cara menghitung jumlah kata di word pakai hp dan laptop tanpa aplikasi

administrator Juni 18, 2023

Apakah Anda pernah merasa kesulitan untuk mengetahui berapa banyak kata yang telah Anda tulis di Microsoft Word? Apakah Anda pernah bingung bagaimana cara menghitung jumlah kata di word pakai hp dan laptop tanpa aplikasi? Jika ya, maka artikel ini adalah untuk Anda.

Menghitung jumlah kata di word adalah penting untuk berbagai alasan, seperti menyesuaikan panjang tulisan dengan persyaratan tugas, mengatur waktu penulisan, atau memperkirakan biaya penerjemahan. Namun, tidak semua orang memiliki akses ke aplikasi Microsoft Word di komputer atau perangkat bergerak mereka. Bagaimana jika Anda hanya memiliki file word yang dikirimkan melalui email atau disimpan di cloud? Bagaimana jika Anda ingin menghitung jumlah kata di word secara online tanpa mengunduh atau menginstal apa pun?

Tenang saja, ada beberapa cara mudah untuk menghitung jumlah kata di word pakai hp dan laptop tanpa aplikasi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya dengan detail dan memberikan beberapa tips berguna untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda. Mari kita mulai!

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, ada baiknya kita mengetahui apa itu jumlah kata dan mengapa penting untuk mengetahuinya. Jumlah kata adalah jumlah total kata yang terdapat dalam sebuah dokumen atau bagian teks tertentu. Jumlah kata biasanya digunakan sebagai ukuran panjang tulisan dan sebagai pedoman untuk penulis, editor, penerbit, atau pembaca.

Jumlah kata dapat mempengaruhi berbagai aspek tulisan Anda, seperti:

  • Kesesuaian dengan tujuan dan audiens. Misalnya, jika Anda menulis artikel blog untuk pembaca yang tidak memiliki banyak waktu, Anda mungkin ingin membuat tulisan Anda singkat dan padat. Sebaliknya, jika Anda menulis skripsi akademik untuk dosen yang mengharapkan analisis mendalam, Anda mungkin ingin membuat tulisan Anda lebih panjang dan detail.
  • Kualitas dan efektivitas. Menghitung jumlah kata dapat membantu Anda mengevaluasi apakah Anda telah menyampaikan pesan Anda dengan jelas dan lengkap. Jika jumlah kata Anda terlalu sedikit, Anda mungkin perlu menambahkan informasi atau contoh yang relevan. Jika jumlah kata Anda terlalu banyak, Anda mungkin perlu menghapus informasi atau contoh yang tidak relevan atau berulang.
  • Waktu dan biaya. Menghitung jumlah kata dapat membantu Anda mengatur waktu penulisan Anda dengan lebih baik dan memperkirakan biaya penerjemahan atau penyuntingan jika diperlukan. Misalnya, jika Anda tahu bahwa rata-rata penulis profesional dapat menulis sekitar 500 kata per jam, Anda dapat mengestimasi berapa lama Anda membutuhkan waktu untuk menyelesaikan tulisan Anda. Jika Anda tahu bahwa rata-rata biaya penerjemahan profesional adalah sekitar Rp 200 per kata, Anda dapat mengestimasi berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk menerjemahkan tulisan Anda.

Langkah-langkah Menghitung Jumlah Kata di Word Pakai HP dan Laptop Tanpa Aplikasi

Ada beberapa cara untuk menghitung jumlah kata di word pakai hp dan laptop tanpa aplikasi, tergantung pada jenis file word yang Anda miliki dan jenis perangkat yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

Baca Juga  Cara menggunakan aplikasi mendeley pada word di laptop

Cara 1: Menggunakan Fitur Word Count di Microsoft Word

Jika Anda memiliki file word yang bisa dibuka dengan Microsoft Word di komputer atau perangkat bergerak Anda, maka cara termudah untuk menghitung jumlah kata adalah dengan menggunakan fitur Word Count yang sudah tersedia di aplikasi tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka file word yang ingin Anda hitung jumlah katanya dengan Microsoft Word.
  2. Jika Anda menggunakan komputer, klik tab Review pada bagian atas dokumen. Setelah itu, Anda akan melihat Word Count pada sisi kiri bagian tersebut. Jika Anda menggunakan perangkat bergerak, ketuk ikon tiga titik di kanan atas layar. Setelah itu, ketuk Word Count pada menu yang muncul.
  3. Sebuah jendela atau panel akan muncul pada layar. Jendela atau panel tersebut memuat jumlah kata, halaman, karakter, paragraf, dan baris yang termuat pada dokumen. Jika Anda hanya ingin menghitung jumlah kata untuk bagian teks tertentu, pilih atau sorot teks tersebut terlebih dahulu sebelum membuka fitur Word Count.

Cara 2: Menggunakan Fitur Word Count di Google Docs

Jika Anda tidak memiliki Microsoft Word di komputer atau perangkat bergerak Anda, tetapi Anda memiliki akses ke internet, maka cara alternatif untuk menghitung jumlah kata adalah dengan menggunakan Google Docs, yaitu aplikasi pengolah kata online yang gratis dan mudah digunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser web Anda dan kunjungi situs https://docs.google.com.
  2. Jika Anda belum masuk ke akun Google Anda, klik tombol Sign In di kanan atas layar dan masukkan email dan password Anda.
  3. Klik tombol + di tengah layar untuk membuat dokumen baru, atau klik Open File Picker di kanan atas layar untuk membuka file word yang sudah ada di Google Drive Anda.
  4. Jika Anda menggunakan komputer, klik menu Tools pada bagian atas dokumen. Setelah itu, klik Word Count pada menu yang turun. Jika Anda menggunakan perangkat bergerak, ketuk ikon tiga garis di kiri atas layar. Setelah itu, ketuk Word Count pada menu yang muncul.
  5. Sebuah jendela atau panel akan muncul pada layar. Jendela atau panel tersebut memuat jumlah kata, halaman, karakter, dan karakter tanpa spasi yang termuat pada dokumen. Jika Anda hanya ingin menghitung jumlah kata untuk bagian teks tertentu, pilih atau sorot teks tersebut terlebih dahulu sebelum membuka fitur Word Count.
Baca Juga  apa itu meja yang digunakan untuk membuat patung dan dapat digerakkan dengan cara diputar disebut?

Cara 3: Menggunakan Situs Penghitung Kata Online

Jika Anda tidak ingin repot membuka atau mengunggah file word ke aplikasi pengolah kata online seperti Google Docs, maka cara lain untuk menghitung jumlah kata adalah dengan menggunakan situs penghitung kata online yang banyak tersedia di internet. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser web Anda dan kunjungi salah satu situs penghitung kata online yang Anda sukai. Beberapa contoh situs penghitung kata online yang populer adalah https://wordcounter.net/, https://www.countofwords.com/, dan https://wordcounttools.com/.
  2. Buka file word yang ingin Anda hitung jumlah katanya dengan aplikasi apa pun yang bisa membacanya, seperti Microsoft Word, Google Docs, atau Notepad.
  3. Salin seluruh atau sebagian teks yang ingin Anda hitung jumlah katanya dari file word tersebut.
  4. Tempel teks yang telah disalin ke kotak teks yang tersedia di situs penghitung kata online yang Anda kunjungi.
  5. Tunggu beberapa detik hingga situs tersebut menghitung dan menampilkan jumlah kata, karakter, kalimat, paragraf, dan statistik lainnya yang terkait dengan teks yang Anda tempel.

Tanya Jawab Seputar Menghitung Jumlah Kata di Word

Setelah mengetahui cara-cara menghitung jumlah kata di word pakai hp dan laptop tanpa aplikasi, mungkin Anda masih memiliki beberapa pertanyaan seputar topik ini. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh para penulis dan jawabannya:

Apakah judul, catatan kaki, daftar pustaka, dan gambar termasuk dalam jumlah kata?

Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini karena setiap jenis tulisan mungkin memiliki standar atau pedoman yang berbeda. Namun, secara umum, Anda bisa mengikuti aturan berikut:

  • Judul biasanya tidak termasuk dalam jumlah kata karena merupakan bagian yang terpisah dari isi tulisan.
  • Catatan kaki biasanya termasuk dalam jumlah kata karena merupakan bagian yang melengkapi isi tulisan. Namun, jika catatan kaki terlalu banyak atau panjang, Anda mungkin perlu memisahkannya dari jumlah kata utama.
  • Daftar pustaka biasanya tidak termasuk dalam jumlah kata karena merupakan bagian yang menyertakan sumber-sumber yang Anda gunakan dalam tulisan. Namun, jika daftar pustaka terlalu banyak atau panjang, Anda mungkin perlu menyertakannya dalam jumlah kata utama.
  • Gambar biasanya tidak termasuk dalam jumlah kata karena merupakan bagian yang menambahkan visualisasi ke tulisan. Namun, jika gambar terlalu banyak atau besar, Anda mungkin perlu menguranginya atau mengompresnya agar tidak mempengaruhi ukuran file word Anda.

Apakah tanda baca dan spasi termasuk dalam jumlah kata?

Seperti halnya pertanyaan sebelumnya, tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini karena setiap jenis tulisan mungkin memiliki standar atau pedoman yang berbeda. Namun, secara umum, Anda bisa mengikuti aturan berikut:

  • Tanda baca biasanya tidak termasuk dalam jumlah kata karena merupakan bagian yang membantu membentuk struktur kalimat dan menunjukkan intonasi atau emosi. Namun, jika tanda baca terlalu banyak atau tidak sesuai dengan kaidah bahasa yang digunakan, Anda mungkin perlu mengeditnya agar tidak mengganggu keterbacaan tulisan Anda.
  • Spasi biasanya tidak termasuk dalam jumlah kata karena merupakan bagian yang membantu memisahkan kata-kata dan membuat tulisan lebih rapi. Namun, jika spasi terlalu banyak atau tidak konsisten, Anda mungkin perlu mengeditnya agar tidak mempengaruhi tampilan tulisan Anda.
Baca Juga  cara menambahkan gambar di header google form dengan canva

Bagaimana cara mengetahui jumlah kata ideal untuk tulisan saya?

Tidak ada jumlah kata yang ideal untuk setiap jenis tulisan karena hal ini tergantung pada tujuan, audiens, topik, dan gaya penulisan Anda. Namun, secara umum, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk menentukan jumlah kata yang sesuai untuk tulisan Anda:

  • Perhatikan persyaratan atau pedoman yang diberikan oleh pihak yang meminta atau menerima tulisan Anda. Misalnya, jika Anda menulis esai untuk tugas sekolah, Anda mungkin perlu mematuhi batas minimal atau maksimal jumlah kata yang ditentukan oleh guru Anda.
  • Lakukan riset tentang jenis tulisan yang serupa dengan tulisan Anda dan lihat berapa rata-rata jumlah kata yang digunakan oleh penulis lain. Misalnya, jika Anda menulis artikel blog tentang kesehatan, Anda mungkin bisa melihat artikel blog lain yang membahas topik yang sama atau sejenis dan bandingkan jumlah katanya.
  • Pertimbangkan tujuan dan audiens Anda dan sesuaikan panjang tulisan Anda dengan kebutuhan dan minat mereka. Misalnya, jika tujuan Anda adalah memberikan informasi yang lengkap dan mendalam kepada audiens yang ahli di bidang tertentu, Anda mungkin bisa membuat tulisan Anda lebih panjang dan detail. Sebaliknya, jika tujuan Anda adalah memberikan informasi yang singkat dan menarik kepada audiens yang awam di bidang tertentu, Anda mungkin bisa membuat tulisan Anda lebih pendek dan padat.

Kesimpulan

Menghitung jumlah kata di word pakai hp dan laptop tanpa aplikasi adalah hal yang mudah dan berguna untuk dilakukan. Ada beberapa cara untuk melakukannya, seperti menggunakan fitur Word Count di Microsoft Word, menggunakan fitur Word Count di Google Docs, atau menggunakan situs penghitung kata online. Dengan mengetahui jumlah kata di word, Anda bisa menyesuaikan panjang tulisan Anda dengan tujuan, audiens, dan standar yang berlaku.

Demikianlah artikel yang kami buat tentang cara menghitung jumlah kata di word pakai hp dan laptop tanpa aplikasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menulis dengan lebih baik. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah membaca dan selamat menulis!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait