Cara mengirim aplikasi/File lewat bluetooth tanpa aplikasi pada HP Vivo

administrator Juli 4, 2023

Hai, Sahabat Warta Bangil! Apakah kamu pernah ingin mengirim aplikasi lewat bluetooth ke handphone lain? Mungkin kamu punya aplikasi menarik, aplikasi bermanfaat, atau aplikasi yang tidak ada di Google Play Store yang ingin kamu bagikan dengan teman atau keluarga. Apakah ada cara untuk melakukan hal ini?

Tenang saja, kamu tidak sendirian. Banyak pengguna handphone yang menginginkan fitur untuk mengirim aplikasi lewat bluetooth ke handphone lain. Alasannya bermacam-macam, mulai dari alasan hemat kuota, praktis, hingga berbagi informasi. Namun, tidak semua pengguna handphone tahu bagaimana cara mengirim aplikasi lewat bluetooth dengan mudah dan cepat.

Nah, di sinilah artikel ini akan membantu kamu. Di sini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi pada HP Vivo. Dengan begitu, kamu bisa mengirim aplikasi yang kamu inginkan tanpa harus repot-repot mengunduh atau memasang aplikasi tambahan.

Lalu, bagaimana cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi pada HP Vivo? Apa saja syarat dan langkah-langkahnya? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

Apa Itu Fitur Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth?

Fitur mengirim aplikasi lewat bluetooth adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengirim file instalasi aplikasi (biasanya berformat .APK) dari handphone satu ke handphone lain melalui koneksi bluetooth. Dengan fitur ini, kamu bisa berbagi aplikasi yang kamu miliki dengan orang lain tanpa harus menggunakan internet atau kabel data.

Fitur ini biasanya tersedia di semua handphone yang memiliki fitur bluetooth, termasuk HP Vivo. Fitur ini juga biasanya terintegrasi dengan fitur file manager atau my files yang ada di handphone. Fitur ini juga mudah digunakan dan cukup efisien untuk mengirim aplikasi dengan ukuran kecil hingga sedang.

Baca Juga  Cara menggunakan aplikasi mendeley pada word di laptop

Bagaimana Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi pada HP Vivo?

Untuk bisa mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi pada HP Vivo, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Aktifkan fitur bluetooth pada handphone pengirim dan penerima. Caranya, geser layar ke bawah dari bagian atas layar untuk membuka control center, lalu tekan ikon bluetooth sampai berwarna biru. Pastikan kedua handphone terhubung dan terpasangkan dengan baik.
  2. Buka aplikasi My Files atau File Manager bawaan di handphone pengirim. Caranya, tekan ikon folder di layar utama atau cari di daftar aplikasi.
  3. Cari file instalasi aplikasi (biasanya berformat .APK) yang akan dikirim. Caranya, masuk ke folder Internal Storage atau SD Card, lalu cari folder bernama APKs atau Android. Jika tidak ada, kamu bisa mencari file tersebut dengan menggunakan fitur pencarian.
  4. Pilih file tersebut dan tekan menu Send berikon garis tiga titik di pojok kanan atas layar. Lalu pilih metode Bluetooth.
  5. Kemudian pilih handphone yang akan menerima aplikasi. Caranya, tekan nama perangkat yang muncul di daftar perangkat terdekat atau cari dengan menggunakan fitur scan.
  6. Selanjutnya, pilih Accept pada handphone penerima untuk menerima file yang dikirim. Tunggu hingga proses pengiriman selesai.

 

Setelah itu, file instalasi aplikasi yang kamu kirim akan tersimpan di folder Bluetooth atau Download di handphone penerima. Untuk membuka atau memasang aplikasi tersebut, kamu perlu mengaktifkan fitur unknown sources atau sumber tidak dikenal di pengaturan keamanan handphone penerima. Lalu, tekan file tersebut dan ikuti instruksi yang muncul di layar.

Apa Alternatif Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi pada HP Vivo?

Jika kamu tidak bisa atau tidak ingin menggunakan fitur bawaan dari HP Vivo untuk mengirim aplikasi lewat bluetooth, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa kamu unduh dari Google Play Store atau App Store. Beberapa contoh aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengirim aplikasi lewat bluetooth adalah:

Baca Juga  7 cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan secara offline dan online

  • ShareMe: Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang bisa mengirim atau menerima berbagai jenis file, termasuk aplikasi, melalui koneksi bluetooth atau wifi. Aplikasi ini juga tidak membutuhkan internet dan bisa mengirim file dengan kecepatan tinggi. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di sini.
  • Zapya: Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang bisa mengirim atau menerima berbagai jenis file, termasuk aplikasi, melalui koneksi bluetooth, wifi, atau hotspot. Aplikasi ini juga tidak membutuhkan internet dan bisa mengirim file dengan kecepatan tinggi. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di sini.
  • Xender: Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang bisa mengirim atau menerima berbagai jenis file, termasuk aplikasi, melalui koneksi bluetooth, wifi, atau hotspot. Aplikasi ini juga tidak membutuhkan internet dan bisa mengirim file dengan kecepatan tinggi. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di sini.

 

Keuntungan menggunakan aplikasi tambahan adalah kamu bisa mengirim lebih banyak jenis file dan lebih mudah dalam mengatur pengiriman file. Namun, kerugian menggunakan aplikasi tambahan adalah kamu perlu mengunduh dan memasang aplikasi tersebut yang mungkin memakan memori atau baterai HP Vivo kamu. Selain itu, aplikasi tambahan juga mungkin tidak seaman atau seefektif fitur bawaan dari HP Vivo.

Tanya Jawab Seputar Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan seputar cara mengirim aplikasi lewat bluetooth:

    • Apakah cara mengirim aplikasi lewat bluetooth aman dan terpercaya?

Jawab: Ya, cara mengirim aplikasi lewat bluetooth baik dengan fitur bawaan maupun dengan aplikasi tambahan adalah aman dan terpercaya asalkan kamu mengikuti langkah-langkah yang benar dan tidak memberikan akses bluetooth kamu kepada orang lain.

    • Apakah cara mengirim aplikasi lewat bluetooth bisa menghapus data atau riwayat aplikasi?
Baca Juga  Cara Menggunakan Aplikasi Night Camera Kamera Malam Hari Terbaik untuk Android

Jawab: Tidak, cara mengirim aplikasi lewat bluetooth hanya akan mengirim file instalasi aplikasi (berformat .APK), tetapi tidak akan menghapus data atau riwayat aplikasi tersebut. Kamu masih bisa membuka atau memasang kembali aplikasi tersebut di handphone pengirim.

    • Apakah cara mengirim aplikasi lewat bluetooth membutuhkan internet atau kuota?

Jawab: Tidak, cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tidak membutuhkan internet atau kuota. Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur bluetooth pada handphone pengirim dan penerima dan pastikan kedua handphone terhubung dan terpasangkan dengan baik.

 

Kesimpulan

Cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi pada HP Vivo adalah sebuah solusi yang praktis dan mudah untuk berbagi aplikasi yang kamu miliki dengan orang lain tanpa harus menggunakan internet atau kabel data. Kamu bisa menggunakan fitur bawaan dari HP Vivo atau menggunakan aplikasi tambahan yang bisa kamu unduh dari Google Play Store atau App Store.

Namun, kamu juga harus berhati-hati dalam menggunakan cara ini dan pastikan kamu tidak memberikan akses bluetooth kamu kepada orang lain. Selalu perhatikan juga memori dan baterai HP Vivo kamu jika menggunakan aplikasi tambahan yang mungkin memakan sumber daya HP Vivo kamu.

Demikianlah artikel tentang cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi pada HP Vivo. Semoga bermanfaat dan membantu kamu dalam berbagi aplikasi dengan orang lain. Jika kamu memiliki pertanyaan atau pengalaman seputar cara mengirim aplikasi lewat bluetooth, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait