Pembelajaran Calon Pengajar Praktik Pembelajaran Hari – 12 Refleksi Diri Modul Coaching

administrator November 8, 2023

1. Apa yang sudah Anda pahami dan dapat lakukan dengan baik?

Beberapa alternatif jawaban

Selama berlangsungnya percakapan, salah satu hal yang berjalan lancar adalah kerja sama yang terjalin antara supervisor dan guru coach, sehingga guru dapat dengan mudah mengungkapkan pendapatnya dan memberikan bantuan dalam proses pendampingan terhadap coachee.

Selama berlangsungnya percakapan, salah satu hal yang berjalan lancar adalah kerja sama yang terjalin antara supervisor dan guru coach, sehingga guru dapat dengan mudah mengungkapkan pendapatnya dan memberikan bantuan dalam proses pendampingan terhadap coachee.

Hal yang sudah saya pahami dan dapat dilakukan dengan baik pada saat melakukan percakapan coaching dalam menjalankan peran supervisor, dalam hal membuat pertanyaan yang berbobot pada coachee, presence (kehadiran penuh) menemukan kata kunci yang dilontarkan coachee. Adanya hubungan kesetaraan antara supervisor dengan coach sehingga tidak ada batasan.

Yang sudah saya pahami dan berjalan dengan baik adalah :  Saya sudah memahami Proses coaching ,dapat menjalankan peran menjadi coach ,membantu coache dalam menemukan solusi dari persolan persoalan yang dihadapinya dengan memunculkan pertanyaan bermakna.

Hal-hal yang sudah dipahami terkait materi coaching antara lain:

a)      Perbedaan antara coaching, mentoring, training dan consulting

b)      Prinsip coaching meliputi; kemitraan, percakapan kreatif, memaksimalkan potensi

c)      Coaching mindset meliputi; Fokus pada coachee, bersifat terbuka, sikap ingin tahu lebih banyak, kesadaran diri yang kuat, mampu melihat peluang baru dan masa depan

Baca Juga  cara mendapatkan QR code identitas kependudukan digital dengan mudah dan cepat

d)      Alur coaching TIRTA

e)      Supervisi akademik berbasis coaching yang memberdayakan, berserta tahapannya (niat-pra supervise-supervisi-pascasupervisi)

 

2. Apa lagi yang masih perlu Anda lakukan untuk meningkatkan pemahaman Anda dan agar dapat melakukan percakapan coaching dengan lebih baik?

Alternatif Jawaban

Hal yang memerlukan perbaikan adalah metode pertanyaan yang digunakan oleh coach untuk mengungkapkan dengan lebih baik semua potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh guru.

yang perlu saya tingkatkan adalah tentang pemahaman bagaimana mengambil kata kunci didalam kegiatan coaching sehingga nantinya saya dapat memunculkan pertanyaan terbuka untuk dapat memunculkan kompetensi dari si Cochee.

Yang masih perlu saya lakukan untuk meningkatkan pemahaman saya dan agar dapat melakukan percakapan coaching dengan lebih baik, yaitu dengan present (hadir seutuhnya) untuk mendengarkan coachee, agar nanti mampu memberdayakan serta bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berbobot sesuai alur TIRTA

Hal yang perlu saya lakukan untuk meningkatakan pemahaman saya dalam melakukan percakapan coaching agar lebih baik lagi, yaitu dengan cara berlatih dan terus mengasah kompetensi yang harus dimiliki oleh coach. Mencari literatur atau referensi yang mampu meningkatkan pengetahuan bagaimana tekhnik coaching itu dilkukan sesuai dengan tujuanya dan kebutuhanya.

3. Apa 3 tindakan spesifik yang akan Anda lakukan dalam satu minggu ke depan sehubungan dengan pertanyaan kedua?

  • Agar tetap fokus sebelum memulai sesi coaching, perlu memiliki rencana pertanyaan yang akan diajukan.
  • Selama sesi coaching, coach mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh guru (coachee).
  • Untuk meningkatkan kualitasnya, saya akan terus berlatih dalam praktik coaching ini dan merefleksikan hal-hal yang masih perlu diperbaiki.

 

  • Agar tetap presence sebelum melakukan coaching, sudah harus punya gambaran pertanyaan-pertanyaan apa yang di ajukan.
  • Pada saat kegiatan coaching, coach membuat catatan-catatan kecil tentang apa yang disampaikan oleh guru (coachee)
  • Untuk memperbaiki/meningkatkannya saya akan terus berlatih untuk melakukan praktik coaching ini dan merefeksikan apa yang masih kurang
Baca Juga  tata cara sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar beserta niat

 

Hal yang akan saya lakukan dalam satu minggu kedepan yaitu :

  • Mempelajari lebih dalam lagi modul yang sudah saya dapatkan untuk nantinya bisa di kembangkan secara langsung padame proses pembekalan Calon Guru Penggerak.
  • Mengimplementasikanya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari untuk mengembangkan kompetensi diri dan memberdayakan potensi orang-orang yang ada disekitar.
  • Melakukan kolaborasi bersama rekan CPP untuk terus berlatih dan merefleksikan apa yang sudah tercapai dan apa yang perlu dikembangkan dalam melakukan kegiatan coaching ini.

 

  •  Presence sebelum melakukan coaching, karena disini kita harus benar-benar bisa hadir penuh dalam melakukan coaching sehingga kitab isa menjadi pendengar aktif.
  • berlatih dan berlatih sehingga kita terbiasa dalam mengajukan pertanyaan berbobot dan selalu memberikan pertanyaan terbuka
  • Setelah berlatih kita juga harus melakukan refleksi sehingga apa yang masih kurang terhadap diskusi yang kita berikan kita bisa memberikanya lebih baik lagi kedepanya

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait