Pendidikan yang memerdekakan siswa

administrator Oktober 31, 2023

Arti Belajar sebagai pendidik dan Murid


Apa arti belajar bagi anda?
 Belajar adalah jendela dunia. Bagi saya, belajar adalah pintu yang membawa kita ke pemahaman yang lebih dalam tentang diri kita, orang lain, dan dunia di sekitar kita. Ini adalah kunci untuk pertumbuhan dan kemajuan.

Bagaimana perasaan Anda saat harus belajar di sekolah? Terkadang saya merasa antusias dan ingin tahu, ingin menggali lebih dalam. Namun, ada juga saat-saat ketika saya merasa malas atau terbebani oleh tugas-tugas sekolah. saya mempunyai prinsip “TEKAD PANGKAT” dan NGALAH BERKAH selama menjadi murid.

Hal apa yang membuat Anda senang belajar di sekolah? Saya merasa senang belajar ketika guru memberikan materi dengan cara yang menarik, dan saya dapat melihat relevansinya dalam kehidupan sehari-hari. Teman-teman yang mendukung dan suasana belajar yang positif juga membuat saya senang belajar.

Hal apa yang membuat Anda tidak senang belajar di sekolah? Ketika pembelajaran terasa monoton atau terlalu teoritis tanpa hubungan nyata dengan kehidupan, saya merasa kurang termotivasi. Selain itu, tekanan ujian dan tugas berat juga dapat membuat saya merasa tidak senang.

Apa kejadian menyenangkan yang pernah Anda alami saat menjadi seorang murid? Salah satu kenangan yang paling menyenangkan adalah saat saya mendapatkan nilai bagus dalam pelajaran matematika yang awalnya sulit bagi saya. Itu membuat saya merasa bangga dan percaya diri.

Kejadian kurang nyaman yang pernah Anda alami saat menjadi seorang murid? Ada satu kejadian di mana saya gagal dalam ujian  sehingga saya tidak naik kelas dan merasa sangat kecewa. Itu membuat saya merasa rendah diri dan frustasi.

Apakah mata pelajaran yang Anda sukai? Saya sangat menyukai mata pelajaran sains. Alasannya adalah karena saya selalu merasa unik ketika memahami bagaimana alam semesta berfungsi. Sains memberi saya wawasan yang menakjubkan tentang dunia.

Kegiatan belajar apa yang paling menarik untuk Anda pada saat itu? Saya sangat menikmati eksperimen sains di laboratorium. Saya suka melihat teori-teori di buku pelajaran menjadi nyata melalui percobaan.

Guru mata pelajaran apa yang menjadi favorit anda? Guru favorit saya adalah Ibu Siti Zulaikha, guru IPA. Beliau selalu penuh semangat dan berdedikasi dalam mengajar. Ia membuat pelajaran IPA menjadi menarik dengan praktik dan game yang menginspirasi.

Baca Juga  link grup wa pemersatu bangsa

Guru mata pelajaran apa yang tidak anda sukai? Guru yang tidak saya sukai adalah guru yang terlalu otoriter dan kurang berinteraksi dengan siswa. Mereka membuat pembelajaran terasa tegang dan tidak menyenangkan.

Guru seperti apa yang membuat Anda termotivasi dalam belajar? Guru yang bisa menjelaskan dengan baik, berempati, dan mendukung siswa adalah guru yang bisa membuat saya termotivasi dalam belajar. Mereka menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memahami kebutuhan siswa mereka.

1. Hal apa yang mendorong Anda untuk menjadi seorang pendidik seperti saat ini? Saya terdorong oleh keinginan saya untuk berbagi pengetahuan, membantu siswa mengembangkan potensi mereka, dan memberikan dampak positif pada masyarakat. Dalam peran sebagai pendidik, saya merasa memiliki kesempatan untuk membentuk generasi masa depan.

2. Pendidik seperti apakah Anda saat ini? Saat ini, saya berusaha menjadi pendidik yang mendengarkan, merangsang rasa ingin tahu, dan memberikan dukungan kepada siswa untuk memahami potensinya. Saya percaya pada pendekatan berpusat pada siswa, yang memungkinkan siswa berperan aktif dalam pembelajaran mereka. Saya juga selalu mencari cara untuk terus belajar dan berkembang sebagai pendidik.

3. Bagaimana profil pendidik yang ideal yang ingin anda capai? Pendidik ideal yang ingin saya capai adalah seseorang yang dapat menginspirasi siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan empatik. Saya ingin menciptakan lingkungan yang aman dan inklusif di mana setiap siswa merasa didengar dan dihargai. Pendidik ideal juga harus berperan sebagai model peran yang baik dalam kehidupan siswa, mengajarkan nilai-nilai profil pelajar pancasila dan etika.

4. Bagaimana praktik-praktik belajar yang Anda ketahui atau amati terjadi di sekitar Anda sekarang? Saya melihat semakin banyak pendidik yang menggunakan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran. Praktik-praktik yang mendukung pembelajaran kolaboratif dan interaktif semakin umum. Pendidik juga semakin menyadari pentingnya pendidikan inklusif, di mana setiap siswa diberikan kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang.

Definisi Belajar yang Saya Pahami: Belajar adalah suatu proses di mana individu menggali pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan baru melalui pengalaman, refleksi, dan interaksi dengan informasi dan lingkungan. Ini melibatkan pemahaman konsep, pengembangan keterampilan, serta pertumbuhan dalam pemikiran dan pemahaman.

Definisi Pendidikan yang Saya Pahami: Pendidikan adalah upaya untuk membantu individu tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan mereka, termasuk intelektual, sosial, emosional, dan moral. Pendidikan bukan hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga tentang pembentukan karakter, pengembangan keterampilan, dan persiapan individu untuk berkontribusi pada masyarakat

Baca Juga  cara menautkan simpkb dengan akun belajar.id

Jelaskan tokoh dan teori yang menjadi panutan dan referensi Anda dalam menjalankan peran Anda sebagai pendidik!

Salah satu tokoh yang menjadi panutan dan referensi saya dalam menjalankan peran sebagai pendidik adalah Ki Hajar Dewantara. Beliau adalah pionir pendidikan di Indonesia yang mendirikan Taman Siswa dan berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang inklusif, berbasis budaya, dan membentuk karakter. Filsafat “Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani” dari Ki Hajar Dewantara, yang berarti “Kita harus menjadi contoh, di tengah-tengah kita membangun semangat, di belakang kita memberikan dukungan,” mengilhami saya untuk menjadi pendidik yang tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga mendukung perkembangan pribadi dan karakter siswa.

Selain Ki Hajar Dewantara, teori konstruktivisme dan pemikiran Jean Piaget dan Lev Vygotsky juga memengaruhi pendekatan saya dalam pendidikan. Mereka menekankan peran aktif siswa dalam pembelajaran dan pentingnya konstruksi pengetahuan melalui pengalaman langsung dan interaksi sosial. Ini membantu saya menciptakan lingkungan belajar yang mendorong eksplorasi dan pemecahan masalah siswa.

Semua prinsip ini membentuk landasan yang kuat bagi saya dalam menjalani peran sebagai pendidik, dengan tujuan untuk membantu siswa tumbuh dan berkembang secara holistik, menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, dan menjadi contoh yang positif dalam kehidupan siswa.

Bagaimana pengalaman belajar Anda mempengaruhi tujuan anda bergabung dalam program Pendidikan Guru Penggerak sebagai Pengajar Praktik?

Pengalaman belajar saya telah memengaruhi tujuan saya untuk bergabung dalam program Pendidikan Guru Penggerak sebagai Pengajar Praktik dengan cara yang signifikan. Saya yakin bahwa pendidikan adalah kunci untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat dan membantu siswa mencapai potensi penuh mereka.

Selama pengalaman belajar saya, saya telah merasakan dampak positif dari guru-guru yang berdedikasi dan berpengetahuan luas. Mereka tidak hanya mengajarkan materi pelajaran, tetapi juga memberikan inspirasi dan dukungan yang mendalam kepada saya. Saya ingin memberikan hal yang sama kepada generasi berikutnya.

Saya juga percaya bahwa sebagai seorang pendidik, saya memiliki tanggung jawab untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan kritis, pemikiran kreatif, dan kemampuan sosial yang mereka butuhkan untuk berhasil dalam dunia yang terus berubah. Program Pendidikan Guru Penggerak merupakan program yang sempurna untuk berkontribusi pada perkembangan pendidikan di Indonesia.

Baca Juga  REFLEKSI MODEL FSB (Fridge, Suitcase, Bin) dalam pendidikan guru penggerak

Saya ingin menjadi pengajar praktik yang berdedikasi, yang tidak hanya menyampaikan pengetahuan, tetapi juga berperan aktif dalam membentuk karakter siswa  sesuai profil pelajar pancasila dan membantu mereka menghadapi tantangan dunia nyata. Saya ingin mendukung inovasi dalam pendidikan dan memberikan siswa pengalaman pembelajaran yang relevan dan bermakna.

Dengan bergabung dalam program ini, saya berharap dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam dunia pendidikan, memberikan dampak yang signifikan pada siswa, dan membantu menciptakan masa depan yang lebih cerah khususnya di Sskolah SMPN 2 Sukorejo melalaui komunitas belajar internal sekolah dan di Kabupaten Pasuruan melalui komunitas antar sekolah guruapasuruankab.

Bagaimana latar belakang dan prinsip yang Anda anut sebagai pendidik mempengaruhi tujuan Anda bergabung dalam program Pendidikan Guru Penggerak sebagai Pengajar Praktik?

Latar belakang dan prinsip yang saya anut sebagai pendidik memiliki pengaruh yang kuat terhadap tujuan saya bergabung dalam program Pendidikan Guru Penggerak sebagai Pengajar Praktik. Berikut adalah bagaimana latar belakang dan prinsip-prinsip tersebut memengaruhi tujuan saya:

  1. Pengalaman sebagai Pendidik: Sebagai seorang pendidik dengan pengalaman dalam mengajar, saya telah melihat langsung betapa pentingnya peran guru dalam membentuk masa depan siswa. Saya memiliki keyakinan yang kuat bahwa pendidikan memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan dan masyarakat, dan saya ingin berperan aktif dalam proses ini.

  2. Prinsip-prinsip Pendidikan: Prinsip-prinsip yang saya anut sebagai pendidik, seperti pendekatan berpusat pada siswa, inklusi, dan pengembangan karakter berdasarkan profil pelajar pancasila, memandu cara saya mendekati pengajaran dan interaksi dengan siswa. Saya ingin menerapkan prinsip-prinsip ini dalam konteks praktik pengajaran saya untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan holistik siswa.
  3. Penggerak Komunitas Belajar: Saya memiliki tekad untuk memberikan kontribusi positif pada masyarakat melalui komunitas belajar. Bergabung dalam program Pendidikan Guru Penggerak memberi saya untuk senantiasa berbagi dan berkontribusi di lingkungan pendidikan yang lebih besar agar tercipta pendidikan berkualitas.
  4. Belajar Sepanjang Hayat: Saya selalu berusaha untuk terus belajar dan berkembang sebagai pendidik. Program Pendidikan Guru Penggerak akan memberi saya kesempatan untuk terus memperluas pengetahuan dan keterampilan saya dalam dunia pendidikan.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait