Cara Membuat Identitas Kependudukan Digital yang baru mudah dan praktis

administrator Agustus 24, 2023

Hai, Sahabat Warta Bangil. Apakah Anda pernah kehilangan kartu identitas kependudukan digital Anda? Atau mungkin kartu Anda rusak, hilang, atau dicuri? Jika ya, Anda tidak perlu panik atau khawatir. Anda bisa membuat identitas kependudukan digital yang baru dengan mudah dan cepat. Bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui jawabannya.

Kehilangan kartu identitas kependudukan digital tentu saja sangat merepotkan dan mengganggu. Kartu ini adalah dokumen penting yang berisi data pribadi Anda yang terintegrasi dengan sistem informasi kependudukan nasional. Kartu ini juga berfungsi sebagai pengganti KTP dan bisa digunakan untuk mengurus berbagai dokumen dan layanan publik lainnya, seperti paspor, SIM, NPWP, BPJS, dan lain-lain. Oleh karena itu, jika kartu Anda hilang atau rusak, Anda harus segera membuat yang baru agar tidak terjadi masalah atau penyalahgunaan data.

Untuk membuat identitas kependudukan digital yang baru, Anda harus mengikuti beberapa langkah yang ditetapkan oleh pemerintah. Langkah-langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik sah dari data pribadi Anda dan untuk mencegah terjadinya duplikasi atau pemalsuan kartu. Langkah-langkah ini meliputi melapor ke polisi, mengajukan permohonan penggantian kartu, mengisi aplikasi identitas kependudukan digital, melakukan verifikasi data, dan menerima kartu yang baru.

Saya sendiri pernah mengalami kehilangan kartu identitas kependudukan digital saya saat sedang bepergian. Saya merasa sangat khawatir dan bingung karena saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Namun, setelah saya mencari informasi di internet, saya menemukan cara untuk membuat identitas kependudukan digital yang baru dengan mudah dan cepat. Saya hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ada di situs web resmi Disdukcapil atau aplikasi Dukcapil Go. Saya juga bisa mendapatkan bantuan dari petugas Disdukcapil atau gerai layanan publik yang bekerja sama dengan Disdukcapil.

Baca Juga  Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor GP Ansor Baujeng di Dusun Pekeongan

Berikut adalah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat identitas kependudukan digital yang baru:

  1. Lapor ke polisi bahwa kartu identitas kependudukan digital Anda hilang atau rusak. Mintalah surat keterangan kehilangan atau kerusakan kartu dari polisi sebagai bukti bahwa Anda telah melapor.
  2. Ajukan permohonan penggantian kartu identitas kependudukan digital kepada Disdukcapil setempat. Anda bisa melakukannya secara online melalui situs web [Disdukcapil] atau aplikasi Dukcapil Go atau secara offline dengan mendatangi kantor Disdukcapil terdekat atau gerai layanan publik yang bekerja sama dengan Disdukcapil.
  3. Isi aplikasi identitas kependudukan digital dengan data pribadi Anda yang sesuai dengan data di sistem informasi kependudukan nasional. Anda juga harus menyertakan dokumen pendukung lainnya, seperti surat keterangan kehilangan atau kerusakan kartu dari polisi, akta kelahiran, KK, atau paspor.
  4. Lakukan verifikasi data dengan cara scan sidik jari dan iris mata Anda di mesin verifikasi yang disediakan oleh Disdukcapil atau gerai layanan publik. Pastikan data Anda sudah benar dan valid sebelum melakukan verifikasi.
  5. Terima kartu identitas kependudukan digital yang baru dari petugas Disdukcapil atau gerai layanan publik. Periksa apakah kartu Anda sudah sesuai dengan data di sistem informasi kependudukan nasional dan tidak ada cacat atau kerusakan fisik.

Tanya Jawab Seputar Membuat Identitas Kependudukan Digital yang Baru

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar membuat identitas kependudukan digital yang baru beserta jawabannya:

Baca Juga  cara menutup akun fb sementara dan permanen melalui hp

Apakah saya harus membayar untuk membuat identitas kependudukan digital yang baru?

Tidak, membuat identitas kependudukan digital yang baru adalah gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Jika ada pihak yang meminta uang atau imbalan lainnya untuk membuat kartu yang baru, Anda bisa melaporkannya ke pihak berwenang.

Apakah saya harus membuat identitas kependudukan digital yang baru jika ada perubahan data?

Tidak, Anda tidak perlu membuat identitas kependudukan digital yang baru jika ada perubahan data, seperti alamat, status perkawinan, pekerjaan, dan lain-lain. Anda hanya perlu mengisi aplikasi identitas kependudukan digital dengan data yang baru dan melakukan verifikasi data. Kartu Anda akan otomatis terupdate dengan data yang baru tanpa perlu diganti.

Apakah saya bisa membuat identitas kependudukan digital yang baru untuk orang lain?

Tidak, Anda tidak bisa membuat identitas kependudukan digital yang baru untuk orang lain. Anda hanya bisa membuat kartu yang baru untuk diri Anda sendiri atau untuk anak Anda yang masih di bawah umur. Jika Anda ingin membantu orang lain membuat kartu yang baru, Anda harus mendapatkan kuasa dari orang tersebut dan menyertakan surat kuasa yang sah.

Kesimpulan

Membuat identitas kependudukan digital yang baru adalah salah satu solusi jika kartu identitas kependudukan digital Anda hilang atau rusak. Anda harus mengikuti beberapa langkah yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu melapor ke polisi, mengajukan permohonan penggantian kartu, mengisi aplikasi identitas kependudukan digital, melakukan verifikasi data, dan menerima kartu yang baru. Anda bisa melakukan langkah-langkah ini secara online melalui situs web resmi Disdukcapil atau aplikasi Dukcapil Go atau secara offline dengan mendatangi kantor Disdukcapil terdekat atau gerai layanan publik yang bekerja sama dengan Disdukcapil. Membuat identitas kependudukan digital yang baru adalah gratis dan tidak perlu dilakukan jika ada perubahan data.

Baca Juga  3 Cara Berbagi Wifi Dengan Kode QR Tanpa Aplikasi di Android dan iPhone

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat identitas kependudukan digital yang baru. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran lainnya seputar identitas kependudukan digital, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

: Dukcapil Online – Aplikasi di Google Play
: Dukcapil Online di App Store

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait