuman seleksi essay  berlanjut ke tahap pengisan berkas administrasi
  • Tanggal 14 Agustus 2023 Pengumuman 100 kandidat yang lolos seleksi berkas administrasi dan berlanjut ke Tanggal 18 Agustus 2023 Tes Potensi Akademik wajib diikuti oleh 100 kandidat per-kategori untuk berlanjut ke tahap tes wawancara
  • Tanggal 19 Agustus 2023 Pengumuman 10 Kandidat per kategori yang lolos seleksi TPA dan berlanjut ke Tes Wawancara.
  • Tanggal 21 Agustus 2023 tes wawancara wajib diikuti oleh 10 kandidat yang per kategori untuk menyelesaikan proses seleksi beasiswa.
Baca Juga  Contoh Resume Agenda 2 Jurnal MOOC PPPK Jenjang SMK

Pengumuman penerima beasiswa Pendidikan Indonesia Catatan Pena X Ruang diumumkan melalui instagram resmi @catatanpenaofficial dan juga website www.catatanpena.org

Demikian informasi mengenai Beasiswa Pendidikan Indonesia Catatan Pena X Ruang Edukasi 2023 Untuk SMA/SMK Sampai S2 . Beasiswa ini tidak dikenakan biaya mulaidari pendaftaran sampai proses pengiriman benefit.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait