Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo Tanpa Aplikasi

administrator Juli 4, 2023

Hai, Sahabat Warta Bangil! Apakah kamu memiliki aplikasi di HP Vivo yang ingin kamu sembunyikan dari pandangan orang lain? Mungkin kamu punya aplikasi rahasia, aplikasi pribadi, atau aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan yang tidak ingin diketahui oleh siapa pun. Apakah ada cara untuk melindungi privasi kamu dengan menyembunyikan aplikasi tersebut?

Tenang saja, kamu tidak sendirian. Banyak pengguna HP Vivo yang menginginkan fitur untuk menyembunyikan aplikasi di HP mereka. Alasannya bermacam-macam, mulai dari alasan keamanan, kenyamanan, hingga personalisasi. Namun, tidak semua pengguna HP Vivo tahu bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di HP mereka dengan mudah dan aman.

Nah, di sinilah artikel ini akan membantu kamu. Di sini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo dengan dua metode, yaitu menggunakan fitur bawaan dari HP Vivo dan menggunakan aplikasi tambahan. Dengan begitu, kamu bisa menyembunyikan aplikasi yang kamu inginkan tanpa harus khawatir terlihat oleh orang lain.

Lalu, bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo tanpa aplikasi? Apa saja keuntungan dan kerugian dari masing-masing metode? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

Apa Itu Fitur Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo?

Fitur menyembunyikan aplikasi di HP Vivo adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk menyembunyikan ikon aplikasi tertentu dari halaman utama atau daftar aplikasi di HP Vivo. Dengan fitur ini, kamu bisa menjaga privasi dan keamanan aplikasi yang kamu anggap penting atau sensitif.

Fitur ini biasanya tersedia di beberapa seri HP Vivo yang menggunakan sistem operasi Funtouch OS versi 9 atau lebih baru. Fitur ini juga biasanya terintegrasi dengan fitur enkripsi aplikasi atau fingerprint lock yang membutuhkan kata sandi atau sidik jari untuk membuka aplikasi yang disembunyikan.

Baca Juga  Cara mementukan arah kiblat secara manual dengan arah matahari

Keuntungan menggunakan fitur ini adalah kamu tidak perlu mengunduh atau memasang aplikasi tambahan yang mungkin memakan memori atau baterai HP Vivo kamu. Selain itu, fitur ini juga mudah digunakan dan cukup efektif untuk melindungi privasi dan keamanan aplikasi kamu.

Bagaimana Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo Tanpa Aplikasi?

Untuk bisa menyembunyikan aplikasi di HP Vivo tanpa aplikasi, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka pengaturan atau settings di HP Vivo kamu dengan menekan ikon roda gigi.
  2. Pilih menu fingerprint, face and password atau nama sejenis sesuai dengan tampilan HP Vivo kamu.
  3. Masukkan kata sandi atau sidik jari jika diminta untuk verifikasi.
  4. Pilih menu privacy and app encryption atau nama sejenis sesuai dengan tampilan HP Vivo kamu.
  5. Pilih menu hide apps atau nama sejenis sesuai dengan tampilan HP Vivo kamu.
  6. Geser toggle pada aplikasi yang ingin kamu sembunyikan sampai berwarna biru.
  7. Klik OK pada notifikasi yang muncul di layar.

 

Setelah itu, ikon aplikasi yang kamu sembunyikan akan hilang dari halaman utama atau daftar aplikasi di HP Vivo kamu. Untuk membuka kembali aplikasi yang disembunyikan, kamu perlu mengusap layar ke atas dengan dua jari dan memasukkan kata sandi atau sidik jari.

Apa Alternatif Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo Tanpa Aplikasi?

Jika HP Vivo kamu tidak memiliki fitur menyembunyikan aplikasi atau kamu ingin mencoba cara lain, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa kamu unduh dari Google Play Store atau App Store. Beberapa contoh aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Vivo adalah:

  • Microsoft Launcher: Aplikasi ini adalah sebuah launcher atau antarmuka pengganti untuk HP Android yang memiliki fitur hide icon untuk menyembunyikan ikon aplikasi tertentu. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di sini.
  • App Hider: Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang bisa menyembunyikan aplikasi lain di dalamnya dengan cara mengkloning aplikasi tersebut. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di sini.
  • Calculator Vault: Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang bisa menyembunyikan aplikasi lain di dalamnya dengan cara menyamar sebagai kalkulator biasa. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di sini.
Baca Juga  Cara melakukan sadap panggilan wa

 

Keuntungan menggunakan aplikasi tambahan adalah kamu bisa menyembunyikan lebih banyak aplikasi dan lebih fleksibel dalam mengatur privasi dan keamanan aplikasi kamu. Namun, kerugian menggunakan aplikasi tambahan adalah kamu perlu mengunduh dan memasang aplikasi tersebut yang mungkin memakan memori atau baterai HP Vivo kamu. Selain itu, aplikasi tambahan juga mungkin tidak seaman atau seefektif fitur bawaan dari HP Vivo.

Tanya Jawab Seputar Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan seputar cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo:

    • Apakah cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo aman dan terpercaya?

Jawab: Ya, cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo baik dengan fitur bawaan maupun dengan aplikasi tambahan adalah aman dan terpercaya asalkan kamu mengikuti langkah-langkah yang benar dan tidak memberikan kata sandi atau sidik jari kamu kepada orang lain.

    • Apakah cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo bisa menghapus data atau riwayat aplikasi?

Jawab: Tidak, cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo hanya akan menyembunyikan ikon aplikasi dari halaman utama atau daftar aplikasi, tetapi tidak akan menghapus data atau riwayat aplikasi tersebut. Kamu masih bisa membuka kembali aplikasi yang disembunyikan dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

    • Apakah cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo bisa mencegah notifikasi atau pembaruan aplikasi?

Jawab: Tidak, cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo tidak akan mencegah notifikasi atau pembaruan aplikasi tersebut. Kamu masih bisa menerima notifikasi atau pembaruan dari aplikasi yang disembunyikan seperti biasa, kecuali jika kamu mematikan notifikasi atau pembaruan tersebut secara manual melalui pengaturan.

 

Kesimpulan

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo tanpa aplikasi adalah sebuah solusi yang praktis dan mudah untuk melindungi privasi dan keamanan aplikasi yang kamu anggap penting atau sensitif. Kamu bisa menggunakan fitur bawaan dari HP Vivo atau menggunakan aplikasi tambahan yang bisa kamu unduh dari Google Play Store atau App Store.

Baca Juga  Cara Ganti Password Wi-Fi TP-Link WR840N lewat HP

Namun, kamu juga harus berhati-hati-hati dalam menggunakan cara ini dan pastikan kamu tidak memberikan kata sandi atau sidik jari kamu kepada orang lain. Selalu perhatikan juga memori dan baterai HP Vivo kamu jika menggunakan aplikasi tambahan yang mungkin memakan sumber daya HP Vivo kamu.

Demikianlah artikel tentang cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo tanpa aplikasi. Semoga bermanfaat dan membantu kamu dalam menjaga privasi dan keamanan aplikasi kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan atau pengalaman seputar cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait