cara membuatnya di word, excel, powerpoint, canva, corel dan adobe

administrator Juni 18, 2023

Apakah Anda pernah bingung dengan ukuran kertas F4? Apakah Anda tahu bagaimana cara membuatnya di word, excel, powerpoint, canva, corel dan adobe? Jika Anda ingin mengetahui jawabannya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, warta bangil akan menjelaskan tentang ukuran kertas F4 dalam cm dan cara membuatnya di berbagai aplikasi yang sering digunakan untuk keperluan kantor, sekolah, atau bisnis.

Ukuran kertas F4 adalah salah satu ukuran kertas yang paling sering digunakan untuk kebutuhan administrasi, dokumen, surat, buku, skripsi, majalah, dan lain-lain. Ukuran kertas F4 memiliki panjang 33 cm dan lebar 21 cm. Dalam satuan lain, ukuran F4 dapat dinyatakan sebagai berikut:

  • F4 mm: 210 x 330 mm
  • F4 inci: 8.27 x 12.99 in
  • F4 pixel: tergantung pada konfigurasi DPI (dots per inch) yang digunakan. Misalnya, jika DPI adalah 72, maka ukuran F4 pixel adalah 595 x 935 pixel.

Ukuran kertas F4 yang berlaku di Indonesia dan sebagian besar negara lain adalah 210 x 330 mm. Namun, ada beberapa negara yang menggunakan ukuran 215 x 330 mm untuk kertas F4. Ukuran ini disebut juga sebagai F4 folio atau folio saja. Perbedaan ukuran ini mungkin tidak terlalu signifikan, tetapi penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan saat mencetak dokumen.

Untuk membuat ukuran kertas F4 di word, excel, powerpoint, canva, corel dan adobe, Anda perlu mengatur pengaturan kertas (paper size) sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah Membuat Ukuran Kertas F4 di Word

  1. Buka aplikasi Microsoft Word dan buat dokumen baru.
  2. Klik tab Layout dan pilih Size.
  3. Pilih More Paper Sizes.
  4. Pada jendela Page Setup, pilih Custom Size.
  5. Masukkan nilai Width: 21 cm dan Height: 33 cm.
  6. Klik OK.
Baca Juga  Cara Download KTP di aplikasi kependudukan digital dalam bentuk pdf

Langkah-langkah Membuat Ukuran Kertas F4 di Excel

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel dan buat workbook baru.
  2. Klik tab Page Layout dan pilih Size.
  3. Pilih More Paper Sizes.
  4. Pada jendela Page Setup, pilih Custom Size.
  5. Masukkan nilai Width: 21 cm dan Height: 33 cm.
  6. Klik OK.

Langkah-langkah Membuat Ukuran Kertas F4 di PowerPoint

  1. Buka aplikasi Microsoft PowerPoint dan buat presentation baru.
  2. Klik tab Design dan pilih Slide Size.
  3. Pilih Custom Slide Size.
  4. Pada jendela Slide Size, pilih Portrait orientation.
  5. Masukkan nilai Width: 21 cm dan Height: 33 cm.
  6. Klik OK.

Langkah-langkah Membuat Ukuran Kertas F4 di Canva

  1. Buka aplikasi Canva dan buat design baru.
  2. Pilih Custom Size.
  3. Masukkan nilai Width: 595 px dan Height: 935 px (jika DPI adalah 72).
  4. Klik Create New Design.

Langkah-langkah Membuat Ukuran Kertas F4 di Corel

  1. Buka aplikasi Corel dan buat document baru.
  2. Pilih Portrait orientation.
  3. Masukkan nilai Width: 21 cm dan Height: 33 cm.
  4. Klik OK.

Langkah-langkah Membuat Ukuran Kertas F4 di Adobe

  1. Buka aplikasi Adobe (misalnya Photoshop, Illustrator, atau InDesign) dan buat file baru.
  2. Pilih Custom Size.
  3. Masukkan nilai Width: 21 cm dan Height: 33 cm.
  4. Pilih Resolution sesuai dengan kebutuhan (misalnya 72 dpi, 150 dpi, atau 300 dpi).
  5. Klik OK.

Alternatif Ukuran Kertas F4

Jika Anda tidak memiliki kertas F4 atau tidak dapat menemukannya di toko, Anda dapat menggunakan alternatif ukuran kertas lain yang hampir sama dengan ukuran F4. Beberapa alternatif ukuran kertas F4 adalah sebagai berikut:

  • A3: ukuran kertas ini memiliki panjang 42 cm dan lebar 29.7 cm. Anda dapat memotong kertas A3 menjadi dua bagian yang sama untuk mendapatkan ukuran F4. Namun, perhatikan bahwa ukuran F4 yang dihasilkan akan sedikit lebih lebar dari ukuran F4 standar (21.5 cm vs 21 cm).
  • A4: ukuran kertas ini memiliki panjang 29.7 cm dan lebar 21 cm. Anda dapat menyambung dua lembar kertas A4 untuk mendapatkan ukuran F4. Namun, perhatikan bahwa ukuran F4 yang dihasilkan akan sedikit lebih pendek dari ukuran F4 standar (29.7 cm vs 33 cm).
  • Legal: ukuran kertas ini memiliki panjang 35.6 cm dan lebar 21.6 cm. Anda dapat memotong sedikit bagian atas dan bawah kertas legal untuk mendapatkan ukuran F4. Namun, perhatikan bahwa ukuran F4 yang dihasilkan akan sedikit lebih lebar dari ukuran F4 standar (21.6 cm vs 21 cm).
Baca Juga  cara membuat minyak kemiri untuk rambut beruban

Tanya Jawab Terkait Ukuran Kertas F4

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan terkait ukuran kertas F4:

Apakah ukuran kertas F4 sama dengan folio?

Tidak, ukuran kertas F4 tidak sama dengan folio. Ukuran kertas F4 adalah 210 x 330 mm, sedangkan ukuran kertas folio adalah 215 x 330 mm. Perbedaan ini mungkin tidak terlalu besar, tetapi dapat mempengaruhi hasil cetakan jika tidak diperhatikan dengan baik.

Apakah ukuran kertas F4 sama dengan legal?

Tidak, ukuran kertas F4 tidak sama dengan legal. Ukuran kertas F4 adalah 210 x 330 mm, sedangkan ukuran kertas legal adalah 216 x 356 mm. Perbedaan ini cukup signifikan, terutama pada panjang kertas. Jika Anda mencetak dokumen dengan ukuran F4 pada kertas legal, maka akan ada ruang kosong di bagian bawah kertas.

Apakah ukuran kertas F4 sama dengan A3?

Tidak, ukuran kertas F4 tidak sama dengan A3. Ukuran kertas F4 adalah 210 x 330 mm, sedangkan ukuran kertas A3 adalah 297 x 420 mm. Perbedaan ini sangat besar, sehingga Anda tidak dapat mencetak dokumen dengan ukuran F4 pada kertas A3 tanpa memotong atau menyusutkan dokumen tersebut.

Kesimpulan Terkait Ukuran Kertas F4

ukuran kertas F4:

  • Ukuran kertas F4 adalah 210 x 330 mm atau 21 x 33 cm.
  • Ukuran kertas F4 dapat dinyatakan dalam satuan lain seperti inci dan pixel.
  • Ukuran kertas F4 dapat dibuat di berbagai aplikasi seperti word, excel, powerpoint, canva, corel dan adobe dengan mengatur pengaturan kertas sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  • Ukuran kertas F4 memiliki beberapa alternatif seperti A3, A4, dan legal yang dapat digunakan jika tidak memiliki atau menemukan kertas F4.
  • Ukuran kertas F4 memiliki beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan terkait dengan perbedaan dan kesamaannya dengan ukuran kertas lainnya.
Baca Juga  Cara Mengatasi Kesalahan Emp.dll Red Dead Redemption 2

Demikian artikel yang saya buat tentang ukuran kertas F4 dalam cm dan cara membuatnya di word, excel, powerpoint, canva, corel dan adobe. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam membuat dokumen dengan ukuran F4. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait