10 rekomendasi aplikasi membuat stiker WA untuk Android dan iOS

administrator Juli 7, 2023

Hai, Sahabat Warta Bangil! Apakah Anda suka menggunakan stiker WA untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, atau kolega Anda? Stiker WA adalah gambar atau animasi yang dapat mengekspresikan emosi, pesan, atau ide Anda dengan lebih menarik dan kreatif. Namun, terkadang stiker WA yang tersedia di aplikasi tidak sesuai dengan selera atau kebutuhan Anda. Bagaimana jika Anda bisa membuat stiker WA sendiri sesuai dengan keinginan Anda?

Anda mungkin berpikir bahwa membuat stiker WA sendiri itu sulit, ribet, atau membutuhkan keahlian khusus. Padahal, sebenarnya ada banyak aplikasi cara membuat stiker WA yang mudah digunakan dan gratis. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat stiker WA dari foto, gambar, teks, emoji, atau apapun yang Anda suka. Anda juga bisa mengedit, memotong, menambahkan efek, atau menggabungkan stiker WA yang Anda buat dengan mudah.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan 10 rekomendasi aplikasi cara membuat stiker WA yang bisa Anda coba. Aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOS, jadi Anda bisa memilih sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan. Aplikasi ini juga memiliki fitur dan kelebihan masing-masing, jadi Anda bisa membandingkan dan menentukan mana yang paling cocok untuk Anda.

Berikut adalah 10 aplikasi cara membuat stiker WA yang bisa Anda gunakan:

  • Sticker Maker: Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat stiker WA dari foto atau gambar yang ada di galeri Anda. Anda bisa memotong foto atau gambar dengan bentuk bebas atau menggunakan bentuk yang sudah tersedia. Anda juga bisa menambahkan teks, emoji, atau gambar lainnya untuk mempercantik stiker WA Anda. Aplikasi ini juga mendukung pembuatan stiker animasi dengan format GIF.
  • Sticker.ly: Aplikasi ini memiliki fitur auto cut yang bisa memotong foto atau gambar secara otomatis dengan hasil yang rapi dan presisi. Anda juga bisa mengatur transparansi, ukuran, dan rotasi stiker WA Anda. Aplikasi ini juga memiliki koleksi stiker WA yang sudah jadi yang bisa Anda unduh dan gunakan secara gratis.
  • Personal Stickers: Aplikasi ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Anda hanya perlu memilih foto atau gambar yang ingin Anda jadikan stiker WA, lalu aplikasi ini akan mengonversinya menjadi format PNG dengan latar belakang transparan. Anda juga bisa menambahkan beberapa foto atau gambar sekaligus untuk membuat paket stiker WA.
  • Stickify: Aplikasi ini memiliki fitur eraser tool yang bisa menghapus bagian-bagian yang tidak diinginkan dari foto atau gambar yang ingin Anda jadikan stiker WA. Anda juga bisa menambahkan teks dengan berbagai font, warna, dan gaya. Aplikasi ini juga memiliki fitur sticker store yang menyediakan berbagai macam stiker WA yang siap pakai.
  • Sticker Studio: Aplikasi ini memiliki fitur magic wand yang bisa mendeteksi dan menghapus latar belakang foto atau gambar secara otomatis. Anda juga bisa menyesuaikan bentuk dan ukuran stiker WA Anda dengan mudah. Aplikasi ini juga memiliki fitur sticker community yang memungkinkan Anda berbagi dan mengunduh stiker WA dari pengguna lain.
  • Wemoji: Aplikasi ini memiliki fitur crop tool yang bisa memotong foto atau gambar dengan bentuk lingkaran, persegi, bintang, hati, atau lainnya. Anda juga bisa menambahkan teks, emoji, atau gambar lainnya untuk membuat stiker WA Anda lebih menarik. Aplikasi ini juga memiliki fitur sticker editor yang bisa mengedit stiker WA yang sudah Anda buat.
  • Sticker Maker for WhatsApp: Aplikasi ini memiliki fitur trace tool yang bisa mengikuti kontur foto atau gambar yang ingin Anda jadikan stiker WA. Anda juga bisa menambahkan teks, emoji, atau gambar lainnya untuk membuat stiker WA Anda lebih lucu dan unik. Aplikasi ini juga memiliki fitur sticker pack manager yang bisa mengatur dan menghapus paket stiker WA yang sudah Anda buat.
  • Sticker Maker Pro: Aplikasi ini memiliki fitur cutout tool yang bisa memotong foto atau gambar dengan presisi tinggi. Anda juga bisa menambahkan teks, emoji, atau gambar lainnya untuk membuat stiker WA Anda lebih keren dan kreatif. Aplikasi ini juga memiliki fitur sticker gallery yang menyediakan berbagai macam stiker WA yang berkualitas tinggi.
  • Sticker Maker for WhatsApp by Viko & Co.: Aplikasi ini memiliki fitur freehand tool yang bisa memotong foto atau gambar dengan cara menggambar garis di sekitar objek yang ingin Anda jadikan stiker WA. Anda juga bisa menambahkan teks, emoji, atau gambar lainnya untuk membuat stiker WA Anda lebih ekspresif dan personal. Aplikasi ini juga memiliki fitur sticker pack creator yang bisa membuat paket stiker WA dengan mudah.
  • DIY Sticker Maker: Aplikasi ini memiliki fitur background remover yang bisa menghapus latar belakang foto atau gambar secara otomatis atau manual. Anda juga bisa menambahkan teks, emoji, atau gambar lainnya untuk membuat stiker WA Anda lebih cantik dan menawan. Aplikasi ini juga memiliki fitur sticker maker studio yang bisa membuat stiker WA dengan berbagai efek dan filter.

Langkah-langkah beserta link cara membuat stiker WA

Setelah Anda memilih salah satu aplikasi cara membuat stiker WA di atas, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat stiker WA sesuai dengan keinginan Anda:

  1. Unduh dan instal aplikasi cara membuat stiker WA yang Anda pilih dari Google Play Store atau App Store.
  2. Buka aplikasi dan pilih opsi untuk membuat stiker baru atau membuka paket stiker yang sudah ada.
  3. Pilih foto atau gambar yang ingin Anda jadikan stiker WA dari galeri Anda atau ambil foto baru dengan kamera Anda.
  4. Gunakan fitur-fitur yang tersedia di aplikasi untuk memotong, menghapus latar belakang, menambahkan teks, emoji, atau gambar lainnya, mengedit, dan mengatur stiker WA Anda.
  5. Simpan stiker WA yang sudah Anda buat dan tambahkan ke paket stiker yang ingin Anda gunakan.
  6. Pilih opsi untuk menambahkan paket stiker ke WhatsApp dan ikuti instruksi yang muncul di layar.
  7. Buka WhatsApp dan pilih kontak atau grup yang ingin Anda kirimkan stiker WA.
  8. Pilih ikon emoji di sebelah kanan kotak teks dan pilih tab stiker di bawahnya.
  9. Pilih paket stiker yang sudah Anda tambahkan dan pilih stiker WA yang ingin Anda kirimkan.
  10. Kirimkan stiker WA dengan menekan tombol kirim di sebelah kanan kotak teks.
Baca Juga  Cara memindahkan file dari hp ke laptop tanpa kabel data menggunakan snapdrop

Alternatif beserta link cara membuat stiker WA

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi cara membuat stiker WA, ada beberapa alternatif lain yang bisa Anda coba untuk membuat stiker WA sendiri. Berikut adalah beberapa alternatif beserta linknya:

  • Menggunakan situs web online: Ada beberapa situs web online yang bisa membantu Anda membuat stiker WA tanpa perlu mengunduh aplikasi. Contohnya adalah stickermaker.com, stickerfactory.app, stickery.app, dan stickermule.com/trace. Anda hanya perlu mengunggah foto atau gambar yang ingin Anda jadikan stiker WA, lalu mengeditnya sesuai dengan keinginan Anda. Setelah itu, Anda bisa mengunduh stiker WA yang sudah Anda buat dan menambahkannya ke WhatsApp.
  • Menggunakan Photoshop: Jika Anda memiliki keahlian dalam menggunakan Photoshop, Anda bisa membuat stiker WA dengan lebih profesional dan kustomisasi. Anda bisa mengikuti tutorial yang ada di internet, seperti ini, ini, atau ini. Anda bisa menggunakan foto atau gambar yang Anda inginkan, lalu memotong, menghapus latar belakang, menambahkan teks, emoji, atau gambar lainnya, mengedit, dan mengatur stiker WA Anda. Setelah itu, Anda bisa menyimpan stiker WA yang sudah Anda buat dalam format PNG dengan latar belakang transparan dan menambahkannya ke WhatsApp.
  • Menggunakan WhatsApp Business API: Jika Anda memiliki bisnis atau merek yang ingin membuat stiker WA untuk promosi atau interaksi dengan pelanggan, Anda bisa menggunakan WhatsApp Business API. WhatsApp Business API adalah layanan yang memungkinkan bisnis atau merek untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp dengan fitur-fitur khusus, termasuk membuat stiker WA. Anda bisa mengikuti panduan yang ada di sini untuk membuat stiker WA dengan WhatsApp Business API. Anda bisa menggunakan foto atau gambar yang berkaitan dengan bisnis atau merek Anda, lalu memotong, menghapus latar belakang, menambahkan teks, emoji, atau gambar lainnya, mengedit, dan mengatur stiker WA Anda. Setelah itu, Anda bisa mengunggah stiker WA yang sudah Anda buat ke server WhatsApp dan menambahkannya ke WhatsApp.
Baca Juga  7 Aplikasi Edit Foto Siang Jadi Malam, 1 Menit

Tanya jawab terkait cara membuat stiker WA

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan terkait cara membuat stiker WA:

  1. Apakah ada batasan jumlah stiker WA yang bisa dibuat?: Tidak ada batasan jumlah stiker WA yang bisa dibuat. Namun, ada batasan jumlah stiker WA yang bisa ditambahkan ke WhatsApp. Setiap paket stiker WA harus memiliki minimal 3 stiker dan maksimal 30 stiker. Jumlah paket sticker WA yang bisa ditambahkan ke WhatsApp juga terbatas oleh kapasitas penyimpanan perangkat Anda.
  2. Apakah ada batasan ukuran dan resolusi stiker WA yang bisa dibuat?: Ya, ada batasan ukuran dan resolusi stiker WA yang bisa dibuat. Setiap stiker WA harus memiliki ukuran maksimal 100 KB dan resolusi 512 x 512 piksel. Jika ukuran atau resolusi stiker WA melebihi batas tersebut, maka stiker WA tidak akan ditampilkan dengan baik di WhatsApp.
  3. Apakah ada batasan jenis file dan format stiker WA yang bisa dibuat?: Ya, ada batasan jenis file dan format stiker WA yang bisa dibuat. Setiap stiker WA harus memiliki jenis file PNG dan format RGBA (Red Green Blue Alpha). Jika jenis file atau format stiker WA berbeda dari itu, maka stiker WA tidak akan ditambahkan ke WhatsApp.

Kesimpulan terkait cara membuat stiker WA

Membuat stiker WA sendiri adalah salah satu cara untuk membuat komunikasi Anda melalui WhatsApp lebih menarik dan kreatif. Ada banyak aplikasi cara membuat stiker WA yang bisa Anda gunakan untuk membuat stiker WA dari foto, gambar, teks, emoji, atau apapun yang Anda suka. Anda juga bisa mengedit, memotong, menambahkan efek, atau menggabungkan stiker WA yang Anda buat dengan mudah. Anda juga bisa menggunakan alternatif lain seperti situs web online, Photoshop, atau WhatsApp Business API untuk membuat stiker WA yang lebih profesional dan kustomisasi. Anda hanya perlu memperhatikan batasan-batasan yang ada terkait jumlah, ukuran, resolusi, jenis file, dan format stiker WA yang bisa dibuat dan ditambahkan ke WhatsApp.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait