Cara Menyambungkan Mendeley ke Word 2013-2019

administrator Juni 6, 2023

Hai, sahabat warta bangil! Apakah kamu sedang mengerjakan tugas akademik seperti skripsi, tesis, atau makalah ilmiah? Jika ya, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Mendeley. Mendeley adalah sebuah aplikasi yang bisa membantu kamu dalam mengelola referensi dan sitasi dalam penulisan ilmiah. Dengan Mendeley, kamu bisa mengutip sumber-sumber ilmiah dengan mudah dan cepat, serta membuat daftar pustaka secara otomatis sesuai dengan gaya penulisan yang kamu inginkan.

Namun, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara menyambungkan Mendeley ke Word? Word adalah aplikasi pengolah kata yang paling populer dan banyak digunakan oleh para penulis ilmiah. Dengan menyambungkan Mendeley ke Word, kamu bisa memasukkan kutipan dan daftar pustaka langsung dari aplikasi Mendeley ke dokumen Word yang kamu buat. Tentu saja, ini akan sangat memudahkan dan mempercepat proses penulisan ilmiah kamu.

Cara menyambungkan Mendeley ke Word 2019 adalah tujuan dari artikel ini. Kami akan memberikan tutorial lengkap dan mudah diikuti untuk menyambungkan Mendeley ke Word 2019 dan menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Kamu hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Mendeley dan plugin Word terlebih dahulu, lalu mengikuti langkah-langkah yang kami berikan. Jadi, tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Artikel ini akan membahas cara menyambungkan Mendeley ke Word 2019 dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Mengunduh dan menginstal aplikasi Mendeley
  • Menginstal plugin Word
  • Mengimpor referensi ke Mendeley
  • Memasukkan kutipan ke Word

Kami akan menjelaskan masing-masing langkah tersebut secara lengkap dan gamblang. Kamu bisa memilih langkah yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhanmu. Jadi, tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Cara Menyambungkan Mendeley ke Word 2019: Mengunduh dan Menginstal Aplikasi Mendeley

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa menyambungkan Mendeley ke Word 2019 adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Mendeley itu sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser di laptop kamu dan kunjungi situs resmi Mendeley di https://www.mendeley.com/.
  2. Klik tombol Download di bagian kanan atas halaman.
  3. Pilih versi aplikasi sesuai dengan sistem operasi laptop kamu, misalnya Windows, Mac, atau Linux.
  4. Tunggu hingga proses unduhan selesai, lalu buka file instalasi yang sudah terunduh.
  5. Ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses instalasi.
  6. Buat akun Mendeley jika kamu belum punya, atau masuk dengan akun yang sudah ada.
Baca Juga  Cara Download KTP di aplikasi kependudukan digital dalam bentuk pdf

Selesai! Sekarang kamu sudah memiliki aplikasi Mendeley di laptop kamu. Kamu bisa membuka aplikasi tersebut dengan mengklik ikonnya di desktop atau menu Start. Kamu juga bisa melihat tampilan utama aplikasi Mendeley yang berisi perpustakaan referensi kamu.

Cara Menyambungkan Mendeley ke Word 2019: Menginstal Plugin Word

Cara kedua yang harus kamu lakukan untuk bisa menyambungkan Mendeley ke Word 2019 adalah menginstal plugin Word. Plugin Word adalah sebuah ekstensi yang memungkinkan kamu untuk mengakses fitur-fitur Mendeley langsung dari aplikasi Word. Dengan plugin Word, kamu bisa memasukkan kutipan dan daftar pustaka dengan mudah dan cepat tanpa harus membuka aplikasi Mendeley terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Mendeley yang sudah kamu instal di laptop.
  2. Klik pada bagian “Tools”, lalu pilih “Instal MS Word Plugin”.
  3. Tunggu hingga proses instalasi selesai, lalu tutup dan buka kembali aplikasi Word.
  4. Periksa apakah plugin Word sudah terpasang dengan benar. Kamu bisa melihat tab “Mendeley” di bagian atas menu Word.

Selesai! Sekarang kamu sudah memiliki plugin Word yang terhubung dengan aplikasi Mendeley. Kamu bisa membuka tab “Mendeley” untuk melihat fitur-fitur yang tersedia, seperti Insert Citation, Insert Bibliography, Style, dan lain-lain.

Cara Menyambungkan Mendeley ke Word 2019: Mengimpor Referensi ke Mendeley

Cara ketiga yang harus kamu lakukan untuk bisa menyambungkan Mendeley ke Word 2019 adalah mengimpor referensi ke Mendeley. Referensi adalah sumber-sumber ilmiah yang kamu gunakan sebagai bahan penulisan ilmiah, seperti buku, jurnal, artikel, website, dan lain-lain. Kamu harus mengimpor referensi ke Mendeley agar kamu bisa mengutip dan membuat daftar pustaka dari referensi tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Mendeley yang sudah kamu instal di laptop.
  2. Klik pada bagian “File”, lalu pilih “Add Files” atau “Add Folder”.
  3. Cari dan pilih file atau folder yang berisi referensi yang ingin kamu impor ke Mendeley. Kamu bisa memilih file PDF, Word, atau format lainnya.
  4. Tunggu hingga proses impor selesai, lalu periksa apakah referensi sudah masuk ke perpustakaan Mendeley dengan benar.
  5. Jika ada informasi yang kurang atau salah, kamu bisa mengeditnya dengan mengklik dua kali pada referensi tersebut.
Baca Juga  cara menambahkan gambar di header google form dengan canva

Selesai! Sekarang kamu sudah memiliki referensi di perpustakaan Mendeley. Kamu bisa melihat detail informasi dari setiap referensi, seperti judul, pengarang, tahun terbit, dan lain-lain. Kamu juga bisa mengelompokkan referensi berdasarkan folder atau tag yang kamu buat sendiri.

Cara Menyambungkan Mendeley ke Word 2019: Memasukkan Kutipan ke Word

Cara keempat yang harus kamu lakukan untuk bisa menyambungkan Mendeley ke Word 2019 adalah memasukkan kutipan ke Word. Kutipan adalah cara untuk mengakui sumber informasi yang kamu gunakan dalam penulisan ilmiah. Dengan memasukkan kutipan, kamu bisa menghindari plagiarisme dan menunjukkan kredibilitas penulisanmu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Word yang sedang kamu kerjakan.
  2. Letakkan kursor di tempat yang ingin kamu masukkan kutipan.
  3. Klik tab “Mendeley” di menu Word, lalu klik “Insert Citation”.
  4. Akan muncul jendela pencarian referensi. Kamu bisa mengetikkan kata kunci untuk mencari referensi yang sesuai, misalnya judul, pengarang, atau tahun terbit.
  5. Pilih referensi yang ingin kamu kutip dari hasil pencarian, lalu klik “OK”.
  6. Kutipan akan otomatis terbentuk sesuai dengan gaya sitasi yang kamu pilih.

Selesai! Sekarang kamu sudah berhasil memasukkan kutipan ke Word menggunakan Mendeley. Kamu bisa mengulangi langkah-langkah tersebut untuk memasukkan kutipan lainnya. Kamu juga bisa mengedit kutipan jika perlu, misalnya menambahkan halaman, nomor bab, atau komentar.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait