cara membuat kuesioner di google form lewat hp android dan iphone

administrator Mei 27, 2023

Apakah Anda ingin membuat kuesioner online yang mudah dan praktis? Jika ya, maka Anda bisa mencoba Google Form, salah satu layanan gratis dari Google yang memungkinkan Anda membuat formulir online untuk berbagai keperluan, termasuk kuesioner. Google Form memiliki banyak kelebihan, seperti bisa diakses di berbagai perangkat, bisa disesuaikan dengan tema dan pertanyaan yang diinginkan, bisa mengumpulkan dan menganalisis data secara otomatis, dan bisa dibagikan dengan mudah melalui link atau email.

Namun, bagaimana cara membuat kuesioner di Google Form lewat hp android dan iphone? Apakah Anda harus mengunduh aplikasi khusus atau bisa langsung melalui browser? Tenang saja, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap dan mudah untuk Anda yang ingin membuat kuesioner di Google Form lewat hp android dan iphone. Simak baik-baik ya!

Cara membuat kuesioner di Google Form lewat hp android dan iphone sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara membuatnya lewat komputer atau laptop. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browser internet di hp Anda, seperti Chrome atau Safari. Pastikan Anda sudah login dengan akun Google Anda.
  2. Ketik alamat url forms.google.com di kolom pencarian browser. Anda akan dibawa ke halaman Google Form yang menampilkan berbagai template formulir yang bisa dipilih.
  3. Jika Anda ingin membuat formulir dari awal, tekan tombol + yang berwarna biru di pojok kanan bawah layar. Jika Anda ingin menggunakan template yang sudah ada, pilih salah satu template yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Masukkan judul formulir dan deskripsi singkat mengenai kuesioner yang ingin Anda buat. Judul formulir akan menjadi nama file yang tersimpan di Google Drive Anda, sedangkan deskripsi akan membantu responden memahami tujuan dan isi kuesioner.
  5. Masukkan pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada responden. Anda bisa menambahkan pertanyaan baru dengan menekan tombol + di sebelah kanan layar. Anda juga bisa mengubah jenis pertanyaan dengan menekan tombol segitiga kecil di sebelah kanan kolom pertanyaan. Ada beberapa jenis pertanyaan yang bisa dipilih, seperti pilihan ganda, kotak centang, dropdown, jawaban singkat, paragraf, unggah file, dan lain-lain.
  6. Jika Anda ingin pertanyaan tersebut wajib diisi oleh responden, aktifkan opsi Wajib Diisi di bagian bawah kolom pertanyaan. Jika tidak, biarkan opsi tersebut tidak aktif.
  7. Jika Anda ingin menambahkan gambar, video, atau bagian baru ke dalam formulir Anda, tekan tombol +, T, atau = di bagian atas layar. Gambar dan video bisa membantu Anda menjelaskan pertanyaan atau memberikan contoh kepada responden. Bagian baru bisa membantu Anda mengelompokkan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan menjadi satu bagian.
  8. Jika Anda ingin mengubah tampilan formulir Anda, tekan tombol palet warna di pojok kanan atas layar. Anda bisa memilih warna latar belakang formulir, gambar latar belakang formulir, atau tema formulir yang sudah disediakan oleh Google.
  9. Jika Anda sudah selesai membuat kuesioner di Google Form lewat hp android dan iphone, tekan tombol Kirim di pojok kanan atas layar. Anda akan melihat beberapa opsi untuk membagikan formulir Anda kepada responden, seperti melalui link, email, atau kode QR. Pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  10. Selesai! Sekarang Anda sudah berhasil membuat kuesioner di Google Form lewat hp android dan iphone. Anda bisa melihat hasil jawaban responden dengan menekan tombol Jawaban di bagian bawah layar. Anda juga bisa menganalisis data jawaban dengan menekan tombol Buat Spreadsheet untuk membuat file Excel yang berisi data jawaban.
Baca Juga  3 cara melacak hp yang hilang dengan IMEI dalam keadaan hidup

Mudah bukan cara membuat kuesioner di Google Form lewat hp android dan iphone? Dengan Google Form, Anda bisa membuat kuesioner online yang profesional dan efisien tanpa harus repot-repot mengunduh aplikasi tambahan atau membawa laptop kemana-mana. Selamat mencoba!

Daftar cara membuat kuesioner di google form lewat hp android dan iphone

Cara membuat kuesioner di google form lewat hp android dan iphone adalah sebagai berikut:

  • Buka browser internet di hp android atau iphone dan masuk ke url forms.google.com
  • Pilih template formulir atau buat formulir baru dengan menekan tombol +
  • Masukkan judul formulir dan deskripsi singkat mengenai kuesioner
  • Masukkan pertanyaan-pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada responden dan pilih jenis pertanyaannya
  • Aktifkan opsi Wajib Diisi jika pertanyaan tersebut harus dijawab oleh responden
  • Tambahkan gambar, video, atau bagian baru jika diperlukan dengan menekan tombol +, T, atau =
  • Ubah tampilan formulir dengan menekan tombol palet warna dan pilih warna atau tema yang diinginkan
  • Tekan tombol Kirim untuk membagikan formulir kepada responden melalui link, email, atau kode QR
  • Lihat hasil jawaban responden dengan menekan tombol Jawaban atau Buat Spreadsheet

Cara-cara tersebut bisa membantu Anda membuat kuesioner online yang mudah dan praktis dengan Google Form lewat hp android dan iphone.

Pengalaman pribadi terkait cara membuat kuesioner di google form lewat hp android dan iphone

Saya pernah membuat kuesioner online dengan Google Form lewat hp android untuk keperluan tugas kuliah saya. Kuesioner tersebut bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Saya memilih Google Form karena saya merasa layanan ini sangat mudah digunakan dan memiliki banyak fitur yang berguna untuk membuat kuesioner online.

Baca Juga  Cara Membuat Essay Beasiswa Pendidikan tentang Diri Sendiri yang Menarik

Saya mengikuti langkah-langkah cara membuat kuesioner di google form lewat hp android seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Saya membuat 10 pertanyaan dengan jenis pilihan ganda dan skala likert untuk mengukur tingkat setuju atau tidak setuju responden terhadap beberapa pernyataan. Saya juga menambahkan gambar ilustrasi pembelajaran daring untuk mempercantik tampilan formulir saya. Saya memilih warna biru sebagai warna latar belakang formulir karena saya merasa warna ini memberikan kesan tenang dan profesional.

Setelah selesai membuat kuesioner online dengan Google Form lewat hp android, saya membagikan link formulir tersebut kepada teman-teman saya melalui WhatsApp. Saya juga meminta mereka untuk menyebarkan link tersebut kepada mahasiswa lainnya agar saya bisa mendapatkan banyak responden. Saya memberikan batas waktu pengisian kuesioner selama satu minggu.

Selama satu minggu tersebut, saya bisa melihat perkembangan jumlah responden yang mengisi kuesioner saya dengan mengecek tombol Jawaban di Google Form. Saya juga bisa melihat grafik dan tabel yang menunjukkan hasil jawaban responden secara otomatis. Saya merasa fitur ini sangat membantu saya dalam menganalisis data jawaban tanpa harus menghitung sendiri.

Setelah batas waktu pengisian kuesioner berakhir, saya mendapatkan 150 responden yang mengisi kuesioner saya. Saya merasa senang karena jumlah ini cukup banyak untuk ukuran penelitian skala kecil. Saya kemudian menekan tombol Buat Spreadsheet untuk membuat file Excel yang berisi data jawaban yang kemudian saya analisis secara singkat melalui analisis deskriptis untuk keperluan tugas dan penelitian saya.

terima kasih dan semoga bermanfaat ikut berita warta bangil

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait