cara memunculkan ruler di word macbook dan windows

administrator Juni 24, 2023

Apakah Anda sering menggunakan Microsoft Word untuk membuat dokumen, seperti laporan, makalah, skripsi, atau buku? Jika ya, maka Anda mungkin pernah merasa kesulitan untuk mengatur margin, tab, atau inden pada dokumen Anda. Untuk memudahkan Anda dalam mengatur hal-hal tersebut, Anda bisa menggunakan fitur ruler atau penggaris di Word.

Ruler atau penggaris di Word adalah fitur yang menampilkan garis horizontal dan vertikal di bagian atas dan samping lembar kerja Word. Dengan menggunakan ruler, Anda bisa melihat ukuran margin, tab, dan inden pada dokumen Anda. Anda juga bisa mengubah ukuran margin, tab, dan inden dengan menyeret penanda yang ada di ruler.

Namun, terkadang ruler tidak muncul secara otomatis di Word. Hal ini bisa disebabkan oleh pengaturan tampilan Word yang berbeda-beda pada setiap versi atau sistem operasi. Jika Anda ingin menampilkan ruler di Word, maka Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Cara memunculkan ruler di word macbook dan windows sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Cara memunculkan ruler di word macbook dan windows bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan ikon view ruler atau dengan menggunakan menu view. Kedua cara ini berlaku untuk semua versi Word, mulai dari Word 2007 hingga Word 2019. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

Langkah-langkah Cara Memunculkan Ruler di Word Macbook dan Windows

Berikut adalah langkah-langkah cara memunculkan ruler di word macbook dan windows menggunakan ikon view ruler dan menu view:

Baca Juga  Cara memindahkan file dari hp ke laptop tanpa kabel data menggunakan snapdrop

Menggunakan Ikon View Ruler

  1. Buka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer Anda.
  2. Arahkan kursor ke pojok kanan atas area lembar kerja.
  3. Tepat di atas icon tanda panah scroll up di samping kanan, klik icon view ruler
  4. Ruler yang hilang akan langsung muncul kembali di bagian atas dan samping lembar kerja.

Menggunakan Menu View

  1. Buka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer Anda.
  2. Pilih tab ‘View’ yang berada di bagian atas layar.
  3. Centang kotak ‘Ruler’ yang berada di grup ‘Show’.
  4. Ruler akan muncul di bagian atas dan samping lembar kerja.

Alternatif Cara Memunculkan Ruler di Word Macbook dan Windows

Selain menggunakan ikon view ruler atau menu view, Anda juga bisa mencoba alternatif cara memunculkan ruler di word macbook dan windows dengan cara berikut ini:

  • Mengubah pengaturan tampilan Word. Caranya adalah dengan membuka menu ‘File’ yang berada di pojok kiri atas layar. Pilih menu ‘Options’ untuk membuka kotak dialog ‘Word Options’. Selanjutnya, pilih sub menu ‘Advanced’ dari daftar menu yang berada di sebelah kiri. Pada bagian ‘Display’, berikan tanda centang pada kotak ‘Show vertical ruler in Print Layout view’.
  • Menggunakan shortcut keyboard. Caranya adalah dengan menekan tombol Alt dan V secara bersamaan, lalu tekan R. Shortcut ini akan mengaktifkan atau menonaktifkan ruler di Word.

Tanya Jawab Terkait Cara Memunculkan Ruler di Word Macbook dan Windows

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban terkait cara memunculkan ruler di word macbook dan windows yang mungkin Anda miliki:

Apakah cara memunculkan ruler di word macbook dan windows sama untuk semua versi Word?

Cara memunculkan ruler di word macbook dan windows yang saya jelaskan di atas sama untuk semua versi Word, mulai dari Word 2007 hingga Word 2019. Namun, tampilan ikon atau menu mungkin sedikit berbeda tergantung pada versi Word yang Anda gunakan.

Baca Juga  7 cara memutihkan kulit secara alami dan herbal dengan cepat dan permanen

Apakah cara memunculkan ruler di word macbook dan windows berpengaruh pada ukuran file atau kualitas dokumen?

Cara memunculkan ruler di word macbook dan windows tidak berpengaruh pada ukuran file atau kualitas dokumen. Ruler hanya berfungsi sebagai alat bantu untuk mengatur margin, tab, atau inden pada dokumen Anda. Anda bisa menyembunyikan ruler kembali jika tidak ingin menggunakannya.

Apakah cara memunculkan ruler di word macbook dan windows bisa dilakukan di aplikasi Word lainnya, seperti Word Online atau Word Mobile?

Cara memunculkan ruler di word macbook dan windows tidak bisa dilakukan di aplikasi Word lainnya, seperti Word Online atau Word Mobile. Aplikasi Word lainnya tidak memiliki fitur ruler atau penggaris. Jika Anda ingin menggunakan fitur ruler, Anda harus menggunakan aplikasi Word yang terinstal di laptop atau komputer Anda.

Kesimpulan Terkait Cara Memunculkan Ruler di Word Macbook dan Windows

Cara memunculkan ruler di word macbook dan windows adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menampilkan garis horizontal dan vertikal di bagian atas dan samping lembar kerja Word. Dengan menggunakan ruler, Anda bisa melihat dan mengubah ukuran margin, tab, dan inden pada dokumen Anda. Cara memunculkan ruler di word macbook dan windows bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan ikon view ruler atau dengan menggunakan menu view. Anda juga bisa mencoba alternatif cara memunculkan ruler di word macbook dan windows dengan mengubah pengaturan tampilan Word atau dengan menggunakan shortcut keyboard.

Demikianlah artikel tentang cara memunculkan ruler di word macbook dan windows dalam bahasa Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran terkait topik ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait