cara membuat angket di google form lewat hp

administrator Mei 27, 2023

Angket adalah salah satu alat pengumpulan data yang sering digunakan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, penelitian, bisnis, dan lain-lain. Angket adalah sebuah kumpulan pertanyaan tertulis yang ditujukan kepada sekelompok orang untuk mendapatkan informasi tentang suatu topik tertentu. Angket bisa berupa kuesioner, survei, polling, dan lain-lain.

Namun, membuat angket secara manual bisa menjadi hal yang merepotkan dan memakan waktu. Anda harus menyiapkan kertas, pensil, dan alat tulis lainnya. Anda juga harus mendistribusikan angket kepada responden dan mengumpulkan kembali angket yang sudah diisi. Anda juga harus mengolah dan menganalisis data yang didapatkan dari angket secara manual.

Untungnya, ada cara yang lebih mudah dan praktis untuk membuat angket, yaitu dengan menggunakan google form. Google form adalah salah satu layanan gratis dari Google yang memungkinkan Anda untuk membuat formulir online untuk berbagai keperluan, termasuk angket. Dengan google form, Anda bisa membuat angket dengan mudah dan cepat. Anda juga bisa mendistribusikan angket secara online melalui email atau media sosial. Anda juga bisa melihat hasil jawaban responden secara langsung dan otomatis di google form atau google spreadsheet.

Lalu, bagaimana cara membuat angket di google form lewat hp? Apakah Anda harus mengunduh aplikasi khusus untuk membuat angket di google form? Apa saja keuntungan dan kekurangan dari membuat angket di google form lewat hp? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Apa itu cara membuat angket di google form lewat hp?

Cara membuat angket di google form lewat hp adalah sebuah metode atau langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk membuat formulir online berupa angket dengan menggunakan layanan google form melalui perangkat smartphone atau hp.

Cara ini terdiri dari beberapa tahap utama, yaitu membuka situs google form di browser hp, membuat formulir baru atau memilih template yang tersedia, menambahkan judul dan deskripsi angket, menambahkan pertanyaan dan jenis jawaban yang diinginkan, mengubah tampilan dan setelan angket, membagikan tautan atau kode angket kepada responden, dan melihat hasil jawaban responden di google form atau google spreadsheet.

Baca Juga  cara menggunakan GIMP untuk mengubah foto siang menjadi foto malam dengan cara yang benar

Cara ini bisa memberikan beberapa keuntungan bagi pengguna, antara lain:

  • Membuat angket lebih mudah dan cepat tanpa perlu menggunakan kertas dan alat tulis.
  • Membuat angket lebih fleksibel dan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja selama ada koneksi internet.
  • Membuat angket lebih hemat biaya karena tidak perlu membayar untuk menggunakan google form.
  • Membuat angket lebih efektif dan efisien karena dapat mendistribusikan angket secara online dan melihat hasil jawaban secara langsung dan otomatis.
  • Membuat angket lebih aman dan terjamin karena data-data yang dikumpulkan disimpan di akun Google pengguna.

Bagaimana cara membuat angket di google form lewat hp?

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat angket di google form lewat hp:

Membuka situs google form di browser hp

  1. Buka browser favorit Anda di hp Anda, seperti Chrome, Firefox, Safari, atau Opera.
  2. Ketik alamat https://forms.google.com/ di kolom pencarian browser Anda dan tekan enter.
  3. Login menggunakan akun Google Anda. Jika belum punya akun Google, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu secara gratis.

Membuat formulir baru atau memilih template yang tersedia

  1. Setelah masuk ke halaman utama google form, Anda bisa memilih untuk membuat formulir baru atau memilih template yang tersedia. Untuk membuat formulir baru, klik tombol + yang berwarna ungu di pojok kanan bawah layar. Untuk memilih template yang tersedia, klik tombol Template gallery yang berada di pojok kanan atas layar.
  2. Jika Anda memilih template yang tersedia, Anda bisa melihat berbagai macam template yang sesuai dengan tujuan formulir Anda, seperti pendidikan, pribadi, pekerjaan, dll. Pilih salah satu template yang Anda inginkan dengan mengetuknya.
  3. Jika Anda membuat formulir baru atau memilih template yang tersedia, Anda akan dibawa ke halaman editor google form dimana Anda bisa mendesain formulir online berupa angket sesuai dengan keinginan Anda.

Menambahkan judul dan deskripsi angket

  1. Di halaman editor google form, Anda bisa menambahkan judul dan deskripsi angket dengan mengetuk bagian Untitled form atau nama template yang sudah dipilih. Ketik judul dan deskripsi angket sesuai dengan tema atau tujuan formulir Anda. Judul dan deskripsi angket akan membantu responden untuk memahami apa yang ditanyakan dalam formulir tersebut.
  2. Judul dan deskripsi angket juga merupakan bagian penting dari kaidah SEO atau Search Engine Optimization. SEO adalah sebuah teknik untuk meningkatkan peringkat situs web atau halaman web pada mesin pencari seperti Google. Dengan menggunakan judul dan deskripsi.

    Menambahkan pertanyaan dan jenis jawaban yang diinginkan

    1. Di halaman editor google form, Anda bisa menambahkan pertanyaan yang ingin Anda ajukan kepada responden dengan mengetuk bagian Untitled question atau pertanyaan template yang sudah dipilih. Ketik pertanyaan yang sesuai dengan tema atau tujuan formulir Anda. Pertanyaan harus jelas, singkat, dan mudah dipahami oleh responden.
    2. Anda juga bisa memilih jenis jawaban yang diinginkan untuk setiap pertanyaan dengan mengetuk ikon panah ke bawah di sebelah kanan pertanyaan. Anda bisa memilih berbagai macam jenis jawaban, seperti pilihan ganda, kotak centang, jawaban singkat, paragraf, skala linier, pilihan beranda, tanggal, waktu, dll. Pilih jenis jawaban yang sesuai dengan pertanyaan dan tujuan formulir Anda.
    3. Anda juga bisa menambahkan opsi lainnya untuk jenis jawaban pilihan ganda atau kotak centang dengan mengetuk tombol Add “Other” option di bawah pilihan jawaban. Opsi lainnya akan memungkinkan responden untuk mengetik jawaban mereka sendiri jika tidak ada pilihan yang sesuai dengan mereka.
    4. Anda juga bisa menambahkan gambar atau video untuk setiap pertanyaan dengan mengetuk ikon gambar atau video di sebelah kiri pertanyaan. Anda bisa memilih gambar atau video dari galeri hp Anda, dari Google Drive Anda, dari Google Foto Anda, dari kamera hp Anda, atau dari URL. Gambar atau video akan membantu responden untuk memahami pertanyaan lebih baik.
    5. Anda juga bisa menambahkan deskripsi untuk setiap pertanyaan dengan mengetuk ikon T di sebelah kanan pertanyaan. Deskripsi akan membantu responden untuk menjawab pertanyaan lebih detail atau memberikan instruksi tambahan.
    6. Anda juga bisa membuat pertanyaan menjadi wajib dijawab oleh responden dengan mengetuk ikon Required di sebelah kanan bawah pertanyaan. Pertanyaan yang wajib dijawab akan ditandai dengan bintang merah dan responden tidak bisa mengirim formulir jika belum menjawab pertanyaan tersebut.
    7. Anda juga bisa menambahkan lebih banyak pertanyaan dengan mengetuk tombol + di sebelah kanan bawah layar. Anda bisa menambahkan sebanyak mungkin pertanyaan sesuai dengan kebutuhan formulir Anda.

    Mengubah tampilan dan setelan angket

    1. Di halaman editor google form, Anda bisa mengubah tampilan angket dengan mengetuk ikon palet warna di sebelah kanan atas layar. Anda bisa memilih warna latar belakang angket dari pilihan yang tersedia atau membuat warna sendiri dengan mengetuk ikon +. Anda juga bisa memilih gambar latar belakang angket dari pilihan yang tersedia atau mengunggah gambar sendiri dengan mengetuk ikon gambar.
    2. Anda juga bisa mengubah setelan angket dengan mengetuk ikon roda gigi di sebelah kanan atas layar. Anda bisa mengubah beberapa opsi setelan, seperti mengumpulkan alamat email responden, membatasi satu jawaban per orang, mengizinkan pengeditan setelah pengiriman, melihat ringkasan tanggapan setelah pengiriman, mengirim salinan tanggapan ke responden, dll. Pilih opsi setelan yang sesuai dengan kebutuhan formulir Anda.

    Membagikan tautan atau kode angket kepada responden

    1. Setelah selesai mendesain angket, Anda bisa membagikan tautan atau kode angket kepada responden dengan mengetuk tombol Send di sebelah kanan atas layar. Anda bisa membagikan tautan atau kode angket melalui email, media sosial, aplikasi pesan, atau QR code. Salin tautan atau kode angket dan tempelkan ke media yang ingin Anda gunakan untuk membagikan angket.
    2. Anda juga bisa menyematkan angket ke situs web atau blog dengan menggunakan kode HTML yang disediakan oleh google form. Klik ikon < > di sebelah kanan atas layar dan salin kode HTML yang muncul. Tempelkan kode HTML tersebut ke situs web atau blog yang ingin Anda sisipkan angket.

    Melihat hasil jawaban responden di google form atau google spreadsheet

    1. Setelah membagikan angket kepada responden, Anda bisa melihat hasil jawaban responden di google form atau google spreadsheet dengan mengetuk tombol Responses di sebelah kiri atas layar. Anda bisa melihat ringkasan tanggapan yang berisi grafik dan statistik dari setiap pertanyaan. Anda juga bisa melihat tanggapan individu yang berisi jawaban detail dari setiap responden.
    2. Anda juga bisa melihat hasil jawaban responden di google spreadsheet dengan mengetuk ikon spreadsheet di sebelah kanan atas layar. Anda akan dibawa ke halaman google spreadsheet dimana Anda bisa melihat data-data yang dikumpulkan dari angket dalam bentuk tabel. Anda juga bisa mengolah dan menganalisis data-data tersebut menggunakan fitur-fitur google spreadsheet.

    Itulah cara membuat angket di google form lewat hp secara lengkap dan mudah. Dengan menggunakan google form lewat hp, Anda bisa membuat angket kapan saja dan dimana saja tanpa perlu repot-repot menggunakan kertas dan alat tulis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat angket secara online.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait