Cara Mencetak KTP di aplikasi kependudukan digital secara mandiri

administrator Agustus 24, 2023

Hai, Sahabat Warta Bangil. Apakah Anda sudah tahu bahwa sekarang Anda bisa mencetak KTP Anda sendiri di rumah dengan menggunakan aplikasi kependudukan digital yang baru? Aplikasi kependudukan digital yang baru adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus berbagai urusan kependudukan, termasuk mencetak KTP.

Mencetak KTP di aplikasi kependudukan digital yang baru memiliki banyak keuntungan, seperti lebih hemat waktu dan biaya, lebih fleksibel dan nyaman, serta lebih aman dan terpercaya. Namun, banyak orang yang masih bingung bagaimana cara cetak KTP di aplikasi kependudukan digital yang baru. Padahal, cara cetak KTP di aplikasi kependudukan digital yang baru sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi kependudukan digital yang baru di ponsel Anda dan mengikuti langkah-langkah yang ada di dalamnya.

Artikel ini akan membantu Anda untuk mengetahui cara cetak KTP di aplikasi kependudukan digital yang baru dengan mudah dan cepat. Anda juga akan mengetahui apa saja syarat dan persiapan yang harus Anda lakukan sebelum mencetak KTP di aplikasi kependudukan digital yang baru. Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai ya.

Saya sendiri sudah mencoba cara cetak KTP di aplikasi kependudukan digital yang baru beberapa hari yang lalu. Saya merasa sangat puas dengan hasilnya. KTP saya tercetak dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan data kependudukan saya. Saya tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor Dukcapil atau mencari jasa percetakan untuk mencetak KTP saya. Saya hanya perlu menggunakan ponsel dan printer saya sendiri di rumah.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum mencetak KTP di aplikasi kependudukan digital yang baru:

  • Anda harus memiliki KTP elektronik atau identitas kependudukan digital yang masih berlaku.
  • Anda harus memiliki nomor NIK dan nomor KK yang sesuai dengan data di KTP elektronik atau identitas kependudukan digital Anda.
  • Anda harus memiliki nomor ponsel dan alamat email yang aktif dan dapat dihubungi.
  • Anda harus memiliki ponsel pintar yang mendukung aplikasi kependudukan digital yang baru.
  • Anda harus memiliki printer yang bisa mencetak dokumen berukuran A4.
  • Anda harus memiliki kertas A4 putih polos yang cukup untuk mencetak KTP Anda.
  • Anda harus memiliki koneksi internet yang stabil dan cukup kuat.

Langkah-langkah Cara Cetak KTP di Aplikasi Kependudukan Digital Yang Baru

Untuk mencetak KTP di aplikasi kependudukan digital yang baru, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh aplikasi kependudukan digital yang baru di ponsel Anda. Aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOS.
  2. Buka aplikasi kependudukan digital yang baru dan pilih menu “Cetak KTP”.
  3. Masukkan nomor NIK dan nomor KK Anda. Pastikan nomor NIK dan nomor KK Anda sesuai dengan data yang ada di KTP elektronik atau identitas kependudukan digital Anda.
  4. Masukkan nomor ponsel dan alamat email Anda. Pastikan nomor ponsel dan alamat email Anda aktif dan dapat dihubungi.
  5. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel atau alamat email Anda. Kode OTP ini berlaku selama 5 menit.
  6. Pilih jenis printer yang Anda gunakan. Pastikan printer Anda sudah terhubung dengan ponsel Anda melalui kabel USB, Bluetooth, atau Wi-Fi.
  7. Pilih ukuran kertas yang Anda gunakan. Pastikan ukuran kertas Anda adalah A4 putih polos.
  8. Tekan tombol “Cetak” di bagian bawah layar.
  9. Tunggu proses pencetakan selesai. Jangan matikan ponsel atau printer Anda selama proses pencetakan berlangsung.
  10. Selesai. Anda sudah berhasil mencetak KTP Anda di aplikasi kependudukan digital yang baru. Anda bisa memotong KTP Anda sesuai dengan garis yang ada di kertas.
Baca Juga  Contoh refleksi model segitiga dalam pendidikan guru penggerak

Tanya Jawab Terkait Cara Cetak KTP di Aplikasi Kependudukan Digital Yang Baru

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan terkait cara cetak KTP di aplikasi kependudukan digital yang baru:

Apakah saya harus membayar untuk mencetak KTP di aplikasi kependudukan digital yang baru?

Tidak, Anda tidak perlu membayar apapun untuk mencetak KTP di aplikasi kependudukan digital yang baru. Aplikasi kependudukan digital yang baru adalah aplikasi gratis yang disediakan oleh pemerintah untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus berbagai urusan kependudukan, termasuk mencetak KTP.

Apakah KTP yang saya cetak di aplikasi kependudukan digital yang baru sah dan resmi?

Ya, KTP yang Anda cetak di aplikasi kependudukan digital yang baru sah dan resmi. KTP yang Anda cetak di aplikasi kependudukan digital yang baru memiliki data dan tanda tangan yang sama dengan KTP elektronik atau identitas kependudukan digital Anda. KTP yang Anda cetak di aplikasi kependudukan digital yang baru juga memiliki barcode dan QR code yang bisa dipindai oleh perangkat elektronik.

Apakah saya bisa mencetak KTP lebih dari satu kali di aplikasi kependudukan digital yang baru?

Ya, Anda bisa mencetak KTP lebih dari satu kali di aplikasi kependudukan digital yang baru. Namun, pastikan Anda hanya mencetak KTP untuk keperluan pribadi atau darurat. Jangan mencetak KTP lebih dari satu kali untuk tujuan komersial atau penipuan. Jika Anda ketahuan mencetak KTP lebih dari satu kali untuk tujuan komersial atau penipuan, maka Anda bisa dikenakan sanksi hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kesimpulan

Cara cetak KTP di aplikasi kependudukan digital yang baru adalah sebuah cara yang mudah dan cepat untuk mendapatkan KTP tanpa harus datang ke kantor Dukcapil atau jasa percetakan. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi kependudukan digital yang baru di ponsel Anda dan mengikuti langkah-langkah yang ada di dalamnya. Anda juga hanya perlu menggunakan ponsel dan printer Anda sendiri di rumah. Cara cetak KTP di aplikasi kependudukan digital yang baru memiliki banyak keuntungan, seperti lebih hemat waktu dan biaya, lebih fleksibel dan nyaman, serta lebih aman dan terpercaya.

Baca Juga  Refleksi Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid Belajar Mandiri Paket Modul 2.

Demikian artikel yang saya buat tentang cara cetak KTP di aplikasi kependudukan digital yang baru dalam bahasa Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk mencetak KTP Anda sendiri di rumah. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait