kalkulator kesehatan mental link google form melalui aplikasi kemenkes

administrator Mei 27, 2023

Kesehatan mental adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Kesehatan mental berkaitan dengan kesejahteraan psikologis dan emosional seseorang, yang mempengaruhi cara berpikir, merasakan, dan bertindak. Kesehatan mental juga mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengatasi stres, menghadapi masalah, berinteraksi dengan orang lain, dan menikmati hidup.

Namun, kesehatan mental seringkali diabaikan atau dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal, kesehatan mental bisa terganggu oleh berbagai faktor, seperti tekanan kerja, konflik keluarga, trauma masa lalu, penyakit fisik, atau faktor lingkungan. Gangguan kesehatan mental bisa menyebabkan berbagai gejala negatif, seperti kecemasan, depresi, gangguan tidur, gangguan makan, perilaku menyakiti diri sendiri, atau bahkan bunuh diri.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui dan memeriksa kondisi kesehatan mental kita secara berkala. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan kalkulator kesehatan mental link google form melalui aplikasi kemenkes. Apa itu kalkulator kesehatan mental link google form melalui aplikasi kemenkes? Bagaimana cara menggunakannya? Apa manfaatnya bagi kita? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Apa itu kalkulator kesehatan mental link google form melalui aplikasi kemenkes?

Kalkulator kesehatan mental link google form melalui aplikasi kemenkes adalah sebuah alat online yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat kesehatan mental seseorang berdasarkan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kondisi psikis dan emosionalnya. Kalkulator ini dibuat oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) bekerja sama dengan Universitas Airlangga (Unair) melalui situs laluibersama.com.

Baca Juga  Lomba mural lingkungan dengan tema Beat Plastic Pollution untuk siswa SMPN 1 Pandaan

Kalkulator ini menggunakan google form sebagai media untuk mengisi pertanyaan-pertanyaan yang disediakan. Google form adalah sebuah layanan gratis dari Google yang memungkinkan pengguna untuk membuat formulir online untuk berbagai keperluan. Google form memiliki banyak fitur yang memudahkan pengguna dalam membuat dan mengelola formulir online, seperti menambahkan pertanyaan, mengubah jenis pertanyaan, menambahkan gambar atau video, mengubah tampilan formulir, membagikan formulir, dan menganalisis hasil jawaban.

Kalkulator kesehatan mental link google form melalui aplikasi kemenkes ini bisa diakses melalui aplikasi resmi Kemenkes RI yang bernama Sehat Jiwa Indonesia (SJI). Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi tentang kesehatan jiwa kepada masyarakat Indonesia. Aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur lain yang bermanfaat bagi pengguna, seperti direktori layanan kesehatan jiwa terdekat, artikel-artikel tentang kesehatan jiwa, forum diskusi antar pengguna, dan tes-tes psikologis.

Bagaimana cara menggunakan kalkulator kesehatan mental link google form melalui aplikasi kemenkes?

Untuk menggunakan kalkulator kesehatan mental link google form melalui aplikasi kemenkes, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh dan instal aplikasi Sehat Jiwa Indonesia (SJI) di hp Anda. Pastikan Anda sudah memiliki akun Google untuk bisa mengakses google form.
  2. Buka aplikasi SJI dan pilih menu Tes Psikologis.
  3. Pilih tes yang bernama Kalkulator Kesehatan Mental.
  4. Anda akan dibawa ke halaman google form yang berisi 26 pertanyaan seputar kondisi psikis dan emosional Anda. Pertanyaan-pertanyaan tersebut berkaitan dengan gejala-gejala gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, stres, gangguan tidur, gangguan makan, perilaku menyakiti diri sendiri, atau bunuh diri.
  5. Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur dan sesuai dengan apa yang Anda rasakan saat ini. Anda bisa memilih salah satu dari empat opsi jawaban yang tersedia untuk setiap pertanyaan. Opsi jawaban tersebut adalah Ya (50 poin), Mungkin (25 poin), Tidak Tahu (0 poin), atau Tidak (0 poin).
  6. Setelah Anda menjawab semua pertanyaan, tekan tombol Kirim di bagian bawah halaman google form.
  7. Anda akan melihat hasil perhitungan poin dari jawaban-jawaban Anda. Poin tersebut menunjukkan tingkat kesehatan mental Anda saat ini. Semakin tinggi poin Anda, semakin rendah tingkat kesehatan mental Anda.
  8. Anda juga akan melihat rekomendasi tindakan yang perlu Anda lakukan berdasarkan hasil perhitungan poin tersebut. Rekomendasi tindakan tersebut bisa berupa melakukan relaksasi diri sendiri,
    mencari dukungan sosial dari orang-orang terdekat,
    menghubungi hotline layanan bantuan psikologis,
    atau berkonsultasi dengan profesional kesehatan jiwa.
Baca Juga  struktur teks anekdot, contoh dan penjelasannya

Itulah cara menggunakan kalkulator kesehatan mental link google form melalui aplikasi kemenkes. Perlu diingat bahwa hasil perhitungan poin dari tes ini tidak mencerminkan dan menjamin tingkat kesehatan mental Anda secara akurat dan valid. Tes ini hanya bersifat sebagai alat bantu atau screening awal untuk mengetahui kondisi psikis dan emosional Anda secara umum. Jika Anda merasa membutuhkan bantuan lebih lanjut atau ingin mendapatkan diagnosis yang lebih tepat tentang gangguan kesehatan mental Anda,
Anda disarankan untuk segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan jiwa yang kompeten dan terpercaya.

Apa manfaat menggunakan kalkulator kesehatan mental link google form melalui aplikasi kemenkes?

Menggunakan kalkulator kesehatan mental link google form melalui aplikasi kemenkes memiliki beberapa manfaat bagi pengguna,
antaranya adalah:

  • Meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya menjaga
    kesehatan mental bagi diri sendiri dan orang lain.
  • Membantu mendeteksi dini adanya gejala-gejala gangguan
    kesehatan mental yang mungkin dialami oleh pengguna atau orang lain.
  • Memberikan informasi dan rekomendasi tindakan yang sesuai dengan
    kondisi psikis dan emosional pengguna setelah melakukan tes.
  • Memudahkan pengguna untuk mengakses layanan-layanan bantuan psikologis
    yang tersedia di aplikasi SJI atau di situs laluibersama.com.
  • Mendorong pengguna untuk lebih peduli dan proaktif dalam mencari
    solusi atau bantuan profesional jika mengalami masalah
    kesehatan mental yang serius atau kronis.

Dengan demikian,
menggunakan kalkulator kesehatan mental link google form melalui aplikasi kemenkes bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup pengguna secara holistik. Namun, perlu diingat bahwa tes ini bukanlah pengganti dari diagnosis atau perawatan medis yang profesional.Jika Anda merasa membutuhkan bantuan lebih lanjut,jangan ragu untuk segera mencari bantuan dari sumber-sumber yang terpercaya dan kompeten.

Baca Juga  Pembelajaran Calon Pengajar Praktik Pembelajaran Hari - 12 Refleksi Diri Modul Coaching

Ikuti Berita terikini warta bangil

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait