7 cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan secara offline dan online

administrator November 2, 2023

Hai, Sahabat Warta Bangil! Apakah Anda sudah tahu apa itu BPJS Ketenagakerjaan? BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu program perlindungan sosial bagi pekerja yang bertujuan untuk memberikan jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan pensiun. BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab negara terhadap kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

Namun, banyak pekerja yang belum mengetahui bagaimana cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan mereka. Padahal, mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan sangat penting untuk mengetahui berapa besar hak yang akan diterima ketika pensiun, mengalami kecelakaan kerja, atau meninggal dunia. Selain itu, mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan juga dapat membantu Anda untuk mengawasi apakah iuran Anda sudah dibayarkan oleh perusahaan atau tidak.

Lalu, bagaimana cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan? Apakah Anda harus datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat? Tentu saja tidak. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda tanpa harus keluar rumah. Anda bisa menggunakan aplikasi, website, SMS, telepon, email, atau media sosial. Berikut adalah 7 cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda coba.

Saya sendiri sudah pernah mencoba beberapa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini. Saya merasa bahwa cara-cara ini sangat mudah dan praktis. Saya tidak perlu menghabiskan waktu dan biaya untuk pergi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Saya hanya perlu menggunakan smartphone atau laptop saya dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan. Saya juga bisa mendapatkan informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan saya dengan cepat dan akurat.

Berikut adalah 5 cara beserta link yang bisa Anda gunakan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda:

  • [Aplikasi Mobile BPJSTKU]: Aplikasi ini bisa Anda unduh di Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda kapan saja dan di mana saja. Anda hanya perlu mendaftar dengan menggunakan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda dan membuat kata sandi. Setelah itu, Anda bisa masuk ke aplikasi dan memilih menu “Saldo”. Aplikasi ini juga menyediakan fitur lain seperti simulasi manfaat, riwayat pembayaran iuran, pengaduan, dan lain-lain.
  • [Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan]: Website ini bisa Anda akses di www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Website ini menyajikan informasi lengkap tentang program dan layanan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu dengan menggunakan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda dan alamat email. Setelah itu, Anda bisa masuk ke website dan memilih menu “Layanan Peserta”. Di sana, Anda bisa melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda dan juga riwayat pembayaran iuran.
  • [SMS Gateway]: Cara ini bisa Anda gunakan jika Anda tidak memiliki akses internet atau smartphone. Anda hanya perlu mengirimkan SMS ke nomor 2757 dengan format: SALDO(spasi)NIK(spasi)PIN. NIK adalah nomor induk kependudukan yang tertera di kartu identitas Anda, sedangkan PIN adalah kode rahasia yang bisa Anda dapatkan dengan mengirimkan SMS ke nomor 2757 dengan format: DAFTAR(spasi)NIK(spasi)TANGGAL LAHIR. Contoh: DAFTAR 1234567890123456 01011990. Setelah Anda mengirimkan SMS, Anda akan mendapatkan balasan berupa saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.
  • [Call Center]: Cara ini bisa Anda gunakan jika Anda ingin berbicara langsung dengan petugas BPJS Ketenagakerjaan. Anda hanya perlu menelpon ke nomor 1500910 dan mengikuti petunjuk yang diberikan. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda dan PIN Anda. Setelah itu, Anda bisa memilih menu “Informasi Saldo”. Anda akan mendengar saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda melalui suara petugas.
  • [Email]: Cara ini bisa Anda gunakan jika Anda ingin mendapatkan informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda dalam bentuk tertulis. Anda hanya perlu mengirimkan email ke alamat info@bpjsketenagakerjaan.go.id dengan subjek “Saldo BPJS Ketenagakerjaan”. Di dalam email, Anda perlu mencantumkan nama lengkap, nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Setelah itu, Anda akan mendapatkan balasan email berupa saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.
Baca Juga  Cara Sadap WA Jarak Jauh Tanpa Scan Barcode, Tanpa Diketahui

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai berikut:

  • Cara pertama adalah melalui situs web BPJS Ketenagakerjaan. Anda bisa mengunjungi situs web resmi BPJS Ketenagakerjaan di www.bpjsketenagakerjaan.go.idhttps://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan klik menu “Cek Saldo JHT”. Anda harus login dengan email dan kata sandi Anda. Jika belum memiliki akun, Anda harus membuat akun terlebih dahulu dengan klik “Buat Akun” dan mengisi data-data yang diminta. Setelah login, Anda bisa melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda di menu “Lihat Saldo JHT”.
  • Cara kedua adalah melalui aplikasi BPJSTKU. BPJSTKU adalah sebuah aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini menyediakan layanan informasi kepesertaan, cek saldo, dan klaim JHT dan JKP (Jaminan Kematian) BPJS Ketenagakerjaan. Anda harus login dengan nomor ponsel atau email Anda. Jika belum memiliki akun, Anda harus membuat akun terlebih dahulu dengan klik “Buat Akun Baru” dan mengisi data-data yang diminta. Setelah login, Anda bisa melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda di menu “Informasi Saldo”.
  • Cara ketiga adalah melalui SMS. Anda bisa mengirim SMS ke nomor 2757 dengan format: SALDO(spasi)NIK(spasi)TANGGAL LAHIR (DDMMYYYY). Contoh: SALDO 1234567890123456 01011990. Anda akan menerima balasan SMS yang berisi saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda. Biaya SMS sesuai dengan tarif operator yang Anda gunakan.
  • Cara keempat adalah melalui telepon. Anda bisa menghubungi layanan masyarakat BPJS Ketenagakerjaan di nomor 175. Anda akan disambungkan dengan operator yang akan membantu Anda untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda. Anda harus menyebutkan nomor kepesertaan, nama lengkap, dan tanggal lahir Anda. Biaya telepon sesuai dengan tarif operator yang Anda gunakan.
  • Cara kelima adalah melalui email. Anda bisa mengirim email ke alamat layanan@bpjsketenagakerjaan.go.id dengan subjek: CEK SALDO JHT. Anda harus menyertakan nomor kepesertaan, nama lengkap, dan tanggal lahir Anda di dalam email. Anda akan menerima balasan email yang berisi saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.
  • Cara keenam adalah melalui kantor cabang atau kantor perwakilan BPJS Ketenagakerjaan. Anda bisa datang langsung ke kantor cabang atau kantor perwakilan BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa kartu kepesertaan atau kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor). Anda bisa menanyakan saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda kepada petugas yang bertugas.
  • Cara ketujuh adalah melalui ATM bersama atau ATM Prima. Anda bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda melalui ATM bersama atau ATM Prima dengan menggunakan kartu ATM bank yang terdaftar sebagai mitra BPJS Ketenagakerjaan, seperti BNI, BRI, Mandiri, BCA, dan lain-lain. Anda harus memilih menu “Transaksi Lainnya”, lalu pilih menu “BPJS Ketenagakerjaan”, lalu pilih menu “Cek Saldo”. Anda harus memasukkan nomor kepesertaan dan tanggal lahir Anda. Anda akan melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda di layar ATM.
Baca Juga  cara-melacak hp yang hilang dalam keadaan mati dan nyala

Langkah-langkah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Situs Web

  1. Buka situs web www.bpjsketenagakerjaan.go.idhttps://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ di browser Anda.
  2. Klik menu “Cek Saldo JHT” atau bisa langsung masuk ke halaman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  3. Login dengan email dan kata sandi Anda. Jika belum memiliki akun, klik “Buat Akun” dan ikuti instruksi selanjutnya.
  4. Setelah login, klik menu “Lihat Saldo JHT”.
  5. Lihat saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda di layar.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

  1. Unduh aplikasi BPJSTKU di Google Play Store atau App Store.
  2. Buka aplikasi BPJSTKU di HP Anda.
  3. Login dengan nomor ponsel atau email Anda. Jika belum memiliki akun, klik “Buat Akun Baru” dan ikuti instruksi selanjutnya.
  4. Setelah login, klik menu “Informasi Saldo”.
  5. Lihat saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda di layar.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS

  1. Buka aplikasi SMS di HP Anda.
  2. Ketik format: SALDO(spasi)NIK(spasi)TANGGAL LAHIR (DDMMYYYY). Contoh: SALDO 1234567890123456 01011990.
  3. Kirim SMS ke nomor 2757.
  4. Tunggu balasan SMS yang berisi saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.

 

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait