cara menggunakan classpoint untuk pembelajaran interaktif

administrator Juni 18, 2023

Apakah Anda seorang guru yang ingin membuat pembelajaran Anda lebih menarik dan menyenangkan dengan PowerPoint? Apakah Anda ingin membuat kuis interaktif, memberikan bintang, naik level, dan melihat papan peringkat siswa Anda tanpa meninggalkan PowerPoint? Jika ya, maka Anda perlu mencoba ClassPoint. ClassPoint adalah alat bantu pengajaran interaktif dan kuis kelas yang paling terintegrasi yang dirancang untuk setiap pendidik yang menggunakan PowerPoint. Dengan ClassPoint, Anda bisa mengubah slide PowerPoint Anda menjadi aktivitas siswa, menggunakan alat anotasi dan presentasi canggih, dan memotivasi siswa Anda dengan sistem penghargaan berbasis game. Dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa informasi dan tips tentang cara menggunakan classpoint untuk pembelajaran interaktif.

Pain point terkait classpoint adalah banyak guru yang belum tahu apa itu classpoint dan bagaimana cara menggunakannya. Padahal, classpoint bisa membantu guru meningkatkan kualitas pembelajaran mereka dengan PowerPoint. Beberapa masalah yang sering dihadapi guru saat menggunakan PowerPoint adalah:

  • PowerPoint terlalu statis dan membosankan bagi siswa.
  • Guru harus berpindah-pindah aplikasi untuk membuat kuis, polling, atau aktivitas lainnya.
  • Guru sulit mengukur pemahaman dan partisipasi siswa selama pembelajaran.
  • Guru kesulitan memberikan umpan balik dan penghargaan kepada siswa.
  • Guru kurang memiliki kontrol dan fleksibilitas atas presentasi mereka.

Konten yang menjawab target classpoint adalah classpoint adalah solusi untuk semua masalah tersebut. Classpoint adalah plugin PowerPoint untuk perangkat Windows yang memungkinkan guru untuk membuat pembelajaran interaktif dengan mudah dan cepat. Beberapa fitur utama classpoint adalah:

  • Kuis interaktif: Guru bisa membuat pertanyaan pilihan ganda, jawaban singkat, isian kosong, word cloud, gambar unggah, video unggah, rekaman audio, atau gambar slide langsung di slide PowerPoint mereka. Siswa bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan menggunakan perangkat mereka sendiri melalui kode QR atau tautan web. Guru bisa melihat hasil jawaban siswa secara real-time di layar atau di dasbor online.
  • Alat presentasi: Guru bisa menggunakan alat anotasi canggih seperti pena, bentuk, kotak teks, timer, stopwatch, pemilih nama acak, atau browser tertanam saat menyajikan slide PowerPoint mereka. Guru juga bisa menyeret objek pada slide secara langsung saat presentasi.
  • Sistem penghargaan: Guru bisa memberikan bintang kepada siswa sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi atau prestasi mereka. Siswa bisa mengumpulkan bintang dan naik level sesuai dengan jumlah bintang yang mereka dapatkan. Guru juga bisa melihat papan peringkat siswa berdasarkan jumlah bintang atau level mereka.

Ringkasan poin utama classpoint adalah classpoint adalah alat bantu pengajaran interaktif dan kuis kelas yang terintegrasi dengan PowerPoint. Classpoint memungkinkan guru untuk membuat aktivitas siswa, menggunakan alat anotasi dan presentasi canggih, dan memotivasi siswa dengan sistem penghargaan berbasis game tanpa meninggalkan PowerPoint.

Cara penggunaan classpoint untuk pembelajaran interaktif adalah sebagai berikut:

  • Guru bisa menggunakan classpoint untuk membuat kuis interaktif yang sesuai dengan materi pembelajaran mereka. Guru bisa membuat pertanyaan yang berbeda-beda untuk menguji pemahaman, pengetahuan, atau keterampilan siswa. Guru juga bisa memberikan umpan balik atau penjelasan atas jawaban yang benar atau salah.
  • Guru bisa menggunakan classpoint untuk membuat polling atau survei yang sesuai dengan topik pembelajaran mereka. Guru bisa membuat pertanyaan yang bersifat opinional, preferensial, atau evaluatif untuk menggali pendapat, minat, atau kepuasan siswa. Guru juga bisa melihat hasil polling atau survei secara grafis atau numerik.
  • Guru bisa menggunakan classpoint untuk membuat aktivitas kreatif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran mereka. Guru bisa membuat pertanyaan yang mengharuskan siswa untuk mengunggah gambar, video, rekaman audio, atau gambar slide yang mereka buat sendiri. Guru juga bisa memberikan komentar atau saran atas karya siswa.
  • Guru bisa menggunakan classpoint untuk membuat aktivitas kolaboratif yang sesuai dengan strategi pembelajaran mereka. Guru bisa membuat pertanyaan yang mengharuskan siswa untuk bekerja sama dalam kelompok kecil atau besar. Guru juga bisa melihat kontribusi dan interaksi siswa dalam aktivitas tersebut.
  • Guru bisa menggunakan classpoint untuk memberikan bintang kepada siswa sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi atau prestasi mereka. Guru bisa memberikan bintang secara manual atau otomatis berdasarkan kriteria yang ditentukan. Guru juga bisa melihat jumlah bintang dan level siswa di dasbor online.

Langkah-langkah Cara Menggunakan ClassPoint untuk Pembelajaran Interaktif

Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan classpoint untuk pembelajaran interaktif:

  1. Download dan install classpoint di komputer atau laptop Anda. Anda bisa mendownload classpoint secara gratis di situs web resmi classpoint https://id.classpoint.io/download. Pastikan Anda memiliki perangkat Windows 10 dan Office 2013 atau lebih tinggi.
  2. Buka aplikasi PowerPoint di komputer atau laptop Anda. Anda akan melihat tab ClassPoint pada menu bar PowerPoint.</li
  3. Klik tab ClassPoint, lalu klik Sign In atau Masuk. Masukkan email dan kata sandi Anda yang sudah terdaftar di classpoint. Jika Anda belum memiliki akun classpoint, klik Sign Up atau Daftar untuk membuat akun baru secara gratis.</li
  4. Buka file presentasi PowerPoint yang ingin Anda gunakan untuk pembelajaran interaktif. Jika Anda ingin membuat file presentasi baru, klik File pada menu bar PowerPoint, lalu klik New atau Baru.</li
  5. Klik tab ClassPoint, lalu klik Create a Class atau Buat Kelas. Masukkan nama kelas dan deskripsi kelas Anda, lalu klik Create atau Buat. Anda akan mendapatkan kode QR dan tautan web untuk kelas Anda.</li
  6. Bagikan kode QR dan tautan web kepada siswa Anda melalui email, chat, atau media sosial. Siswa Anda harus membuka kode QR atau tautan web dengan menggunakan perangkat mereka sendiri, seperti smartphone, tablet, atau laptop. Siswa Anda harus masuk dengan email dan kata sandi mereka yang sudah terdaftar di classpoint. Jika siswa Anda belum memiliki akun classpoint, mereka harus mendaftar terlebih dahulu secara gratis.
  7. Mulailah membuat kuis interaktif dengan menggunakan fitur ClassPoint. Klik tab ClassPoint, lalu klik Insert Question atau Sisipkan Pertanyaan. Pilih jenis pertanyaan yang ingin Anda buat, misalnya Multiple Choice, Short Answer, Word Cloud, dll. Masukkan teks pertanyaan dan pilihan jawaban (jika ada) pada slide PowerPoint Anda. Jangan lupa untuk menandai jawaban yang benar (jika ada) dengan mengklik tombol Correct Answer atau Jawaban Benar.
  8. Ulangi langkah 7 untuk setiap pertanyaan yang ingin Anda buat. Anda bisa menambahkan sebanyak mungkin pertanyaan pada slide PowerPoint Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.
  9. Jika Anda ingin menggunakan alat presentasi canggih dari ClassPoint, klik tab ClassPoint, lalu klik Presentation Tools atau Alat Presentasi. Pilih alat yang ingin Anda gunakan, misalnya Annotation, Text Box, Shapes, Timer dan Stopwatch, Name Picker, Quick Poll, Whiteboard Backgrounds, Draggable Objects, atau Embedded Browser. Gunakan alat tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda saat menyajikan slide PowerPoint Anda.
  10. Jika Anda ingin memberikan bintang kepada siswa Anda sebagai bentuk penghargaan, klik tab ClassPoint, lalu klik Award Stars atau Beri Bintang. Pilih jumlah bintang yang ingin Anda berikan, lalu pilih siswa yang ingin Anda beri bintang. Anda bisa memberikan bintang secara manual atau otomatis berdasarkan kriteria yang ditentukan.
  11. Jika Anda ingin melihat jumlah bintang dan level siswa Anda, klik tab ClassPoint, lalu klik Levels atau Level. Anda bisa melihat papan peringkat siswa berdasarkan jumlah bintang atau level mereka. Anda juga bisa mengatur nama dan gambar level sesuai dengan keinginan Anda.
  12. Jika Anda ingin melihat hasil jawaban siswa secara real-time di layar, klik tab ClassPoint, lalu klik Show Results atau Tampilkan Hasil. Anda bisa melihat hasil jawaban siswa dalam bentuk grafik atau angka. Anda juga bisa memberikan umpan balik atau penjelasan atas jawaban yang benar atau salah.
  13. Jika Anda ingin melihat hasil jawaban siswa secara detail di dasbor online, klik tab ClassPoint, lalu klik Dashboard atau Dasbor. Anda akan diarahkan ke situs web classpoint.io di browser Anda. Masuk dengan email dan kata sandi Anda yang sudah terdaftar di classpoint. Pilih kelas dan presentasi yang ingin Anda lihat hasilnya. Anda bisa melihat hasil jawaban siswa per pertanyaan atau per siswa. Anda juga bisa mengunduh hasil jawaban siswa dalam format Excel.
  14. Sekarang Anda sudah berhasil menggunakan classpoint untuk pembelajaran interaktif.
  15. Anda bisa menyimpan file presentasi PowerPoint Anda dengan format normal (.pptx) atau dengan format classpoint (.classpoint). Jika Anda menyimpan file presentasi dengan format classpoint, maka semua pertanyaan dan alat presentasi yang Anda buat akan tetap tersimpan dan dapat digunakan kembali. Jika Anda menyimpan file presentasi dengan format normal, maka semua pertanyaan dan alat presentasi yang Anda buat akan hilang dan tidak dapat digunakan kembali.
  16. Selamat mencoba!
Baca Juga  Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata - Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik

Alternatif Cara Menggunakan ClassPoint untuk Pembelajaran Interaktif

Berikut adalah beberapa alternatif cara menggunakan classpoint untuk pembelajaran interaktif:

  • Anda bisa menggunakan classpoint untuk membuat game edukatif yang sesuai dengan materi pembelajaran Anda. Anda bisa membuat pertanyaan yang berisi teka-teki, trivia, fakta menarik, atau tantangan yang harus diselesaikan oleh siswa. Anda juga bisa memberikan bintang sebagai hadiah bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan tersebut.
  • Anda bisa menggunakan classpoint untuk membuat diskusi kelas yang sesuai dengan topik pembelajaran Anda. Anda bisa membuat pertanyaan yang bersifat kontroversial, provokatif, atau reflektif yang dapat memicu pemikiran kritis dan komunikasi efektif di antara siswa. Anda juga bisa memberikan bintang sebagai apresiasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif dalam diskusi tersebut.
  • Anda bisa menggunakan classpoint untuk membuat simulasi atau eksperimen yang sesuai dengan tujuan pembelajaran Anda. Anda bisa membuat pertanyaan yang mengharuskan siswa untuk melakukan observasi, prediksi, hipotesis, eksperimen, analisis, atau kesimpulan terhadap suatu fenomena atau masalah. Anda juga bisa memberikan bintang sebagai pengakuan bagi siswa yang menunjukkan pemahaman dan keterampilan ilmiah.
  • Anda bisa menggunakan classpoint untuk membuat portofolio atau proyek yang sesuai dengan strategi pembelajaran Anda. Anda bisa membuat pertanyaan yang mengharuskan siswa untuk membuat produk atau karya seni yang merepresentasikan hasil belajar mereka. Siswa bisa mengunggah gambar, video, rekaman audio, atau gambar slide yang mereka buat sendiri. Anda juga bisa memberikan bintang sebagai penghargaan bagi siswa yang menunjukkan kreativitas dan inovasi.

Tanya Jawab Terkait Cara Menggunakan ClassPoint untuk Pembelajaran Interaktif

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban terkait cara menggunakan classpoint untuk pembelajaran interaktif:

Apakah classpoint aman dan terpercaya untuk digunakan?

Ya. Classpoint adalah alat bantu pengajaran yang aman dan terpercaya untuk digunakan. Classpoint menghormati privasi dan keamanan data Anda dan siswa Anda. Classpoint tidak akan mengumpulkan, menyimpan, atau membagikan data pribadi Anda dan siswa Anda tanpa izin Anda. Classpoint juga menggunakan enkripsi dan proteksi yang kuat untuk mencegah akses yang tidak sah atau penyalahgunaan data Anda dan siswa Anda. Anda bisa membaca kebijakan privasi dan syarat layanan classpoint di situs web resmi classpoint.

Baca Juga  Contoh Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat WA karena Urusan Keluarga

Apakah classpoint gratis atau berbayar untuk digunakan?

Classpoint adalah alat bantu pengajaran yang gratis untuk digunakan. Anda tidak perlu membayar biaya apapun untuk mendownload, menginstall, atau menggunakan classpoint. Anda juga tidak perlu membayar biaya apapun untuk membuat akun, kelas, presentasi, atau kuis dengan classpoint. Classpoint memberikan fitur-fitur canggih dan interaktif secara gratis untuk semua pengguna.

Apakah classpoint bisa digunakan secara offline atau online?

Classpoint bisa digunakan secara offline atau online tergantung pada kebutuhan dan situasi Anda. Jika Anda ingin menggunakan classpoint secara offline, Anda harus mendownload dan menginstall classpoint di komputer atau laptop Anda terlebih dahulu. Anda juga harus menyimpan file presentasi PowerPoint Anda dengan format classpoint (.classpoint) agar semua pertanyaan dan alat presentasi yang Anda buat tetap tersimpan dan dapat digunakan kembali. Namun, jika Anda menggunakan classpoint secara offline, Anda tidak bisa melihat hasil jawaban siswa secara real-time di layar atau di dasbor online. Anda juga tidak bisa memberikan bintang kepada siswa atau melihat jumlah bintang dan level siswa.

Jika Anda ingin menggunakan classpoint secara online, Anda harus memiliki koneksi internet yang stabil dan kuat. Anda juga harus masuk dengan email dan kata sandi Anda yang sudah terdaftar di classpoint. Siswa Anda juga harus masuk dengan email dan kata sandi mereka yang sudah terdaftar di classpoint. Jika Anda menggunakan classpoint secara online, Anda bisa melihat hasil jawaban siswa secara real-time di layar atau di dasbor online. Anda juga bisa memberikan bintang kepada siswa dan melihat jumlah bintang dan level siswa.

Kesimpulan Terkait Cara Menggunakan ClassPoint untuk Pembelajaran Interaktif

Dari artikel ini, kita dapat menyimpulkan beberapa hal terkait cara menggunakan classpoint untuk pembelajaran interaktif:

  • Classpoint adalah alat bantu pengajaran interaktif dan kuis kelas yang terintegrasi dengan PowerPoint.
  • Classpoint memungkinkan guru untuk membuat aktivitas siswa, menggunakan alat anotasi dan presentasi canggih, dan memotivasi siswa dengan sistem penghargaan berbasis game tanpa meninggalkan PowerPoint.
  • Classpoint adalah alat bantu pengajaran yang gratis, aman, dan terpercaya untuk digunakan.
  • Classpoint bisa digunakan secara offline atau online tergantung pada kebutuhan dan situasi guru.
  • Classpoint memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk membuat pembelajaran interaktif, seperti kuis interaktif, alat presentasi, sistem penghargaan, dll.
Baca Juga  Contoh model refleksi : model Cuaca

Demikian artikel yang saya buat tentang cara menggunakan classpoint untuk pembelajaran interaktif. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menggunakan classpoint untuk pembelajaran interaktif. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait