Cara cepat buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya

administrator Juli 3, 2023

Hai, Sahabat Warta Bangil. Apakah Anda sedang mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda? Apakah Anda ingin tahu cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya? Jika ya, Anda mungkin tertarik untuk membaca artikel ini sampai habis. Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap dan jelas tentang cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya, lengkap dengan fungsi dan alternatifnya.

Cara Buat Kartu Kuning Online untuk Melamar Kerja: Syarat dan Langkahnya

Cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan dokumen tanda pencari kerja yang dikeluarkan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) kabupaten/kota. Dokumen ini biasanya diperlukan sebagai salah satu syarat untuk melamar kerja di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta. Dengan cara ini, Anda bisa membuat kartu kuning secara mudah, cepat, dan gratis tanpa harus datang langsung ke kantor Disnaker.

Ada beberapa fungsi, syarat, dan langkah-langkah untuk cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya yang bisa Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Fungsi Kartu Kuning Online untuk Melamar Kerja

Kartu kuning online untuk melamar kerja memiliki beberapa fungsi, yaitu:

• Sebagai dokumen tanda pencari kerja yang resmi dan sah yang dikeluarkan oleh Disnaker kabupaten/kota.

Baca Juga  cara melakukan aktivasi identitas kependudukan digital terkini

• Sebagai dokumen pendataan para pencari kerja yang berisi data diri, pendidikan, keterampilan, dan pengalaman kerja.

• Sebagai dokumen persyaratan untuk melamar kerja di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta.

• Sebagai dokumen akses untuk mendapatkan informasi lowongan kerja, bursa kerja, pelatihan kerja, atau program lain yang diselenggarakan oleh Disnaker kabupaten/kota.

Syarat Buat Kartu Kuning Online untuk Melamar Kerja

Syarat buat kartu kuning online untuk melamar kerja adalah sebagai berikut:

• Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum di Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).

• Memiliki alamat email yang aktif dan valid.

• Memiliki nomor telepon yang aktif dan valid.

• Memiliki foto resmi ukuran 3×4 cm dengan latar belakang merah.

• Memiliki fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang dilegalisir.

• Memiliki fotokopi sertifikat kompetensi kerja bagi yang memiliki.

• Memiliki fotokopi surat keterangan pengalaman kerja bagi yang memiliki.

Langkah-langkah Buat Kartu Kuning Online untuk Melamar Kerja

Langkah-langkah buat kartu kuning online untuk melamar kerja adalah sebagai berikut:

• Kunjungi laman resmi Disnaker kabupaten/kota tempat domisili Anda sesuai dengan KTP atau KK. Anda bisa mencarinya di mesin pencari Google dengan kata kunci “Disnaker [nama kabupaten/kota]” atau mengakses situs https://karirhub.kemnaker.go.id/ yang merupakan portal nasional karir dan hubungan industrial dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

• Pilih menu daftar atau registrasi. Isi data NIK KTP, nama lengkap, email, nomor telepon, dan kata sandi. Klik “Masuk Sekarang” atau “Daftar”.

• Setelah itu, Anda akan diminta mengisi data lainnya, seperti data akun, data diri, pekerjaan, keterampilan, dan pendidikan. Pastikan data yang Anda isi sesuai dengan dokumen yang Anda miliki.

• Pilih “Daftar Sebagai Pencari Kerja”. Pastikan Anda sudah mengunggah foto resmi ukuran 3×4 cm dengan latar belakang merah.

• Setelah akun Anda jadi, Anda bisa mencetak kartu kuning online Anda dengan cara mengunduhnya dalam format PDF atau JPG. Anda juga bisa mengakses berbagai fitur yang tersedia di situs Disnaker, seperti mencari lowongan kerja, mengikuti bursa kerja, mendaftar pelatihan kerja, atau menghubungi konselor karir.

Baca Juga  ular berkembang biak dengan cara apa? ovipar atau vivipar, simak ulasannya

Alternatif Buat Kartu Kuning Online untuk Melamar Kerja

Jika Anda tidak bisa buat kartu kuning online untuk melamar kerja karena alasan tertentu, seperti tidak ada koneksi internet, tidak ada situs online yang sesuai, atau tidak puas dengan hasilnya, maka Anda bisa mencoba alternatif lain, yaitu:

• Membuat kartu kuning secara offline di kantor Disnaker kabupaten/kota tempat domisili Anda sesuai dengan KTP atau KK. Anda bisa datang langsung ke kantor Disnaker dengan membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP, fotokopi ijazah, fotokopi sertifikat, fotokopi surat keterangan pengalaman kerja, dan pas foto 3×4 cm. Anda bisa mengisi formulir pendaftaran yang disediakan di loket pelayanan dan menyerahkan dokumen-dokumen tersebut. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kartu kuning yang dicetak oleh petugas Disnaker.

• Membuat kartu kuning secara daring melalui aplikasi mobile yang disediakan oleh Kemnaker atau Disnaker kabupaten/kota. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store atau App Store dengan nama “KarirHub” atau “Disnaker [nama kabupaten/kota]”. Anda bisa mendaftar sebagai pencari kerja dengan mengisi data-data yang diminta dan mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Setelah itu, Anda bisa mencetak kartu kuning online Anda melalui aplikasi tersebut.

Tanya Jawab Seputar Cara Buat Kartu Kuning Online untuk Melamar Kerja: Syarat dan Langkahnya

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya, beserta jawabannya:

1. Apakah cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya itu gratis?

Ya. Cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya itu gratis. Anda tidak perlu membayar biaya apapun untuk membuat kartu kuning online melalui situs Disnaker atau Kemnaker. Jika ada pihak yang meminta pungutan atau imbalan untuk membuat kartu kuning online, Anda bisa melaporkannya kepada pihak berwajib.

2. Apakah cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya itu resmi?

Ya. Cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya itu resmi. Kartu kuning online yang Anda buat melalui situs Disnaker atau Kemnaker adalah dokumen tanda pencari kerja yang sah dan dikeluarkan oleh pemerintah. Kartu kuning online ini memiliki nomor registrasi yang unik dan bisa dicek keabsahannya melalui situs Disnaker atau Kemnaker.

Baca Juga  Cara Mural Tembok di Sekolah Agar Lebih Estetik

3. Apakah cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya itu mudah?

Ya. Cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya itu mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas dengan benar. Anda tidak perlu memiliki keterampilan atau pengetahuan khusus untuk membuat kartu kuning online. Anda hanya perlu memiliki koneksi internet dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan dokumen tanda pencari kerja yang dikeluarkan oleh Disnaker kabupaten/kota. Dokumen ini biasanya diperlukan sebagai salah satu syarat untuk melamar kerja di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta. Dengan cara ini, Anda bisa membuat kartu kuning secara mudah, cepat, dan gratis tanpa harus datang langsung ke kantor Disnaker.

Ada beberapa fungsi, syarat, dan langkah-langkah untuk cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya yang bisa Anda ketahui. Anda juga bisa mengetahui alternatif dan tanya jawab seputar cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang cara buat kartu kuning online untuk melamar kerja: syarat dan langkahnya.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait