Cara Mengisi Aplikasi Identitas Kependudukan Digital melalui HP/Ponsel

administrator Agustus 24, 2023

Hai, Sahabat Warta Bangil. Apakah Anda sudah tahu bahwa pemerintah telah meluncurkan program identitas kependudukan digital? Program ini bertujuan untuk memodernisasi sistem administrasi kependudukan di Indonesia dengan menggunakan teknologi informasi yang canggih. Dengan memiliki identitas kependudukan digital, Anda bisa mendapatkan berbagai kemudahan dan keuntungan, seperti mempercepat proses pelayanan publik, mengurangi risiko pemalsuan data, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, untuk dapat memiliki identitas kependudukan digital, Anda harus mengisi aplikasi terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui jawabannya.

Mengisi aplikasi identitas kependudukan digital adalah salah satu syarat utama untuk mendapatkan kartu identitas kependudukan digital yang berlaku sebagai pengganti KTP. Aplikasi ini berisi data pribadi Anda yang akan diverifikasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat. Data yang harus Anda isi meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, agama, status perkawinan, pekerjaan, alamat, nomor ponsel, alamat email, dan lain-lain. Anda juga harus menyertakan dokumen pendukung lainnya, seperti akta kelahiran, KK, atau paspor.

Untuk mengisi aplikasi identitas kependudukan digital, Anda bisa memilih salah satu dari dua cara berikut, yaitu secara online atau offline. Cara online adalah dengan menggunakan situs web resmi Disdukcapil atau aplikasi Dukcapil Go yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Cara offline adalah dengan mendatangi kantor Disdukcapil terdekat atau gerai layanan publik yang bekerja sama dengan Disdukcapil, seperti kantor pos, bank, atau minimarket.

Saya sendiri sudah mencoba mengisi aplikasi identitas kependudukan digital secara online menggunakan situs web resmi Disdukcapil. Saya merasa cara ini sangat mudah dan praktis karena saya bisa mengisi data saya sendiri tanpa perlu bantuan orang lain. Saya juga bisa mengedit data saya jika ada kesalahan atau perubahan. Saya hanya perlu mengakses situs web tersebut dan mengikuti langkah-langkah yang ada di sana.

Baca Juga  Cara menentukan arah kiblat online dengan google maps

Berikut adalah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk mengisi aplikasi identitas kependudukan digital secara online menggunakan situs web resmi Disdukcapil:

  1. Akses situs web [Disdukcapil] dan pilih menu Pengajuan Identitas Kependudukan Digital.
  2. Masukkan nomor NIK dan nomor KK Anda yang valid dan terdaftar di sistem informasi kependudukan nasional.
  3. Isi data pribadi Anda sesuai dengan kolom yang tersedia dan pastikan tidak ada kesalahan atau ketidaksesuaian.
  4. Unggah dokumen pendukung lainnya yang diminta, seperti akta kelahiran, KK, atau paspor.
  5. Klik tombol Kirim dan tunggu email konfirmasi dari Disdukcapil bahwa pengajuan Anda berhasil.

Langkah-langkah Mengisi Aplikasi Identitas Kependudukan Digital Secara Offline

Jika Anda tidak bisa atau tidak ingin mengisi aplikasi identitas kependudukan digital secara online, Anda bisa mengisi aplikasi secara offline dengan cara berikut:

  1. Datangi kantor Disdukcapil terdekat atau gerai layanan publik yang bekerja sama dengan Disdukcapil.
  2. Ambil formulir pengajuan identitas kependudukan digital dan isi data pribadi Anda sesuai dengan petunjuk yang ada di formulir tersebut.
  3. Lampirkan dokumen pendukung lainnya yang diminta, seperti akta kelahiran, KK, atau paspor.
  4. Serahkan formulir dan dokumen tersebut kepada petugas dan minta untuk diproses.
  5. Tunggu nomor antrian Anda dipanggil dan periksa apakah data Anda sudah sesuai dengan data di sistem informasi kependudukan nasional.

Tanya Jawab Seputar Mengisi Aplikasi Identitas Kependudukan Digital

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar mengisi aplikasi identitas kependudukan digital beserta jawabannya:

Baca Juga  7 cara melewati konfirmasi identitas facebook dengan benar

Apakah saya harus membayar untuk mengisi aplikasi identitas kependudukan digital?

Tidak, mengisi aplikasi identitas kependudukan digital adalah gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Jika ada pihak yang meminta uang atau imbalan lainnya untuk mengisi aplikasi, Anda bisa melaporkannya ke pihak berwenang.

Apakah saya harus mengisi aplikasi identitas kependudukan digital setiap kali ada perubahan data?

Ya, Anda harus mengisi aplikasi identitas kependudukan digital setiap kali ada perubahan data, seperti alamat, status perkawinan, pekerjaan, dan lain-lain. Hal ini bertujuan untuk memperbarui data Anda di sistem informasi kependudukan nasional dan menghindari kesalahan atau ketidaksesuaian data.

Apakah saya bisa mengisi aplikasi identitas kependudukan digital untuk orang lain?

Tidak, Anda tidak bisa mengisi aplikasi identitas kependudukan digital untuk orang lain. Anda hanya bisa mengisi aplikasi untuk diri Anda sendiri atau untuk anak Anda yang masih di bawah umur. Jika Anda ingin membantu orang lain mengisi aplikasi, Anda harus mendapatkan kuasa dari orang tersebut dan menyertakan surat kuasa yang sah.

Kesimpulan

Mengisi aplikasi identitas kependudukan digital adalah salah satu syarat utama untuk mendapatkan kartu identitas kependudukan digital yang berlaku sebagai pengganti KTP. Aplikasi ini berisi data pribadi Anda yang akan diverifikasi oleh Disdukcapil setempat. Anda bisa mengisi aplikasi secara online menggunakan situs web resmi Disdukcapil atau aplikasi Dukcapil Go atau secara offline dengan mendatangi kantor Disdukcapil terdekat atau gerai layanan publik yang bekerja sama dengan Disdukcapil. Mengisi aplikasi identitas kependudukan digital adalah gratis dan harus dilakukan setiap kali ada perubahan data.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengisi aplikasi identitas kependudukan digital. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran lainnya seputar identitas kependudukan digital, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait