cara mengetahui password wifi yang sudah tersambung di laptop

administrator Juni 6, 2023

Hai, sahabat warta bangil! Apakah kamu pernah mengalami kesulitan untuk mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop kamu? Mungkin kamu lupa password WiFi rumahmu sendiri, atau kamu ingin berbagi password WiFi dengan temanmu yang datang berkunjung. Apapun alasannya, mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop bisa sangat berguna dan bermanfaat.

Namun, bagaimana cara mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop? Apakah ada cara mudah dan cepat untuk melakukannya? Tentu saja ada! Kamu tidak perlu khawatir, karena di artikel ini kami akan memberikan beberapa cara mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop dengan menggunakan Windows 10. Kamu bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

Cara mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop adalah tujuan dari artikel ini. Kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara detail dan mudah dipahami. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan atau mengubah pengaturan sistem. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana dan kamu bisa melihat password WiFi yang kamu inginkan.

Artikel ini akan membahas beberapa cara mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop dengan menggunakan Windows 10. Cara-cara tersebut adalah:

  • Menggunakan Windows Settings
  • Menggunakan Control Panel
  • Menggunakan Perintah PowerShell

Kami akan menjelaskan masing-masing cara tersebut secara lengkap dan gamblang. Kamu bisa memilih cara yang paling mudah dan nyaman bagi kamu. Jadi, tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Tersambung di Laptop Menggunakan Windows Settings

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop adalah dengan menggunakan Windows Settings. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mengakses menu pengaturan Windows dan mencari informasi jaringan WiFi yang kamu gunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tekan ‘Start’ atau tombol ‘Windows’ di laptop kamu.
  2. Pilih ‘Settings’ dan pilih ‘Network and Internet’. Selanjutnya, tekan ‘Status’ dan pilih ‘Network and Sharing Center’.
  3. Dalam ‘Status Wi-Fi’, maka pilih saja ‘Wireless Properties’. Saat masuk ke menu ‘Wireless Network Properties’, pilih tab ‘Security’.
  4. Ceklis pada opsi ‘Show characters’ untuk melihat password WiFi yang sudah tersambung di laptop kamu.
Baca Juga  cara menyadap whatsapp istri di luar negeri tanpa aplikasi

Selesai! Sekarang kamu bisa melihat password WiFi yang sudah tersambung di laptop kamu dengan mudah. Kamu bisa menyalin atau mencatat password tersebut untuk keperluan lainnya. Kamu juga bisa berbagi password tersebut dengan orang lain yang ingin terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Tersambung di Laptop Menggunakan Control Panel

Cara kedua yang bisa kamu coba untuk mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop adalah dengan menggunakan Control Panel. Cara ini adalah cara yang lebih cepat dari cara pertama, karena kamu bisa langsung mengakses menu Network Connections tanpa perlu membuka menu pengaturan Windows terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Run dialog dengan menekan shortcut Windows+R pada keyboard-mu.
  2. Ketikkan ncpa.cpl pada kolom teks lalu klik OK. Perintah ini akan mengantarkanmu langsung ke menu Network Connections di Control Panel.
  3. Klik kanan pada ikon jaringan WiFi yang kamu gunakan, lalu pilih ‘Status’.
  4. Klik ‘Wireless Properties’ dan pilih tab ‘Security’.
  5. Ceklis pada opsi ‘Show characters’ untuk melihat password WiFi yang sudah tersambung di laptop kamu.

Selesai! Sekarang kamu bisa melihat password WiFi yang sudah tersambung di laptop kamu dengan lebih cepat. Kamu bisa menyalin atau mencatat password tersebut untuk keperluan lainnya. Kamu juga bisa berbagi password tersebut dengan orang lain yang ingin terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Tersambung di Laptop Menggunakan Perintah PowerShell

Cara ketiga yang bisa kamu coba untuk mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop adalah dengan menggunakan perintah PowerShell. Cara ini adalah cara yang lebih canggih dan fleksibel dari dua cara sebelumnya, karena kamu bisa melihat password WiFi yang pernah tersambung di laptop kamu sebelumnya, asalkan kamu belum pernah menekan opsi Forget pada jaringannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Klik kanan pada menu Start, lalu pilih Windows PowerShell.
  2. Masukkan perintah netsh wlan show profiles lalu tekan Enter. Kemudian, kamu akan melihat semua jaringan yang tersimpan di bawah User profiles.
  3. Masukkan nama jaringan WiFi-mu untuk melakukan perintah baru. Kamu bisa mengetahui password-nya dengan memasukkan perintah berikut, netsh wlan show profile “name= [wifiname]” key=clear.
  4. Setelah menekan Enter, kamu bisa mengetahui informasi mengenai jaringan WiFi yang kamu gunakan, termasuk password yang akan tertulis di samping Key content.
Baca Juga  Cara menentukan arah kiblat online tanpa aplikasi di hp

Selesai! Sekarang kamu bisa melihat password WiFi yang sudah tersambung di laptop kamu dengan lebih canggih dan fleksibel. Kamu bisa menyalin atau mencatat password tersebut untuk keperluan lainnya. Kamu juga bisa berbagi password tersebut dengan orang lain yang ingin terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Keuntungan dan Kerugian dari Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Tersambung di Laptop

Cara mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop memiliki beberapa keuntungan dan kerugian. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Keuntungan:
    • Kamu bisa mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan atau mengubah pengaturan sistem.
    • Kamu bisa berbagi password WiFi dengan orang lain yang ingin terhubung ke jaringan WiFi yang sama.
    • Kamu bisa melihat password WiFi yang pernah tersambung di laptop kamu sebelumnya, asalkan kamu belum pernah menekan opsi Forget pada jaringannya.
  • Kerugian:
    • Kamu harus berhati-hati dalam menyimpan dan membagikan password WiFi, karena ada risiko keamanan dan privasi jika password tersebut jatuh ke tangan yang salah.
    • Kamu harus memastikan bahwa laptop kamu sudah terhubung ke jaringan WiFi yang ingin kamu ketahui passwordnya, karena cara ini tidak akan bekerja jika laptop kamu tidak terhubung ke jaringan tersebut.
    • Kamu harus mengikuti langkah-langkah dengan benar dan teliti, karena jika ada kesalahan dalam memasukkan perintah atau nama jaringan, kamu tidak akan bisa melihat password WiFi yang kamu inginkan.

Tips dan Trik untuk Mengetahui Password WiFi yang Sudah Tersambung di Laptop

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop:

  • Jika kamu ingin melihat password WiFi yang sudah tersambung di laptop dengan lebih mudah dan cepat, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WirelessKeyView atau Wi-Fi Password Revealer. Aplikasi ini akan menampilkan semua password WiFi yang tersimpan di laptop kamu dalam bentuk tabel. Kamu hanya perlu mengunduh dan menjalankan aplikasi tersebut,dan memilih jaringan WiFi yang kamu inginkan. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis dari internet.
  • Jika kamu ingin mengubah atau mengganti password WiFi yang sudah tersambung di laptop kamu, kamu bisa melakukannya dengan mengakses halaman pengaturan router WiFi kamu. Biasanya, kamu bisa mengakses halaman ini dengan memasukkan alamat IP router WiFi kamu di browser web. Kamu bisa mengetahui alamat IP router WiFi kamu dengan menggunakan perintah ipconfig di Command Prompt atau PowerShell. Setelah masuk ke halaman pengaturan router WiFi, kamu bisa mencari menu yang berkaitan dengan password WiFi dan mengubahnya sesuai keinginanmu.
  • Jika kamu ingin melindungi password WiFi kamu dari orang lain yang tidak berhak, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti: memilih password yang kuat dan sulit ditebak, mengganti password secara berkala, tidak menyimpan atau menulis password di tempat yang mudah dilihat orang lain, tidak berbagi password dengan orang yang tidak dipercaya, dan menggunakan fitur enkripsi pada router WiFi kamu.
Baca Juga  cara mendapatkan centang biru di Instagram tanpa verifikasi Lebih Mudah dan Cepat

Kesimpulan dari Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Tersambung di Laptop

Cara mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop adalah salah satu hal yang berguna dan bermanfaat untuk diketahui. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui password WiFi rumahmu sendiri, atau berbagi password WiFi dengan temanmu yang datang berkunjung. Kamu juga bisa melihat password WiFi yang pernah tersambung di laptop kamu sebelumnya, asalkan kamu belum pernah menekan opsi Forget pada jaringannya.

Ada beberapa cara untuk mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop dengan menggunakan Windows 10. Cara-cara tersebut adalah:

  • Menggunakan Windows Settings
  • Menggunakan Control Panel
  • Menggunakan Perintah PowerShell

Kamu bisa memilih cara yang paling mudah dan nyaman bagi kamu. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana dan kamu bisa melihat password WiFi yang kamu inginkan. Namun, kamu juga harus berhati-hati dalam menyimpan dan membagikan password WiFi, karena ada risiko keamanan dan privasi jika password tersebut jatuh ke tangan yang salah.

Demikianlah artikel kami tentang cara mengetahui password WiFi yang sudah tersambung di laptop. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan atau saran terkait artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait